[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 15 Jam 8 Menit 22 Detik 

5 Metode Statistik Paling Penting untuk Data Analis!

Belajar Data Science di Rumah 26-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2920edbb4b0ca533b97f500b71063f11_x_Thumbnail800.png

Statistika adalah cabang ilmu yang membuat berbagai alat dan teknik analisis untuk menangani sejumlah besar data, secara sederhana, itu adalah ilmu merakit, mengklasifikasikan, menganalisis dan menafsirkan & mewujudkan bentuk numerik data untuk membuat kesimpulan tentang populasi, dari data sampel yang diambil yang dapat digunakan oleh pakar bisnis untuk memecahkan masalah mereka. Oleh karena itu, dalam upaya untuk mengatur data dan mengantisipasi tren masa depan, tergantung pada informasi, banyak organisasi sangat bergantung pada analisis statistik. Lebih tepatnya, analisis data statistik menyangkut pengumpulan, interpretasi, dan penyajian data. Hal ini dapat didekati saat menangani data untuk memecahkan masalah yang kompleks. Lebih tepatnya, analisis statistik memberikan signifikansi pada data atau angka yang tidak signifikan/tidak relevan. 


Di Era Informasi, data tidak lagi langka sehingga banyak yang menilai data sangat kuat. Kuncinya adalah menyaring volume data yang luar biasa yang tersedia untuk organisasi dan bisnis dan menafsirkan implikasinya dengan benar. Tetapi untuk memilih semua informasi ini, sahabat data memerlukan alat analisis data statistik yang tepat. Dengan obsesi saat ini atas "data besar", analis telah menghasilkan banyak alat dan teknik mewah yang tersedia untuk organisasi besar. Namun, ada beberapa alat analisis data dasar yang tidak digunakan sebagian besar organisasi yang merugikan mereka. Kami menyarankan untuk memulai upaya analisis yang dilakukan sahabat data dengan lima dasar statistik berikut. Yuk perhatikan teknik analisis dasar untuk data analisis!


1. Teknik Statistik dengan Mean

Mean? atau lebih dikenal sebagai "rata-rata," adalah jumlah dari daftar angka dibagi dengan jumlah item dalam daftar. Rata-rata berguna dalam menentukan trend keseluruhan kumpulan data atau memberikan gambaran cepat tentang data sahabat data. Keuntungan lain dari mean adalah sangat mudah dan cepat untuk dihitung.

Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Standar Deviasi

Standar deviasi, sering diwakili dengan huruf Yunani sigma, adalah ukuran penyebaran data di sekitar mean. Standar deviasi yang tinggi menandakan bahwa data menyebar lebih luas dari mean, di mana standar deviasi yang rendah menandakan bahwa lebih banyak data yang sejajar dengan mean. Dalam portofolio metode analisis data, standar deviasi berguna untuk menentukan dispersi titik data dengan cepat.


3. Regresi

Regresi memodelkan hubungan antara variabel dependen dan variabel penjelas, yang biasanya diterapkan pada scatterplot. Garis regresi juga menunjukkan apakah hubungan tersebut kuat atau lemah. Regresi biasanya diajarkan di kursus statistik sekolah menengah atau perguruan tinggi dengan aplikasi untuk sains atau bisnis dalam menentukan tren dari waktu ke waktu.


4. Penentuan Ukuran Sampel

Saat mengukur kumpulan data atau populasi yang besar, seperti tenaga kerja, sahabat data tidak selalu perlu mengumpulkan informasi dari setiap anggota populasi tersebut namun sampel juga berfungsi dengan baik. Caranya adalah dengan menentukan ukuran yang tepat agar sampel menjadi akurat. Dengan menggunakan metode proporsi dan standar deviasi, sahabat data dapat secara akurat menentukan ukuran sampel yang tepat yang sahabat data butuhkan untuk membuat pengumpulan data sahabat data signifikan secara statistik.


5. Pengujian Hipotesis

Juga biasa disebut pengujian t, pengujian hipotesis menilai apakah premis tertentu benar-benar benar untuk kumpulan data atau populasi sahabat data. Dalam analisis data dan statistik, sahabat data menganggap hasil uji hipotesis signifikan secara statistik jika hasilnya tidak mungkin terjadi secara kebetulan. Tes hipotesis digunakan dalam segala hal mulai dari sains dan penelitian hingga bisnis dan ekonomi

Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


6. Belajar Statistik Asik bareng DQLab Academy!

Salah satu cabang ilmu yang mendukung adanya data analyst adalah keilmuan statistik. Banyak sekali teori teori statistik yang digunakan oleh data analyst dalam mengolah data. Mau tau apa saja? Yuk pahami dan terjun langsung dengan data real industri bersama DQLab Academy! Belajar Statistik dan Data Science anti ribet dengan fitur live code editor!

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!