SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 14 Jam 28 Menit 4 Detik

5 Penting Ikuti Pelatihan Excel, Ini Dia Jawabannya!

Belajar Data Science di Rumah 23-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-08-2024-05-23-222158_x_Thumbnail800.jpg

Apakah Excel hanya digunakan dalam bisnis? Jawabannya adalah tidak. Excel bisa digunakan pula dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa kita sadari, sering kali kita melakukan berbagai perhitungan dan pencatatan yang ternyata dapat dibantu oleh Excel. Misalnya, kita bisa mencatat pengeluaran harian kita di Excel sehingga kita bisa mengetahui pos-pos mana saja yang menjadi sumber pengeluaran terbesar. Selain itu, kita juga bisa mencatat to-do list yang akan kita kerjakan pada hari ini atau minggu ini sehingga tidak ada kegiatan yang terlewat.


Microsoft Excel pertama kali diluncurkan di tahun 1985 dalam versi mac OS. Namun karena Excel terus melakukan update, sehingga penggunanya enggan untuk melirik produk lain. Excel ini disebut sebut sebagai salah satu produk unggulan dari Microsoft. Sebenarnya bukanlah hal yang mengherankan, mengingat Excel adalah skill minimal yang harus dikuasai oleh banyak profesi, terlebih yang bergelut dengan data.


Dalam artikel ini akan dibahas hal-hal yang bisa didapatkan dengan mengikuti pelatihan Excel. Yuk, simak pembahasannya

 

1. Sederhana Namun Powerful

Excel adalah salah satu tools pengolahan data yang paling sederhana. Pada dasarnya, untuk bisa mengoperasikan Excel, kita tidak harus jago dalam hal pengkodingan, karena untuk memproses data kita cukup klik diperintah yang ingin dijalankan saja.

Excel


Kalau begitu, hasilnya gak maksimal seperti menggunakan coding, dong? Eits, kata siapa. Meskipun effort yang digunakan untuk memproses data dengan Excel tidaklah serumit saat menggunakan coding, namun kita tetap bisa menemukan informasi yang menarik dari data. Jadi, Excel sebenarnya tidak kalah powerful juga, loh!

 

Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja 

 

2. Menambah Pengetahuan

Microsoft Excel merupakan suatu software yang perlu dikuasai oleh para praktisi data. Namun masih banyak orang yang kurang memahami apa saja fungsi Microsoft Excel atau hanya memahami fungsi dasar secara umum saja. Padahal, sangat banyak fitur dalam Excel yang dapat digunakan.

Excel

Salah satu cara untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai dunia Excel adalah dengan mengikuti pelatihan Excel. Dalam pelaksanaan pelatihan Excel tentunya akan menambah wawasan dan pengetahuan terkait fitur Excel yang lebih luas.

 

3. Value Lebih Baik dari Employee Lain

Sebagai seorang jobseeker, kita akan menampilkan kemampuan terbaik kita. Ketika kita sudah mengikuti pelatihan Excel, artinya kita memiliki kelebihan yang belum tentu dimiliki oleh kandidat yang lain. Banyak perusahaan yang mencari kandidat dengan skill yang kuat. Ketika kita menampilkan experience mengikuti pelatihan Excel pada CV, recruiter akan tertarik dan kita lolos screening CV.


Selain itu, dengan mengikuti pelatihan Excel, kemampuan kita untuk menggunakan Excel akan semakin meningkat sehingga ketika uji kompetensi, kita akan semakin mudah untuk mengerjakannya.

 

4. Beragam Formula Mempermudah Pengolahan Data

Excel

Meskipun Excel bersifat less coding, namun Excel tetap menyediakan berbagai formula (atau yang biasa disebut dengan rumus Excel) untuk mempermudah proses pengolahan data. Mulai dari fungsi agregasi, logika, statistika, ekonomi, teks, dan lainnya memiliki formula tersendiri di Excel. Namun tentu saja kita tidak diharuskan untuk menguasai semua rumus yang ada. Setidaknya kita bisa menguasai rumus yang sering digunakan.


Selain itu, jika kita kesulitan dalam menggunakan formula yang ada, kita bisa melihat di bagian help yang disediakan Excel atau langsung bertanya di Google.

 

5. Excel Membuat Pekerjaan Apapun Menjadi Lebih Baik

Saat ini Excel sudah digunakan di berbagai sektor industri. Dengan menguasai skill ini kita bisa ‘diterima’ di mana saja. Excel sangat berguna untuk mengatur data di berbagai sektor dan mengolahnya menjadi data yang mudah dibaca atau setidaknya mudah ditindaklanjuti. Fitur-fitur Excel yang powerful menjadi salah satu alasan mengapa software ini masih menjadi primadona di berbagai sektor. Fitur pada Excel akan mempermudah semua pekerjaan kita.

 

Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel

 

Yuk, nikmati modul Excel lainnya dan bergaabung dengan DQLab adalah solusi buat kamu yang ingin self learning tapi takut overdosis informasi. Kamu bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun kamu ngga punya basic IT, lho. Disini kamu akan belajar skill data science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti excel secara online tanpa perlu keluar rumah. 


Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! Sahabat DQ juga bisa mengikuti Bootcamp Data Analyst with Excel.

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login