Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

5 Tips Portfolio Data Engineer yang Tonjolkan Value

Belajar Data Science di Rumah 11-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-04-2024-04-06-215315_x_Thumbnail800.jpg

Hai, Sobat Data Science! Sudah tahu belum, betapa pentingnya memiliki portfolio yang mengesankan dalam karirmu sebagai seorang Data Engineer? Nah, buat kamu yang sedang berjuang merintis jalan di dunia Data Engineer, memiliki portfolio yang keren bisa menjadi kunci kesuksesanmu. Portfolio adalah cara terbaik untuk menunjukkan kemampuanmu, menggambarkan proyek-proyek yang sudah pernah kamu kerjakan, serta membedakan dirimu dari pelamar lainnya.


Di artikel ini, kita akan membahas beberapa tips sederhana namun efektif untuk membantu kamu membuat portfolio Data Engineer yang memikat hati dan memukau perekrut. Siap-siap, yuk kita mulai petualangan mengasah skill Data Engineering!


Pertama-tama, penting untuk menyadari bahwa portfolio adalah cerminan dari kemampuan dan kepribadianmu sebagai seorang Data Engineer. Portfolio yang bagus akan membantu kamu menonjolkan keahlianmu, memberikan gambaran yang jelas tentang keterampilan teknis yang kamu miliki, dan menarik perhatian perekrut. Portfolio juga memberikan kesempatan bagimu untuk bercerita tentang perjalananmu dalam dunia Data Engineering, proyek-proyek menarik yang sudah pernah kamu kerjakan, serta visi dan tujuan karirmu ke depan.


Jadi, mari kita telusuri lebih dalam tentang bagaimana kamu bisa membuat portfolio yang tidak hanya memikat, tetapi juga mampu menunjukkan nilai-nilai unik yang kamu miliki sebagai seorang Data Engineer yang tangguh!


1. Tunjukin Proyek-proyek Kerenmu

Data Engineer


Pertama-tama, buatlah daftar proyek-proyek yang udah pernah kamu kerjain. Pastiin buat pilih yang bener-bener bikin kamu bangga. Gak perlu banyak, cukup pilih beberapa proyek yang menampilkan kemampuan teknis kamu dengan baik. Misalnya, proyek yang melibatkan pengolahan big data, optimisasi database, atau pembangunan sistem analitik. Pokoknya, yang bisa nunjukin kepiawaianmu dalam mengelola data secara efektif.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Ceritain Langkah-langkah Proyekmu

Data Engineer

Nah, pas di portfolio kamu, jangan lupa ceritain juga langkah-langkah yang kamu lakuin dalam setiap proyek. Ceritain dari awal sampe akhir, mulai dari proses pengumpulan data, analisis, sampai pengolahan akhir. Tunjukin juga teknologi dan tools yang kamu pakai serta alasan mengapa kamu memilih metode tertentu. Ini akan nunjukin keprofesionalanmu dan kemampuanmu dalam menyelesaikan tugas dengan sistematis.


3. Tampilkan Visualisasi Data yang Eye-catching

Data Engineer

Gak bisa dipungkiri, manusia cenderung lebih suka liat gambar daripada baca tulisan panjang lebar, kan? Nah, makanya penting banget buat tampilin visualisasi data yang eye-catching di portfolio kamu. Pake grafik, diagram, atau infografis yang bisa bikin data jadi lebih mudah dimengerti dan menarik perhatian. Pastikan visualisasimu rapi, informatif, dan gak berlebihan. Ini bisa jadi nilai plus buat bikin portfolio kamu makin menonjol!


4. Kasih Keterangan yang Jelas dan Padat

Setiap proyek yang kamu masukin ke portfolio harus dilengkapi dengan keterangan yang jelas dan padat. Jelaskan dengan singkat apa tujuan dari proyek tersebut, metode yang kamu pakai, serta hasil atau insight yang kamu dapatkan. Jangan lupa juga untuk kasih penjelasan mengenai peran dan kontribusimu dalam proyek tersebut. Semakin jelas dan informatif keteranganmu, semakin terkesan portfolio kamu.


5. Perbarui dan Kembangkan Secara Berkala

Terakhir, jangan lupa untuk perbarui dan kembangkan portfolio kamu secara berkala. Buatlah kebiasaan untuk menambahkan proyek-proyek terbaru yang kamu kerjakan serta menyesuaikan keterangan dan visualisasinya. Dengan begitu, portfolio kamu akan terus terlihat segar dan relevan. Selain itu, kamu juga bisa menunjukkan bahwa kamu terus mengembangkan diri dan mengikuti perkembangan teknologi terbaru.


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Gimana sahabat DQ? Kamu bisa belajar lebih lanjut terkait data engineer dan rangkaian skillset untuk menjadi praktisi data. DQLab merupakan salah satu situs belajar online yang tepat kamu pilih terutama jika kamu adalah seorang pemula atau profesional yang ingin beralih profesi sebagai praktisi data. Karena pembelajaran DQLab berfokus dengan pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti python dan R.


Selain itu juga merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasikan fitur ChatGPT. DQLab juga menerapkan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome Based yang dirancang ramah untuk pemula. Sehingga membuat kamu terlatih berdasarkan trial and error. 


Yuk, langsung saja sign up sekarang mudah banget kok caranya cukup ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!


Penulis: Salsabila Miftah Rezkia

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login