Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

AI vs Machine Learning: Bisakah Berdiri Sendiri?

Belajar Data Science di Rumah 02-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/48594abdcbc484f0021934331eb7f65a_x_Thumbnail800.jpeg

Machine Learning dan Artificial Intelligence adalah teknologi yang baru-baru ini hadir untuk mempermudah pekerjaan manusia. Terlebih setelah maraknya penggunaan teknologi digital, adanya Machine Learning dan Artificial Intelligence dapat mempermudah proses analisis data. Meskipun kedua teknologi ini saling berkaitan, namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. 


Dalam praktiknya, Artificial Intelligence dan Machine Learning sering digunakan bersama-sama untuk menciptakan sistem cerdas yang lebih baik. Misalnya, sebuah aplikasi pendeteksi wajah dapat menggunakan teknologi computer vision dalam Artificial Intelligence untuk mengenali wajah, sementara Machine Learning digunakan untuk meningkatkan performa deteksi wajah dari waktu ke waktu dengan mempelajari pola dari data yang lebih banyak. Namun bisakah kedua teknologi tersebut berdiri sendiri tanpa digunakan bersamaan? Yuk, simak pembahasannya!


1. Artificial Intelligence

Machine Learning

Artificial Intelligence merupakan sebuah bidang dalam ilmu komputer yang bertujuan untuk membuat sistem yang bisa meniru kecerdasan manusia, seperti pengambilan keputusan, pengenalan wajah, pemrosesan bahasa alami, dan perencanaan. AI mencakup berbagai teknologi seperti machine learning, computer vision, natural language processing, dan robotics. Dalam hal ini, Artificial Intelligence lebih umum dan mencakup semua teknologi dan aplikasi yang mengandalkan kecerdasan buatan, termasuk Machine Learning.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Machine Learning

Machine Learning

Machine Learning adalah sebuah sub-bidang dari Artificial Intelligence yang fokusnya pada pembuatan sistem yang dapat terus belajar secara otomatis dan meningkatkan performanya dari data history, tanpa harus diprogram secara eksplisit. Machine Learning menggunakan algoritma dan teknik matematis untuk memproses data, mengenal pola, serta membuat prediksi. Machine Learning lebih spesifik dan mengacu pada teknik dan algoritma yang digunakan dalam membuat sistem cerdas.


3. Apakah Artificial Bisa Berdiri Sendiri?

Machine Learning

Meskipun Artificial Intelligence dan Machine Learning saling berkaitan, namun ternyata Artificial Intelligence tetap bisa digunakan tanpa Machine Learning. Ada banyak teknik Artificial Intelligence yang tidak memerlukan Machine Learning untuk bekerja. Misalnya saja seperti sistem pakar, di mana sistem dikodekan dengan aturan dan pengetahuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manusia ahli dalam bidang tertentu. Sistem pakar kemudian dapat digunakan untuk memberikan saran atau rekomendasi berdasarkan pengetahuan yang telah diatur sebelumnya.


Selain itu, ada juga teknik AI seperti jaringan semantik, logika fuzzy, dan sistem temu kembali informasi yang tidak bergantung pada ML. Namun, teknik-teknik ini cenderung lebih terbatas dalam kemampuan mereka untuk memproses data dan menghasilkan output yang akurat dan relevan.


4. Bisakah Machine Learning Digunakan Tanpa Artificial Intelligence?

Machine Learning

Machine Learning merupakan bagian dari Artificial Intelligence, sehingga Machine Learning sangat sulit jika harus berdiri sendiri tanpa bantuan Artificial Intelligence. Tanpa teknologi Artificial Intelligence yang mendukungnya, Machine Learning mungkin hanya dapat digunakan dalam kasus pengolahan data yang sederhana dan terbatas, seperti melakukan regresi linier pada dataset numerik atau klasifikasi sederhana pada data kategorik. Dalam hal ini, ML hanya akan dapat memproses data yang telah diatur dengan cara yang sangat kaku dan spesifik, tanpa kemampuan untuk belajar dan beradaptasi seiring waktu.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Pemanfaatan Machine Learning dalam kehidupan sehari-hari bukanlah hal yang bisa kita pungkiri. Adanya Machine Learning tidak hanya memberikan manfaat bagi para pemilik bisnis, namun juga bisa meringankan pekerjaan kita sebagai masyarakat biasa. Agar tidak tertinggal dan bisa mengikuti perkembangan zaman, kita juga harus terus mengupgrade diri. Salah satunya adalah dengan mempelajari Machine Learning di DQLab.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login