MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 8 Menit 3 Detik 

Alasan Data Scientist Merupakan Profesi Cemerlang di 2022

Belajar Data Science di Rumah 24-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/beac8d798258ee66ab21e1755d17b359_x_Thumbnail800.jpg

Data Scientist adalah profesi yang sangat populer saat ini bahkan dikatakan masih banyak dibutuhkan hingga lima tahun kedepan. Data merupakan komponen penting dalam berbagai penelitian. Data akan diolah menggunakan metode tertentu untuk menghasilkan informasi yang dapat menjadi pedoman pengambilan keputusan. Praktisi data seperti Data Scientist menerapkan ilmu data science dalam mengolah data. Dengan menggunakan metode statistik dan melibatkan pemrograman akan memudahkan proses pengolahan data.


Untuk menjadi seorang Data Scientist, kamu harus rajin berlatih mengolah berbagai jenis data menggunakan metode yang sesuai. Adapun skill yang harus kamu kuasai yaitu kemampuan matematika dan statistika yang baik, kemampuan analisis, pemahaman penggunaan bahasa pemrograman untuk data science seperti SQL, R, dan Python, serta mampu menyajikan data secara interaktif. Mungkin muncul pertanyaan di benak teman-teman. Kenapa sih Data Scientist termasuk dalam daftar profesi yang menjanjikan? Penasaran apa alasannya? Simak di bawah ini, yuk!


1. Praktisi Data Dibutuhkan Berbagai Sektor Industri

Data Scientist merupakan profesi yang bertanggung jawab mengolah data dengan menerapkan data science. Penerapan data science dapat dilakukan di berbagai sektor industri seperti perusahaan yang bergerak di bidang retail, kesehatan, perbankan, kecantikan, dan lainnya. Contoh di bidang kesehatan yaitu untuk melakukan prediksi terhadap penyakit pada pasien atau penyebaran penyakit tertentu di suatu daerah. Kemudian di bidang kecantikan, perusahaan bisa menerapkan teknologi machine learning untuk memberikan pengalaman menarik bagi konsumen dengan fitur skin analysis seperti yang dilakukan perusahaan ternama Loreal Paris. Untuk di sektor perbankan, data science bisa diterapkan untuk fraud detection, risk management, customer segmentation, dan lain sebagainya. 


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Mempermudah Pengolahan Informasi

Tujuan dilakukannya pengolahan data adalah untuk memperoleh informasi yang ada di balik data. Perusahaan-perusahaan menyadari bahwa informasi tersebut penting untuk perkembangan bisnisnya. Informasi ini bisa diperoleh dari data penjualan, data karyawan, data konsumen, dan lain sebagainya. Tergantung permasalahan yang ingin diselesaikan pada saatt itu. Data tersebut diolah menggunakan metode yang sesuai sehingga informasi yang didapatkan akan optimal. Seperti yang kita ketahui bahwa dunia bisnis sangatlah ketat, maka perusahaan harus cepat dalam menggali informasi yang membantu perkembangan bisnisnya agar dapat bersaing dengan kompetitornya. Data Scientist di suatu perusahaan akan mengumpulkan data yang diperlukan, diolah menggunakan metode tertentu serta tools yang mendukung, kemudian menyajikannya dalam bentuk yang menarik dan mudah dipahami. Hasil analisis selanjutnya disampaikan pada pihak terkait misalnya tim bisnis sebagai acuan dalam menentukan strategi bisnis lanjutan. Hasil analisis bisa disimpan dan digunakan kembali sebagai tambahan data pada pengolahan data selanjutnya di masa mendatang. 


3. Bisa Dipelajari Oleh Siapa Saja

Profesi Data Scientist tidak hanya untuk yang berlatar belakang IT saja loh. Kamu yang tidak memiliki latar IT juga bisa banget berkarir jadi Data Scientist. Hanya saja untuk yang non IT akan perlu lebih banyak waktu untuk mempelajari skillnya apalagi yang sebelumnya tidak pernah belajar programming. Ada banyak library yang harus kamu pahami, bagaimana penyusunan algoritma yang baik, bagaimana menyajikan hasil analisis dengan pemrograman, dan lainnya. Untuk dapat menguasainya kamu harus rajin berlatih mengolah berbagai jenis data dengan berbagai metode, belajar algoritma machine learning, dan membangun infrastruktur data. Bisa belajar secara otodidak dari artikel, buku atau video tutorial dan bisa juga dengan mengikuti kursus data science. Sekarang banyak, loh webinar dan workshop yang berkaitan dengan data science dan profesi Data Scientist yang bisa kamu ikuti secara gratis maupun berbayar. Bisa juga dengan mengikuti pelatihan gratis seperti Digital Talent Scholarship yang diberikan untuk umum. 


4. Karir dan Gaji yang Menjanjikan

Karir Data Scientist bisa dikatakan menjanjikan bahkan hingga lima tahun ke depan. Melihat dari yang sudah kita bahas di poin sebelumnya, profesi Data Scientist masih banyak dibutuhkan di berbagai bidang. Di Indonesia juga kebutuhan akan ahli data masih tinggi baik dari tingkat junior dengan pengalaman kurang dari setahun maupun senior. Jika kamu sering berselancar di LinkedIn kamu dapat dengan mudah menemukan rekrutmen untuk posisi Data Scientist di berbagai perusahaan produk kecantikan, pakaian, makanan, layanan IT, e-commerce, dan masih banyak lainnya. Jadi kesempatan untuk menjadi Data Scientist masih besar hingga saat ini. Gaji yang ditawarkan juga kompetitif tergantung kebijakan perusahaan dan level kemampuan kamu. Namun rata-rata pendapatan Data Scientist berkisar antara 8-20 juta. 


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Gapai Karir Data Scientist Bersama DQLab

Kamu ingin menjadi Data Scientist profesional? Persiapkan dirimu dari sekarang bareng DQLab, yuk! Di DQLab kamu akan mendapatkan pembelajaran secara terstruktur, mudah dipahami dan dipelajari, serta studi kasus yang mirip dengan kasus nyata di dunia data. Setiap menyelesaikan modul mendapatkan sertifikat completion yang bisa kamu tambahkan di profil media sosial profesionalmu. Selain itu ada juga project dan challenge untuk mengasah skill yang sudah dipelajari sebelumnya dari modul-modul. Jangan lewatkan job opportunity di menu job connector untuk mulai karir di bidang data. Cara bergabungnya mudah kok, cukup daftar di DQLab.id dan nikmati akses gratis modul Python dan R. Selanjutnya kamu bisa upgrade akun ke premium untuk dapat semua akses di DQLab.


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!