PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 59 Menit 48 Detik 

Alasan Data Scientist Perlu Menguasai Machine Learning, Simak Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 27-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/42cf24296b6d2d695a4d34f8bce847ac_x_Thumbnail800.jpg

Meningkatnya kebutuhan akan Data Scientist membuat calon talent harus terus mengupgrade skill yang dimiliki nya. Selain soft skill seperti intuisi data, skeptisisme, kreativitas, dan lainnya, yang tidak kalah penting untuk di upgrade adalah hard skill. Hard skill ini lebih ke arah teknis, seperti kemampuan menggunakan bahasa pemrograman, pemahaman akan logika dan dasar statistika/matematika, serta menguasai algoritma-algoritma terbaru.

Machine Learning juga termasuk hard skill yang harus dikuasai oleh Data Scientist. Secara umum Machine Learning ini adalah mesin yang dapat melakukan proses pembelajaran secara mandiri hingga mampu mengambil keputusan sendiri. Sama halnya dengan manusia, semakin banyak hal yang dipelajari oleh Machine Learning maka keputusan yang dihasilkan akan semakin tepat. Lalu sebenarnya apa sih alasannya sehingga seorang Data Scientist harus menguasai Machine Learning? Yuk, cari tahu bareng!

1.Banyaknya Perusahaan yang Menggunakan Big Data

Tidak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi digital membuat banyak perusahaan mulai bekerja dengan big data atau data yang berskala besar. Mereka mulai memanfaat big data untuk meningkat produk dan layanan yang bisa diberikan, mengevaluasi model bisnis perusahaan, dan meningkatkan proses pengambilan keputusan. Agar big data yang ada bisa digunakan secara efektif dan efisien, maka Data Scientist harus mulai memahami dengan Machine Learning dan algoritma-algoritmanya.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

2. Membantu Merekomendasikan Penyelesaian

Machine Learning terdiri dari beberapa algoritma, yaitu Supervised Learning, Unsupervised Learning, dan Reinforcement Learning. Jika kalian pernah berbelanja online di e-commerce, kemudian setelah berhasil membeli barang tertentu, kalian akan ditawarkan produk lain yang berhubungan dengan produk tersebut. Sebenarnya kenapa bisa gitu ya? Ternyata mereka menggunakan beberapa algoritma machine learning, sehingga dapat merekomendasikan produk sesuai dengan segmentasi pelanggannya.

3. Machine Learning Mampu Menjawab Tantangan di Masa Depan

Tantangan yang terjadi di masa depan tentu akan lebih berat jika dibandingkan dengan saat ini. Machine Learning menjadi salah satu teknologi yang dapat menjawab tantangan yang akan datang. Hal ini didukung oleh The Wall Street Journal yang mengatakan bahwa Machine Learning dan Artificial Intelligence memiliki potensi untuk meningkatkan 16% atau sekitar 13 triliun dolar AS di perekonomian Amerika Serikat pada tahun 2030 nanti. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa seorang Data Scientist harus menguasai Machine Learning.

4. Fleksibel untuk Masuk ke Berbagai Disiplin Ilmu

Machine Learning merupakan ilmu yang sangat fleksibel untuk dimasukkan ke dalam berbagai disiplin ilmu lainnya, seperti public health, disaster management, penentuan segmentasi pelanggan untuk retail, dan masih banyak lagi. Perkembangan teknologi membuat Data Scientist mulai dibutuhkan di berbagai sektor industri, sehingga Machine Learning ini akan sangat membantu Data Scientist untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di berbagai bidang tersebut.

Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar

5. Ingin Mengetahui Tentang Machine Learning dan Data Scientist Lebih Jauh? Belajar Bareng DQLab Aja!

Jika kamu masih penasaran dengan Machine Learning dan Data Scientist, kamu bisa mempertimbangkan untuk belajar di DQLab. Ada banyak modul yang disediakan oleh DQLab, termasuk modul yang membahas tentang Macine Learning. Modul-modul yang ada dikemas dalam bahasa R, Python, dan SQL. Untuk kamu yang masih ragu, tenang aja karena DQLab memperbolehkan kamu untuk mencoba free modulnya, yaitu Introduction to Data Science with R dan Introduction to Data Science with Python. Tunggu apa lagi? Yuk, buruan daftar dan buat akun DQLab mu!

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!