PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 44 Menit 15 Detik 

Alasan Mengapa Azure Machine Learning Jadi Solusi Tepat Untuk Machine Learning

Belajar Data Science di Rumah 14-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ccb0237ef2f4cf43ebafcea747810e11_x_Thumbnail800.jpg


Microsoft Azure Machine Learning merupakan layanan yang tersedia di dalam Microsoft Azure Cloud Computing untuk memprediksi hasil dari sekumpulan data atau meng cluster data yang ada dan menganalisis keseluruhan datanya untuk memberikan kesimpulan menggunakan beragam algoritma. Contohnya pada sebuah supermarket yang memiliki beberapa cabang di beberapa kota dan negara, menyimpan data konsumen yang sangat banyak. Kegiatan transaksi meliputi pembelian barang dan jumlah barang serta total harga tersimpan dalam data mereka. Data ini akan berguna setelah dilakukan analisa untuk keperluan tertentu, misalnya melakukan prediksi.


Layanan ini tidak hanya menyediakan alat untuk memodelkan analisis prediksi, namun juga menyediakan layanan yang memungkinkan pengguna untuk mengelola model prediksi yang sudah dibangun. Layanan seperti ini cocok digunakan bagi siapa saja yang bergelut di bidang Data Science namun tidak memiliki komputer dengan kinerja yang bagus.  Lalu apa saja keunggulan lainnya dari Microsoft Azure Machine Learning ini? Yuk kita simak pembahasan berikut!


1. Meningkatkan Skalabilitas

Meningkatkan skalabilitas dengan kebutuhan bisnis yang terus berkembang, perusahaan memerlukan teknologi yang mampu bergerak fleksibel mengikuti perubahan yang ada untuk beberapa tahun kedepan. Alih-alih membeli server dan segala peralatannya untuk mengantisipasi perkembangan kedepannya, kamu bisa memanfaatkan Microsoft Azure yang memiliki keunggulan "Pay As You Use" atau "Pay As You Go" untuk menghindari modal awal yang besar, yang mana kamu hanya membayar sejumlah pemakaian saja. Hal ini juga berarti kamu memiliki kemampuan untuk menskala perubahan dengan fleksibel dan lebih matang.


Baca juga : 3 Jenis Algoritma Machine Learning yang Dapat Digunakan di Dunia Perbankan


2. Berinovasi dengan Internet of Things (IoT)

Dikutip dari Tech Target, manfaat dari menggunakan Microsoft Azure adalah bahwa perusahaan dapat berinovasi dengan solusi industri IoT. Para analis dapat menyambungkan perangkat mereka ke cloud menggunakan solusi yang telah terintegrasi dengan infrastruktur yang ada. Setelah itu, analis dapat mengumpulkan data baru yang berkaitan dengan perusahaan mereka.

Dalam Azure IoT Hub, analis dapat memantau dan mengelola miliaran perangkat dan mendapatkan wawasan untuk membantu para pemangku kepentingan membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Layanan tersebut juga dapat meningkatkan kualitas pengalaman user, mengurangi kompleksitas sistem, menghemat biaya, dan mempercepat proses development.


3. Mengurangi Biaya

Mengurangi biaya yang signifikan. Interoperabilitas atau kemampuan sistem berkomunikasi dengan sistem lain tanpa upaya tambahan sangat dibutuhkan guna efisiensi dalam pekerjaan. Meminimalisir pengeluaran terhadap infrastruktur hardware (on-premise) secara signifikan, terlebih untuk pengeluaran jangka panjang yang diperlukan seiring berkembangnya perusahaan. Beruntungnya karena Microsoft Azure juga menyediakan layanan Cloud Disaster Recovery & Backup yang powerful untuk mengatasi kebutuhan backup data secara optimal.


4. Keamanan yang Terjamin

Tak perlu khawatir soal proteksi dan privasi atau takut akan kehilangan data dalam jumlah besar. Microsoft Azure memiliki standar cyber security yang baik dengan sertifikasi ISO 27018. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir akan keamanan datamu. Data center yang dimiliki oleh Microsoft sudah melewati berbagai uji coba, dan telah terbukti dalam memberikan keamanan data yang terpercaya.  Microsoft Azure berjalan menggunakan data center Microsoft yang disebut Worldwide Network of Microsoft Managed Datacenters, yang tersebar di 22 wilayah. Ketatnya kontrol keamanan dan SLA (Service Level Agreement) 99.95%, atau setara dengan downtime maksimum 22 menit dalam sebulan, memastikan kemampuan Microsoft Azure dalam memberikan layanan infrastruktur IT berbasis cloud yang optimal untuk berbagai industri.


Baca juga : Belajar Data Science: Pahami Penggunaan Machine Learning pada Python


5. Terapkan Penggunaan Algoritma Machine Learning Bersama DQLab

Itulah beberapa keunggulan beserta penjelasan mengenai Microsoft Azure Machine Learning yang telah DQLab rangkum untukmu. Dapat disimpulkan, bahwa Microsoft Azure adalah solusi terbaik bagi perusahaan untuk berbagai keperluan development dan analisis. Dengan berbagai layanan dan tools yang disediakan, Microsoft Azure dipercaya mampu menjadi masa depan bagi seluruh cloud service publik.

Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup dan nikmati pengalaman belajar bersama DQLab dengan mengakses module GRATIS "Introduction to Data Science". Kamu bisa mulai memperdalam ilmu kamu mengenai algoritma Machine Learning dan membangun portofolio datamu dengan belajar bersama DQLab!

 

Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!