JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 1 Jam 21 Menit 9 Detik

Alasan Mengapa Data Science Populer di 2023

Belajar Data Science di Rumah 08-Juni-2023

Data Science merupakan ilmu yang berfokus untuk mengolah data mentah menjadi sumber informasi. Setidaknya ilmu Data Science merupakan gabungan dari beberapa ilmu lainnya, seperti matematika/statistika, programming, dan domain bisnis. Ketiga ilmu tersebut memegang peranan penting agar bisa mendapatkan informasi yang akurat dan sesuai kebutuhan. Setidaknya kita harus menguasai basic dari ketiga ilmu tersebut agar bisa menguasai ilmu Data Science.


Data Science bisa menempatkan diri pada berbagai sektor, bahkan di beberapa sektor yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Tidak heran jika kebutuhan akan orang yang bisa menguasai ilmu Data Science terus meningkat setiap saat. Perusahaan akan sangat membutuhkan orang yang bisa mengatasi berbagai permasalahan yang ada dengan memanfaatkan Data Science. Setidaknya ada beberapa alasan mengapa Data Science menjadi sangat penting untuk dikuasai. Apa saja sih? Yuk, simak pembahasannya!


1. Mengatasi Berbagai Permasalahan Big Data


Data Science


Big data merupakan fenomena baru di beberapa tahun terakhir. Dalam big data, data yang ada akan berukuran sangat besar, beragam jenisnya, datang dengan sangat cepat, dan harus bisa dipastikan keasliannya. Data Science memegang peranan penting untuk mengatasi permasalahan big data ini. Tapi kenapa repot-repot harus mengurus big data sih? Pada dasarnya, data merupakan hal yang sangat penting untuk menentukan arah kebijakan. Semakin banyak data diharapkan pemahaman akan keadaan juga akan semakin lengkap. Tentu sangat disayangkan jika kita tidak bisa memanfaatkan data yang ada tersebut dengan baik.


Baca juga : Tools Data Science untuk Analisis Data yang Efisien


2. Penerapan Machine Learning

Data Science

Machine Learning adalah sebuah teknologi yang memungkinkan mesin untuk bekerja secara otomatis, sehingga mesin bisa mengambil keputusan dengan mengikuti pola pikir manusia. Akan tetapi proses pengambilan keputusan ini tidak bisa dilakukan begitu saja, melainkan harus melalui proses pembelajaran hingga nantinya akan didapatkan akurasi yang tinggi pada hasil prediksinya. Machine Learning dan Data Science tentu akan terus saling berhubungan. Dalam beberapa analisis Data science kita akan membutuhkan Machine Learning untuk bisa mempermudah proses pekerjaan namun tetap memberikan hasil yang akurat.


3. Pengambilan Keputusan Lebih Tepat

Data Science

Kebutuhan akan ilmu Data Science yang paling utama adalah agar pembuatan keputusan menjadi lebih akurat. Data Science akan mengolah data mentah yang ada agar bisa menjadi sumber informasi yang bisa menjawab permasalahan yang ada. Dalam proses analisis data, tentu kita harus memastikan bahwa data yang diambil memang relevan dan asli serta kita juga harus memastikan metode pengolahan data yang paling sesuai dengan goals dan data yang dimiliki. Dari hasil analisis inilah yang kemudian bisa dijadikan dasar pengambilan keputusan.


4. Profesi yang Paling Diminati

Data Science

Orang yang benar-benar bisa menguasai ilmu Data Science masih terbilang sedikit jika dibandingkan dengan kebutuhan yang ada. Bukannya tidak ada yang tertarik untuk menjadi praktisi data yang menguasai ilmu Data Science seperti Data Scientist, Data Analyst, dan lainnya, namun kualifikasi yang dibutuhkan terbilang cukup tinggi. Sehingga tidak heran jika profesi ini masih menjadi primadona banyak orang. Gaji yang ditawarkan pun terbilang cukup fantastis. Siapa yang bisa menolak?


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Data Science ternyata merupakan ilmu yang bisa menempatkan diri dimana saja. Perkembangan Data Science di berbagai sektor membuat kita harus mulai membuka mata untuk melihat peluang besar ini. Jika tidak ingin ketinggalan zaman, maka kita harus mengupgrade diri. Salah satu caranya, kamu bisa mempelajari Data Science bersama DQLab. Di sana kamu akan mendapatkan module lengkap, sertifikat sebagai bukti telah menyelesaikan modul pembelajaran dan juga bisa langsung menerapkan pembelajarannya melalui fitur project yang tersedia. 


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik.



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login