PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 7 Jam 46 Menit 52 Detik

Alasan Pentingnya Excel untuk Pondasi Karir

Belajar Data Science di Rumah 23-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d192ae5d23537d48f4efbba6d8d87906_x_Thumbnail800.jpeg

Setiap perusahaan haruslah melakukan sebuah evolusi dan juga mendorong kemajuan untuk terus berkompetisi di dunia bisnis saat ini. Salah satu cara yang cukup ampuh dalam meningkatkan profitabilitas adalah dengan cara mengimplementasikan program development sehingga untuk para karyawannya bisa terus untuk mengikuti perkembangan teknologi yang terbarukan dan dapat bekerja seefisien mungkin. Para pebisnis juga harus memanfaatkan derasnya arus data pada saat ini. Dengan cara mengolah dan juga menganalisis data-data tersebut agar memiliki nilai yang berguna untuk memajukan bisnis perusahaan. Salah satu tools populer untuk menganalisis data yang user friendly dan juga cocok digunakan oleh para pemula adalah Microsoft Excel. Microsoft Excel ini sangat membantu dalam proses pengolahan data dan juga analisis data, walaupun kalian belum pernah mempelajari coding sebelumnya. 


Mungkin Microsoft excel ini seringkali dianggap sebagai suatu software yang hanya digunakan untuk membantu perhitungan data agar lebih cepat dan efisien. Padahal masih banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh excel ini. Dengan begitu banyaknya manfaat yang ditimbulkan oleh software ini, kira-kira apa saja ya alasan dibalik pentingnya menguasai microsoft excel untuk pondasi karir? Maka dari itu simak artikel di bawah ini ya!


1. Dibutuhkan Banyak Perusahaan

Mungkin kalian seringkali melihat di dalam iklan atau sebuah brosur yang berisikan lowongan pekerjaan yang mencantumkan kualifikasi yang isinya adalah mengharuskan seseorang untuk menguasai skill Microsoft Excel. Ya itu benar, penguasaan microsoft excel tentunya menjadi salah satu kebutuhan yang harus dikuasai oleh para karyawan di dalam suatu pekerjaan. Tidak hanya untuk profesi praktisi data saja, tetapi hampir semua sektor pekerjaan membutuhkan skill microsoft excel ini dengan porsinya masing-masing.

Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Cepat dan Mudah untuk Cleaning Data dan juga Transform Data

Jika kalian merupakan salah satu dari beberapa orang yang profesinya bersinggungan dengan data yang banyak, pastinya ada beberapa situasi yang kalian perlu berurusan dengan data yang tidak beraturan, mengandung missing value, dan beberapa permasalahan dengan data yang jumlahnya banyak. Pastinya kalian sebelum kalain menggunakan data tersebut, kalian harus melakukan cleaning data dan juga transform datanya terlebih dahulu. Untuk melakukan cleaning data dan juga transform data akan memakan waktu yang cukup lama dan lebih membosankan. Kalian tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut karena microsoft membuat sebuah software yang berguna untuk melakukan cleaning data dan juga transform data dengan mudah, software tersebut bernama microsoft excel. Dengan menggunakan software ini kalian akan lebih mudah untuk melakukan hal tersebut, karena software ini memang dibuat untuk melakukan pengolahan data secara banyak.

Excel


3. Memiliki Banyak Rumus

Sekarang kita sedang di era yang hampir semua bidang sudah menggunakan teknologi tak terkecuali bidang data. Dengan berkembangnya teknologi pastinya data yang dihasilkan juga ikut berkembang dan memiliki jumlah yang cukup banyak atau bisa kita sebut dengan big data. Dengan keberadaan big data ini mengharuskan kita mau tidak mau harus menguasai berbagai software yang mendukung pengolahan big data. Hal ini karena sangat kecil kemungkinannya jika kita melakukan analisis data yang besar dengan menggunakan cara manual. Pastinya kita memerlukan sebuah software yang dapat membantu kita dalam mengolah dan menganalisis data tersebut dan memiliki banyak rumus atau formula yang bisa memudahkan prosesnya. Salah satu software yang menyediakan rumus-rumus ini adalah microsoft excel.

Excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Produktif dan Efisien untuk Bisa Mengorganisir Data

Dengan adanya microsoft excel ini perusahaan bisa meningkatkan efisiensi dan juga produktivitas dari para karyawannya. Semakin efisien pekerjaan karyawan, tugas-tugas akan jadi lebih cepat, dan proyek akan lebih cepat selesai juga, sehingga memungkinkan perusahaan untuk menyediakan layanan yang lebih baik dan juga lebih bisa bersaing di dunia bisnis. Excel juga salah satu tools yang cukup vital untuk mempercepat produktivitas karyawan dan memungkinkan mereka lebih efisien ketika menghadapi data dengan jumlah yang cukup besar. 

Excel


Yuk, tunggu apalagi? Buruan Gabung dengan DQLab adalah solusi buat kamu yang ingin self learning tapi takut overdosis informasi. Kamu bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun kamu ngga punya basic IT, lho. Disini kamu akan belajar skill data science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti excel secara online tanpa perlu keluar rumah. 


Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login