PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 22 Jam 29 Menit 57 Detik 

Alasan Skill Visualisasi Wajib Bagi Seorang Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 02-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e4f9967487b1e44b9a6406cb83ddfd4b_x_Thumbnail800.jpeg

Data Analyst adalah profesi yang berkaitan erat dengan data. Seorang Data Analyst dituntut untuk mampu membersihkan, menganalisis data serta memvisualisasikan hasil analisis sehingga bisa didapatkan insight untuk memecahkan masalah yang ada.


Profesi ini menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dibutuhkan seiring berkembangnya teknologi Big Data. Salah satu penyebab lahirnya Big Data adalah karena kecanggihan teknologi mulai berdampak ke hampir semua sektor, sehingga menghasilkan banyak sekali data, serta dalam bentuk yang beragam.


Data Analyst sama halnya seperti pekerjaan lainnya yang membutuhkan skill khusus untuk mengerjakan tugasnya. Tahukah kamu? Meskipun ada banyak sekali orang yang tertarik untuk menjadi seorang Data Analyst, namun ternyata tidak semua bisa memenuhi kualifikasi yang ditentukan. Untuk menjadi seorang Data Analyst yang baik dituntut memiliki beberapa kemampuan, baik hard skill maupun soft skill.


Untuk menjadi seorang Data Analyst harus memiliki kemampuan teknis atau hard skill yang mumpuni salah satunya adalah dapat memvisualisasikan data. Menggunakan visualisasi, kamu dapat mengidentifikasi area bisnis yang membutuhkan perhatian dan peningkatan serta manfaat visualisasi data lainnya. Artikel ini akan membahas tentang alasan mengapa visualisasi data penting kamu kuasai sebagai salah satu syarat untuk berkarir sebagai Data Analyst.


Jadi, simak terus artikel ini sampai selesai, ya!


1. Analisis Lebih Baik

Alasan pertama mengapa skill visualisasi data penting untuk Data Analyst kuasai yaitu, kamu dapat terbantu dalam hal analisis data agar menjadi lebih baik lagi. Dengan visualisasi data dapat membantu pemangku kepentingan bisnis menganalisis laporan tentang penjualan, strategi pemasaran, dan minat produk.

Data Analyst


Berdasarkan analisis, visualisasi data dapat fokus pada bidang-bidang yang membutuhkan perhatian untuk meningkatkan laba, yang pada gilirannya membuat bisnis lebih produktif. Selain itu, otak manusia menggenggam visual lebih mudah daripada laporan tabel.


Visualisasi data memungkinkan pembuat keputusan untuk diberitahu dengan cepat dari wawasan data baru dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk pertumbuhan bisnis.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Semua Orang Dapat Memahaminya

Ketika data masih disajikan dalam bentuk tabel, orang-orang yang tidak memiliki dasar ilmu akan bidang yang sedang dibahas mungkin tidak akan mengerti kapan data tersebut menunjukkan kondisi yang bahaya atau perlu dimonitoring secara terus menerus dan kapan data tersebut masih ada dalam kondisi yang aman.


Tentu akan ada threshold (batas) atau istilah tertentu yang hanya dipahami oleh orang yang ada di bidang atau tim tersebut saja. Padahal ketika ada permasalahan dalam suatu perusahaan, semua tim diharapkan bisa memberikan andil untuk memecahkan masalah tersebut berdasarkan data yang ada.

Data Analyst


Seorang Data Analyst bertugas untuk membuat semua orang menjadi paham akan data yang dimiliki sehingga permasalahan yang ada menjadi lebih mudah diselesaikan. Itulah mengapa seorang Data Analyst harus menguasai visualisasi data karena saat data tersebut sudah di transfer menjadi bentuk visualisasi data, kemungkinan setiap orang akan bisa lebih memahami maksud dari data. Hal ini juga didukung oleh fakta tentang otak manusia, dimana orang lebih mudah merespon hal yang sudah disajikan dalam bentuk visual.


3. Untuk Melihat Trend Bisnis Memahami Tren Terbaru

Dalam lingkungan bisnis yang sangat kompetitif saat ini, menemukan insight dari sekumpulan data merupakan suatu kebutuhan yang krusial dan wajib. Caranya dengan menemukan korelasi data menggunakan representasi visual adalah kunci untuk mengidentifikasi insight bisnis. Dengan mengeksplorasi suatu insight penting bagi pengguna bisnis atau eksekutif untuk mengatur proses agar mencapai tujuan bisnis bersama.

Data Analyst


Dengan menggunakan visualisasi data, kamu dapat menemukan tren terbaru dalam bisnis kamu untuk menyediakan produk-produk berkualitas dan mengidentifikasi masalah sebelum muncul.


Tetap di atas tren, kamu dapat melakukan lebih banyak upaya untuk meningkatkan laba untuk bisnis kamu. Dengan memahami tren terbaru, maka kamu dapat melihat peluang-peluang bisnis yang mungkin sebelumnya belum terpikirkan oleh kamu.


4. Pengambilan Keputusan Menjadi Lebih Mudah

Data visualisasi juga dapat membuat proses pengambilan keputusan menjadi lebih mudah, loh. Hal ini sebenarnya berhubungan dengan data visualisasi yang dijadikan sebagai alat komunikasi.

Data Analyst


Ketika sudah disajikan dalam bentuk visualisasi, otomatis variabel yang digunakan adalah variabel yang memang memegang peranan penting dalam permasalahan yang sedang dihadapi. Sehingga para stakeholder dapat berfokus pada variabel itu saja dan mengesampingkan asumsi-asumsi lainnya.


5. Sebagai Alat Komunikasi

Ternyata, komunikasi bisa dilakukan melalui banyak cara, tidak hanya melalui komunikasi verbal saja. Salah satunya adalah dengan menggunakan visualisasi data. Teknik komunikasi ini kerap kali digunakan saat Data Analyst harus melakukan reporting kepada atasannya tentang performa yang terjadi dalam rentang waktu tertentu.

Data Analyst

Seorang atasan akan lebih senang jika disuguhkan laporan dalam bentuk yang menarik, tidak monoton dan membosankan namun tetap kaya akan insight. Untuk menjadikan data visualisasi sebagai alat komunikasi, kamu harus menggunakan istilah yang umum didengar oleh audience agar mereka bisa menangkap apa yang ingin kamu sampaikan.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya


Belajar visualisasi data akan terasa menyenangkan jika proses belajarmu tidak sendirian, terlebih jika kamu adalah orang yang tidak pernah menggunakan bahasa pemrograman sama sekali. Kamu bisa memanfaatkan berbagai modul visualisasi data yang disediakan oleh DQLab dalam bahasa R dan juga Python.


Untuk mengakses modul ini, kamu cukup mendaftarkan dirimu menjadi member premium DQLab. Tenang aja, harganya murah banget dan bersahabat dengan kantong mahasiswa. Yuk, tunggu apalagi?


Pelajari modulnya dan bangun portofoliomu tentang Data Visualisasi hanya di DQLab.id!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :