Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Algoritma Data Science, Kenali Contoh Pengaplikasiannya di Facebook, Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 17-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3f95aeede17497b731d6ba6e9613c250_x_Thumbnail800.jpeg

Data Science merupakan ilmu yang banyak diperbincangkan saat ini. Ilmu ini ternyata dibangun atas beberapa ilmu lain, seperti Statistika/Matematika, Programming, dan Ilmu Bisnis. Dengan mempelajari ilmu ini, goals nya tidak hanya bisa menjadi seorang Data Scientist, namun juga beberapa profesi data lainnya, seperti Data Analyst, dan Data Engineer. Terkadang seorang praktisi data juga diminta untuk memiliki kemampuan akan Machine Learning, Deep Learning, dan Artificial Intelligence, mengingat hal tersebut juga merupakan bagian dari Data Science.

Meskipun ilmu ini masih terkesan baru, namun nyata nya ada banyak sekali penerapan Data Science yang tanpa sadar sudah sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan teknologi, khususnya teknologi digital yang berperan sangat banyak agar kita bisa merasakan pengaplikasian Data Science di beberapa sosial media, salah satunya adalah facebook. Lalu apa saja sih contoh pengaplikasian algoritma Data Science, khususnya di facebook?

1. Menyarankan Orang yang Mungkin Dikenal

Jika kamu adalah orang yang aktif menggunakan sosial media, kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan fitur instagram ataupun facebook yang menampilkan beberapa orang baru untuk di follow atau ditambahkan sebagai teman. Kenapa bisa gitu ya? Ternyata sosial media ini mengumpulkan informasi yang dimiliki oleh pengguna, seperti wilayah tempat tinggal, pernah bersekolah dimana, kesukaan, hingga log aktivitas di sosial media, misalnya data percakapan, postingan dan profil yang sering di-stalking. Hal tersebut yang menjadi dasar algoritma bisa memprediksi apakah di real life kita berteman.

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

2. Face Recognition

Salah satu fitur yang terus dikembangkan di facebook adalah kemampuan untuk mengenali bahkan menambahkan tanda atau tag pada foto yang baru di-upload meskipun kita tidak berteman langsung dengan orang tersebut. Ternyata, setiap foto yang kita upload ke facebook ataupun foto yang ditandai oleh orang lain akan dijadikan data dan diolah oleh facebook dengan menggunakan algoritma Face Recognition. Hasilnya nanti adalah kemampuan sistem untuk memprediksi foto yang ada. Semakin banyak data yang digunakan, hasil prediksinya juga akan semakin akurat.

3. Postingan di facebook Homepage

Pernahkah kamu bertanya, mengapa postingan yang lewat di berandamu adalah postingan orang yang sama? Ternyata hal ini terjadi karena algoritma facebook akan mencoba mengumpulkan aktivitas dari masing-masing penggunanya, seperti siapa yang sering melakukan komunikasi seperti komen dan like, hingga grup yang sering dibuka. Hasilnya adalah algoritma facebook akan mencoba untuk menampilkan postingan prioritas di berandamu agar kemungkinan untuk adanya interaksi akan semakin tinggi.

4. Iklan yang Ditayangkan

Iklan di facebook bukan lagi hal yang jarang ditemui. Tidak jarang ketika kita sedang melihat story akan muncul iklan dari barang yang sebelumnya pernah dicari di e-commerce. Ternyata, setiap data yang kita lakukan akan selalu disimpan oleh sistem, agar nanti bisa menayangkan iklan yang tepat yang akan meningkatkan pembelian. Iklan yang ditampilkan ini bersifat dinamis atau berubah-ubah, sesuai dengan hal apa yang sedang sering kita lihat di e-commerce.

Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!

5. Ingin Belajar Data Science Dari Nol? Di DQLab Aja!

Kamu sangat tertarik belajar Data Science namun tidak memiliki basic sama sekali? Tenang, di DQLab kamu bisa menikmati materi dari level yang paling basic hingga advanced. Disini juga kamu tidak dituntut untuk memiliki background pendidikan tertentu, semua orang bisa belajar data Science dengan biaya yang tidak membuat kantongmu jebol tentunya.Kamu juga bisa menikmati free modul dari DQLab, yaitu Introduction to Data Science with R dan Introduction to Data Science with Python. Tunggu apa lagi? Yuk, buruan daftar dan buat akun DQLab mu!

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!