GRAB IT FAST! Belajar Data Science 6 Bulan Hanya Rp. 149.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQCEPATBerakhir 2 Days 5 Jam : 56 Menit : 42 Detik

Algoritma Machine Learning : Apa Sih Machine Learning itu? Kenalan Yuk!

Algoritma Machine Learning : Apa Sih Machine Learning itu? Kenalan Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 21-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/597c5ad85c0ec16c3f48d99e5627bd0d_100_persen.jpg

Algoritma Machine Learning menjadi suatu hal yang bisa mengubah tatanan kehidupan manusia. Bahkan tanpa disadari dalam kehidupan sehari-hari sekalipun kita telah sering memanfaatkan keberadaan Machine Learning. Machine Learning merupakan salah satu bagian dari Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan, dimana mesin akan dilatih dengan data-data yang telah ada sebelumnya sehingga dapat mengambil kesimpulan yang tepat layaknya cara berpikir manusia.

Tujuan utama yang ingin dicapai dari Machine Learning adalah mencari pola dan insight yang ada dalam data secara otomatis tanpa bantuan manusia. Machine Learning sendiri berdasarkan jenisnya dapat terbagi menjadi tiga, yaitu Supervised Learning, Unsupervised Learning, dan Reinforcement Learning. Namun sebelum mulai membahas hal tersebut, ada baiknya kita memahami tentang Machine Learning secara umum terlebih dahulu, seperti mengapa Machine Learning menjadi sangat penting, perbedaan antara Machine Learning dan traditional programming, serta pemanfaatan Machine Learning. Penasaran kan? Yuk, simak artikelnya!

1. Kenapa Machine Learning Penting?

Beberapa perusahaan yang telah mengganti sistemnya dari konvensional ke sistem yang berbau teknologi digital pasti akan sangat membutuhkan Machine Learning untuk memudahkan mereka dalam mencari insight dari data yang dimiliki. Data yang dihasilkan dari teknologi digital pasti berjumlah lebih banyak daripada sebelumnya. Data yang banyak ini tidak akan bisa diolah dengan cara yang sama seperti cara mengolah data yang masih sedikit. Saat itulah Machine Learning menjadi sangat dibutuhkan. 

Waktu yang digunakan untuk menganalisis data yang yang banyak dan rumit pun terbilang sangat singkat. Sehingga hal ini mampu mempermudah perusahaan yang ada untuk meningkatkan performanya. Semakin banyak data yang digunakan oleh pembuat Machine Learning, maka hasilnya akan semakin akurat dengan keadaan di dunia nyata. Bahkan berdasarkan jurnal yang ada pada website  The Wall Street Journal, diprediksi bahwa Machine Learning dan Artificial Intelligence memiliki potensi untuk meningkatkan perekonomian Amerika Serikat di tahun 2030 hingga 16% atau 13 triliun dolar AS. 

Baca juga : 3 Jenis Algoritma Machine Learning yang Dapat Digunakan di Dunia Perbankan

2. Perbedaan Machine Learning dengan Traditional Programming

Lalu apa sih perbedaannya dengan Traditional Programming? Meskipun keduanya sama sama menggunakan mesin komputer, namun keduanya berbeda. Jika sebelum ada Machine Learning, program yang dijalankan diharapkan dapat menghasilkan sebuah output berdasarkan data yang ada. Caranya, programmer akan memasukkan data dan programnya ke dalam komputer pada proses input, lalu komputer akan memprosesnya hingga didapatkan hasil berbentuk output. Sedangkan pada Machine Learning, data dan output merupakan hal yang telah ada dan dijadikan sebagai inputan ke dalam komputer, hasilnya adalah program yang dapat berjalan sendiri secara otomatis tanpa bantuan manusia untuk menghasilkan output baru.

3. Pemanfaatan Machine Learning

Ada banyak sekali kegunaan Machine Learning yang dapat dimanfaatkan, seperti pada web search atau pencarian di website. Hal yang ditampilkan pada hasil pencarian biasanya adalah hal yang terlihat sangat dekat dan berhubungan dengan keyword yang sedang kita cari. Penggunaan lainnya juga dapat ditemukan pada sosial media, itulah mengapa pada instagram ataupun facebook sering muncul iklan barang yang pernah kita cari pada e-commerce sebelumnya. Selain itu, pada e-commerce Machine Learning juga dapat digunakan untuk mendeteksi transaksi yang cukup mencurigakan, sehingga keamanan akan lebih terjamin.

Baca juga : Belajar Data Science: Pahami Penggunaan Machine Learning pada Python

4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher “DQTRIAL”, dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher “DQTRIAL” dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Gifa Delyani

    Editor : Annissa Widya Davita


      Share

      Postingan Terkait

      Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!