FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 7 Jam 38 Menit 56 Detik 

Alternatif Contoh Kasus Portfolio Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 19-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/cfc3c44c14523b93fce52d542a84947f_x_Thumbnail800.jpeg

Bagi kalian yang saat ini sedang mempelajari tentang data scientist atau praktisi data lainnya, membangun sebuah portofolio proyek merupakan hal yang sangat diperlukan dan harus kalian siapkan jika kalian ingin menjadi seorang praktisi data. Portofolio yang bermanfaat ini nantinya akan menjadi tolak ukur bagaimana kemampuan dan keahlian kalian dalam menyelesaikan sebuah permasalahan yang memiliki kaitan dengan data.


Membuat sebuah portofolio akan membantu kalian untuk lebih percaya diri dan juga membuat kalian lebih terlihat outstanding dibandingkan dengan kandidat lainnya dan meyakinkan recruiter bahwa kalian memiliki kemampuan yang relevan dengan bidangnya dan juga posisi yang kalian incar. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas contoh-contoh portofolio yang bisa kalian coba buat.


1. TikTok Reviews Rating Analysis

Salah satu aplikasi media sosial paling populer saat ini yaitu TikTok. Kalian bisa memakai aplikasi ini untuk menganalisis bagaimana kecenderungan opini dari para pengguna dari aplikasi ini, ini merupakan suatu hal yang cukup menarik untuk kalian jadikan sebuah portofolio. Jika kalian cukup tertarik untuk membuat sebuah proyek yang berbasis analisis rating atau ulasan dari aplikasi ini dan juga opini dari para penggunanya, maka kalian bisa melihat sampel dataset ulasan yang ada diwebsite khusus melihat ulasan-ulasan dan juga rating aplikasi ini.


Kalian bisa membuat portofolio ini dengan cara kalian membuat poin-poin yang ingin kalian analisis seperti bagaimana presentasi rating yang diberikan oleh pengguna TikTok? atau kalian bisa menggunakan pertanyaan seperti bagaimana kecenderungan sentimen opini atau ulasan dari para pengguna TikTok ini?


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Exploratory Data Analysis Project on Life Expectancy

Selanjutnya proyek yang bisa kalian buat adalah angka harapan hidup dari sebuah negara. Jadi harapan hidup merupakan perkiraan jumlah tahun hidup dari suatu individu yang berdiam atau menetap pada suatu wilayah tertentu. Tujuan dari membuat proyek ini adalah mengetahui faktor penting apa saja yang dapat berkorelasi dengan angka harapan hidup dari seseorang. Jika kalian cukup tertarik kalian dapat mengunjungi dataset yang dikumpulkan dari situs web WHO dan juga PBB.


Gambaran umum dari faktor harapan hidup yang tersedia dalam web tersebut meliputi beberapa faktor yaitu faktor imunisasi, faktor kematina, faktor ekonomi, dan juga faktor sosial. Kalian dapat menggunakan dataset ini untuk membuat sebuah model yang menganalisis faktor apa saja yang dapat menentukan tingkat harapan hidup di suatu negara.


3. Vaksinasi COVID-19 Di Dunia

Salah satu program yang sedang gencar-gencarnya ditingkatkan oleh dunia adalah program vaksinasi COVID-19 untuk mencegah virus COVID-19. Jadi kalian bisa menganalisis bagaimana progress dari program vaksinasi ini, ini yang menjadikan ide analisis ini menarik. Jika kalian memiliki ketertarikan dengan topik ini kalian dapat mengunjungi situs dataset Our World Data, disini kalian bisa melihat negara mana saja yang sudah memvaksin warganya.


Selain itu dalam membuat sebuah proyek pastinya kalian akan menentukan hal apa saja yang bisa kalian analisis salah satunya ialah membuat sebuah poin-poin seperti negara mana saja yang sudah menggunakan jenis vaksin terbaru? atau bisa juga dengan pertanyaan negara mana saja yang sudah memulai progress vaksinasi yang paling cepat dan dalam jumlah yang besar?


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Analisis Temperatur Bumi

Mungkin kalian sudah tidak asing dengan global warming atau pemanasan global. Jika kalian belum mengetahuinya pemanasan global adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan juga daratan bumi. Berdasarkan data model yang dirilis oleh intergovernmental panel on climate change (IPCC), mereka menyatakan bahwa suhu dari permukaan bumi saat ini akan meningkat 1,1 sampai dengan 6,4 derajat Celcius antara tahun 1990 sampai dengan 2100. Nah ide proyek ini cukup menarik karena kita bisa memberikan informasi terkait bagaimana gambaran dari temperatur di negara tertentu di dunia.


Kalian bisa menggunakan dataset yang berhubungan dengan data temperatur bumi, dataset ini berasal dari Berkeley Earth Data Page. 


Data ScientistData Scientist


Yuk, mulai belajar dan kuasai skill data scientist dari nol hingga advanced. Jangan khawatir jika kamu pemula yang tidak memiliki background STEM karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :