[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 16 Jam 21 Menit 8 Detik 

Analisis Data Sekunder adalah Salah Satu Jenis Analisis yang Penting!

Belajar Data Science di Rumah 24-Februari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a4c6b126f60205cfa4a7b8d0995f1c3e_x_Thumbnail800.png

Analisis data adalah sebuah proses pemeriksaan, pembersihan, transformasi dan pemodelan data dengan tujuan menemukan informasi yang berguna, menginformasikan kesimpulan dan sebagai alat dalam pengambilan keputusan. Data Sekunder adalah salah satu jenis sumber data dalam sebuah proses analisis data. Mengenal macam sumber data adalah salah satu tahap yang penting dalam sebuah proses analisis data. Di dalam suatu penelitian terdapat dua sumber data yang digunakan yaitu, data primer dan data sekunder.

Yang membedakan dari dua data ini adalah, data primer adalah data yang diperoleh peneliti secara langsung (dari tangan pertama), sementara data sekunder merupakan data primer yang diperoleh oleh pihak lain atau data primer yang telah diolah lebih lanjut dan disajikan baik oleh pengumpul data primer atau oleh pihak lain. Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam lagi apa itu analisis data sekunder. Yuk simak bersama penjelasannya! 

 

1. Pengertian Analisis Data Sekunder

Analisis data sekunder adalah proses menganalisis yang dilakukan terhadap data yang sudah ada tanpa perlu melakukan wawancara, survey, observasi dan teknik pengumpulan data tertentu lainnya. Analisis data sekunder, menurut Heaton, merupakan suatu strategi penelitian yang memanfaatkan data kuantitatif ataupun kualitatif yang sudah ada guna menemukan permasalahan baru atau menguji hasil penelitian yang sudah ada. Dengan kata lain, strategi penelitian itu setara dengan metode penelitian.

Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data 

 

2. Prosedur Analisis Data Sekunder

Menurut Wallace Foundation pada Workbook B; Secondary Data Analysis menjelaskan langkah-langkah dari proses analisis data sekunder diantaranya adalah, menetapkan/menentukan sumber data yang digunakan seperti rekam medis, data dari BPS dan data sejenisnya. Selanjutnya melakukan pengumpulan data-data tersebut kedalam bentuk dokumen atau format tertentu. Kemudian melakukan normalisasi data dengan tujuan menyetarakan data menjadi satu format yang sama agar data yang berbeda sumber tersebut bisa saling kompatibel satu sama lain. Lalu yang terakhir adalah melakukan analisis data dengan melakukan perhitungan, mentabulasi sumber data, memetakan data serta membandingkan data dan menelaahnya.

 

 

3. Sumber Data Sekunder

Sumber data sekunder dapat dibedakan menjadi dua macam. Sumber data pertama adalah berasal data hasil penelitian, dan kedua, data administratif kelembagaan. Data penelitian merupakan data yang dihasilkan oleh suatu penelitian, bisa penelitian orang lain, bisa penelitian sendiri. Data administratif kelembagaan dimaksudkan data yang dikumpulkan oleh suatu lembaga, misalnya sekolah atau Dinas Pendidikan, yang berupa data-data administratif semisal daftar calon murid yang mendaftar dan diterima sekolah, data lengkap murid baru, data kelulusan, data nilai hasil ujian, data kepegawaian dan sebagainya.

Analisis data sekunder memanfaatkan data sekunder yaitu dari data yang sudah ada. Oleh karena itu analisis data sekunder tidak mengumpulkan data sendiri, baik dengan wawancara, penyebaran angket, melakukan tes, menggunakan skala penilaian atau skala semacam skala likert, ataupun observasi. Data sekunder itu dapat berupa data hasil penelitian atau berupa data dokumenter administratif kelembagaan.

Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif

4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!

                                       

Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!