[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 49 Menit 27 Detik 

Analisis Statistik : Tips Memilih Uji Statistik yang Tepat

Belajar Data Science di Rumah 12-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/46cd3509511d72815f330933250b2a06_x_Thumbnail800.jpg

Data merupakan sekumpulan informasi yang berisi fakta yang memberikan gambaran secara luas dari suatu kejadian. Data memiliki banyak bentuk, yaitu dapat berupa teks, angka, gambar, video, suara, dan lain-lain. Data merupakan salah satu komponen penting dalam suatu penelitian atau karya ilmiah. Ketika melaksanakan suatu penelitian atau karya ilmiah perlu dilakukan proses analisis statistik. Analisis statistik adalah suatu kegiatan pengolahan atau penganalisisan data yang bertujuan untuk menghasilkan informasi dari kumpulan data tersebut.


Mungkin sebelumnya tidak semua dari pembaca mengetahui apa itu statistik, dan apa itu analisis statistik. Secara garis besar, pengertian dari statistik adalah hasil data yang ditampilkan dalam bentuk grafik. Sedangkan ilmu yang mempelajari tentang statistik disebut dengan statistika. Sedangkan analisis statistik merupakan proses analisis atau pengolahan statistik. Dari hasil analisis statistik tersebut akan menghasilkan informasi sebagai dasar pembuatan keputusan atau kesimpulan. Berbicara tentang statistik, pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa hal terkait analisis statistik.


1. Jenis Analisis Statistik

Sebelum mengenali beberapa macam atau jenis analisis statistik, kita perlu mengetahui terlebih dahulu jenis data. Secara umum, data terbagi menjadi dua, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif merupakan data yang tidak dapat disajikan dalam bentuk angka atau numerik, sehingga analisis non-statistik lebih tepat untuk digunakan pada jenis data ini. Sedangkan data kuantitatif merupakan data yang dapat disajikan dalam bentuk angka atau numerik, maka analisis statistik merupakan analisis yang tepat untuk jenis data ini. Analisis statistik dalam data kuantitatif sendiri sendiri terbagi menjadi dua, yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran dari suatu kumpulan data. Sedangkan statistik inferensial merupakan analisis statistik yang digunakan untuk menguji kebenaran suatu teori baru. 


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Langkah-langkah Pengujian Hipotesis

Ketika melaksanakan suatu kegiatan tentunya kita perlu melewati beberapa langkah atau tahapan. Adapun langkah-langkah pengujian hipotesis adalah sebagai berikut:

  1. Membuat asumsi

  2. Menentukan statistik uji

  3. Memilih tingkat signifikansi

  4. Menghitung harga statistik uji

  5. Membuat keputusan uji (diterima/ditolak)


3. Tools Analisis Statistik

Ketika kita melakukan proses analisis statistik kita memerlukan tools berupa software atau aplikasi sebagai media pendukung dalam melaksanakan pekerjaan kita. Pada masa kini sangat banyak tools analisis statistik yang dapat digunakan seperti Microsoft Excel, Python, Octave, Matlab, R, Minitab, dan masih banyak lainnya. Software-software tersebut biasanya dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kelebihan serta kekurangan masing-masing.


4. Tips Memilih Uji Statistik

Dalam statistika, terdapat bermacam-macam uji statistik yang dapat digunakan. Namun masing-masing uji statistik memiliki porsi atau penempatan sesuai dengan jenis data dan tujuan analisis. Salah satu tips utama ketika kita ingin memilih uji statistika adalah kita harus memahami jenis data yang kita miliki, apakah berdistribusi normal atau tidak. Jika berdistribusi normal maka yang digunakan adalah metode statistik parametrik. Sebaliknya, jika data tidak berdistribusi normal maka yang digunakan adalah metode statistik non parametrik. Masing-masing keduanya memiliki banyak jenis uji statistik yang dipilih berdasarkan hubungan antar data sampel yang dimilikinya. Kita harus lebih teliti dalam memilih uji statistik yang tepat karena akan sangat berpengaruh pada hasil penelitian kita.


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Tertarik Menjadi Data Scientist?

Data scientist kini menjadi profesi primadona dalam dunia data. Apakah kamu tertarik menjadi data scientist? Kini, kita dapat memulai karir data scientist dengan kursus online di DQLab lohh. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mengakses module gratis dari R, Python atau SQL! Yuk, mulai bangun protofolio datamu!




Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!