SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 3 Jam 44 Menit 58 Detik

Apa & Mengapa Data Science Penting di 2023?

Belajar Data Science di Rumah 05-April-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c282b5914f1f554f687ec51483a9a47e_x_Thumbnail800.jpeg

Data menjadi sebuah hal yang cukup penting untuk perusahaan, jadi dibutuhkan seseorang untuk mengolah data ini, terlebih lagi jumlah data yang dimiliki oleh suatu perusahaan ada banyak sekali. Seseorang yang cocok untuk melakukan tugas mengolah dan juga menganalisis ini adalah praktisi data seperti data analyst, data engineer, data scientist, dan lain sebagainya. Pada perusahaan yang ada di bidang industri pasti akan mengandalkan data untuk pedoman mereka dalam menentukan sebuah strategi bisnis dan juga perusahaan haruslah memiliki sistem penyimpanan data yang baik untuk bisa memudahkan proses analisisnya


Terlebih lagi di era sekarang yang pertumbuhan teknologi dan juga data yang sangat cepat dan juga beragam, membuat banyak data ini diolah dengan menerapkan ilmu data science. Inilah yang membuat profesi praktisi data menjadi buah bibir di masyarakat sekarang. Pertanyaannya kenapa harus data science dan seberapa pentingkah data science dalam dunia industri ini?


1. Menambah Jumlah Praktisi Data

Data scientist, data analyst, data engineer, dan lain sebagainya adalah pekerjaan praktisi data yang cukup menjanjikan untuk masa depan. Maka tidak heran jika gaji mereka cukup menjanjikan, selain hal itu juga kebutuhan bisnis perusahaan akan data yang diolah mereka pastinya akan terus menerus meningkat. Dengan banyaknya jumlah data yang sudah terkumpul membutuhkan seorang pengelola yang bisa mengolah datanya sampai bisa memahami data tersebut untuk dilakukan sebuah strategi pemasaran yang bisa memajukan bisnis mereka. Sayangnya, di Indonesia sendiri praktisi data masih kurang, karena untuk menjadi seorang praktisi data dibutuhkan kemampuan yang spesifik agar bisa mengolah datanya dengan sempurna. Maka dari itu, memperbanyak jumlah praktisi data akan menjadi salah satu pentingnya data science untuk masa yang akan datang.


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Menentukan Strategi Bisnis

Ketika data sudah bisa dikelola dengan baik dan sempurna dengan menggunakan metode yang tepat, maka kalian bisa mendapatkan sebuah informasi yang cukup berguna untuk keberlangsungan bisnis perusahaan kalian. Informasi ini bisa dijadikan sebagai alat pengambilan keputusan atau bisa untuk menentukan sebuah strategi bisnis kedepannya. Ketika menentukan sebuah strategi bisnis lanjutan, kalian bisa menggunakan berbagai macam aspek, contohnya seperti preferensi konsumen kepada produk, tingkat penjualan produk kalian, dan juga ketertarikan konsumen terhadap produk kalian. Dengan adanya hal ini pastinya data yang ada di dalam database pasti akan sangat banyak, maka dari itulah dengan menggunakan data science semuanya akan bisa diolah secara efisien dan juga akurat.


3. Menghadapi Tren Di Masa Yang Akan Datang

Dengan berkembangnya teknologi di era revolusi industri ini, tidak heran jika mempelajari data science menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Karena, data science dapat membantu kalian untuk bisa menganalisis data dimanapun  dan kapanpun kalian ada, kalian juga bisa memiliki kemampuan problem solving yang cukup baik dan juga skill tambangan di berbagai macam bidang lain yang memiliki keterkaitan dengan ilmu matematika, statistika, dan juga komputer. 


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


4. Karir Yang Cukup Menjanjikan

Karir menjadi praktisi data tidak hanya bisa kalian capai jika kalian memiliki latar belakang IT, non IT pun bisa mencapai karir praktisi data ini. Hanya saja kalian yang non IT mungkin akan memerlukan waktu yang lebih banyak karena kalian harus mempelajari skill dasarnya seperti programming. Di era sekarang sudah banyak sekali webinar dan juga workshop tentang data science ini dan juga profesi data yang bisa kalian ikuti secara gratis ataupun membayarnya. Di indonesia sendiri peluang menjadi seorang data scientist dan juga data analyst cukup tinggi. Karena dibutuhkan di berbagai macam bidang seperti industri, pemerintahan , pendidikan, dan lain sebagainya. Jenjang karir dari praktisi data yaitu Junior data scientist, Senior data scientist, dan juga chief data scientist. 


Gimana sahabat DQ? Kamu bisa belajar lebih lanjut terkait data science dan rangkaian skillset untuk menjadi praktisi data. DQLab merupakan salah satu situs belajar online yang tepat kamu pilih terutama jika kamu adalah seorang pemula atau profesional yang ingin beralih profesi sebagai praktisi data. Karena pembelajaran DQLab berfokus dengan pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti python dan R.


Selain itu juga merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasikan fitur ChatGPT. DQLab juga menerapkan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome Based yang dirancang ramah untuk pemula. Sehingga membuat kamu terlatih berdasarkan trial and error. 


Yuk, langsung saja sign up sekarang mudah banget kok caranya cukup ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login