GRAB IT FAST! Belajar Data Science 6 Bulan Hanya Rp. 149.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQCEPATBerakhir 2 Days 6 Jam : 26 Menit : 27 Detik

Apa Itu Algoritma Deep Learning? Yuk, Kenali Lebih Dalam Algoritma Satu Ini!

Apa Itu Algoritma Deep Learning? Yuk, Kenali Lebih Dalam Algoritma Satu Ini!

Belajar Data Science di Rumah 04-Mei-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b6b1afbe20a9b91234652eeb6865653b_100_persen.jpg

Algoritma deep learning mungkin masih terdengar agak asing dibandingkan machine learning. Kemajuan teknologi saat ini sangatlah pesat. Hampir seluruh aktivitas kita sekarang tidak terlepas dari teknologi seperti berbelanja, aktivitas perbankan, jalannya bisnis, dan sebagainya. Pekerjaan yang dulu dilakukan secara manual kini bisa dilakukan otomatis oleh mesin yang dibangun dengan menerapkan algoritma-algoritma tertentu. Algoritma ini bekerja dengan mempelajari data dan memberikan output yang sesuai. Pekerjaan akan lebih cepat, efisien, dan akurat. 


Salah satu topik yang banyak dibicarakan di era revolusi industri 4.0 ini adalah kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan ini mampu bekerja seperti jaringan saraf otak manusia. Oleh karena keunggulannya tersebut, kecerdasan buatan banyak diterapkan di berbagai sektor industri seperti bisnis, keuangan, kesehatan, pelayanan masyarakat, dan sebagainya yang dapat membantu memecahkan berbagai masalah. Deep learning merupakan salah satu pembelajaran terkait kecerdasan buatan. Nah, kali ini DQLab akan share tentang algoritma Deep Learning. Yuk, simak dibawah ini!


1. Apa Itu Algoritma Deep Learning? 

Deep Learning atau dikenal juga dengan Deep Structured Learning atau Hierarchical Learning merupakan bagian dari pembelajaran Machine Learning yang menggunakan artificial neural networks (ANN). Singkatnya, deep learning adalah metode pembelajaran oleh mesin dengan meniru cara kerja sistem saraf otak manusia. Seperti yang diketahui bahwa sistem saraf otak manusia sangat kompleks dan ini yang membuat kita bisa mengenali berbagai macam benda, warna, dan sebagainya. Inilah yang diadaptasi oleh deep learning. Disebut deep karena jumlah struktur dan jaringan dalam pembelajarannya sangatlah banyak bisa mencapai ratusan. Jaringan saraf deep learning mempelajari metadata sebagai input dan mengolahnya menggunakan lapisan tersembunyi transformasi non linear dari data input untuk menghasilkan output. Algoritma deep learning dapat melakukan pembelajaran secara mandiri sehingga dapat digunakan sebagai pedoman dalam pemecahan suatu masalah dari yang mudah hingga yang kompleks. Semakin banyak data yang digunakan untuk melatih algoritmanya, maka semakin bertambah banyak dan kompleks lapisan jaringannya. 

Baca juga : 3 Jenis Algoritma Machine Learning yang Dapat Digunakan di Dunia Perbankan


2. Tipe Deep Learning 

Terdapat beberapa tipe deep learning yaitu deep learning untuk unsupervised learning dan hybrid deep networks. Deep learning untuk unsupervised learning digunakan saat variabel tidak memiliki label sehingga harus menghitung nilai yang lebih tinggi dari unit yang diamati untuk menganalisis polanya. Hybrid deep networks adalah metode yang ditujukan untuk mencapai hasil yang baik dengan menggunakan pembelajaran yang diawasi atau bisa juga tidak diawasi dalam melakukan analisis polanya. Sedangkan untuk jenis algoritma deep learning ada beberapa yaitu Deep Neural Networks (DNN), Artificial Neural Networks (ANN), dan Convolutional Neural Networks (CNN).


3. Contoh Penerapan Deep Learning

Tanpa disadari sebenarnya kita sering jumpai dan gunakan teknologi yang menerapkan deep learning. Contoh penerapan deep learning yaitu fitur face unlock di smartphone. Kita bisa membuka kunci smartphone hanya dengan mendeteksi wajah pemilik smartphone. Deep learning juga saat ini diterapkan dalam lalu lintas seperti sistem tilang otomatis. Dengan pembelajaran deep learning, pelanggaran lalu lintas akan otomatis terdeteksi. Pelanggar akan mendapatkan surat tilang yang langsung dikirim ke rumah. Diharapkan penerapan sistem ini akan meminimalisir pelanggaran lalu lintas. Di bidang kesehatan deep learning juga dapat digunakan misalnya pada rontgen untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan suatu penyakit.


Baca juga : Belajar Data Science: Pahami Penggunaan Machine Learning pada Python


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher “DQTRIAL”, dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher “DQTRIAL” dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Dita Kurniasari

    Editor : Annissa Widya Davita


      Share

      Postingan Terkait

      Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!