[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 20 Menit 47 Detik 

Apa Itu Analisis Data? Yuk, Cari Tau Data Sekunder Disini

Belajar Data Science di Rumah 23-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/df3a3054d719be7c80b53a8611b6c34b_x_Thumbnail800.png

Apa yang dimaksud dengan analisis data ? ada banyak definisi mengenai analisis data yang telah dikemukakan oleh para ahli, contohnya seperti yang dikemukakan oleh Lexy J. Moloeng pengertian analisis data adalah proses mengatur urutan data, mengorganisasikannya ke dalam suatu pola, kategori, dan satuan uraian dasar. Namun, secara umum analisis data adalah suatu proses untuk mengekstraksi informasi yang berguna dari data dan mengambil keputusan bisnis melalui serangkaian langkah sedemikian rupa agar dapat mencapai tujuan. Data yang dimaksud disebut dengan sumber data atau data source, yang kemudian dibagi menjadi dua jenis yaitu, data primer dan data sekunder. Yang salah satunya akan kami bahas dalam artikel ini, yaitu data sekunder.


Dalam artikel ini akan membahas dari mulai pengertian, contoh data sekunder, hingga keunggulan dan kelemahan yang dimiliki data sekunder. Dengan mengenal macam sumber data sekunder merupakan salah satu langkah yang penting dalam sebuah proses analisis data. Jadi, tidak usah berlama-lama lagi mari kita simak artikel ini sampai selesai ya karena DQLab akan membahas lebih lanjut mengenai analisis data sekunder.


1. Pengertian Analisis Data Sekunder

Hal pertama yang akan dibahas adalah tentang analisis data sekunder. Analisis data sekunder adalah suatu kegiatan untuk menganalisis data yang dilakukan terhadap data yang sudah ada tanpa perlu melakukan wawancara dan survey langsung di lapangan. Mengapa demikian ? Karena data sekunder berasal dari pihak ketiga dan biasanya informasinya sudah tersedia di pusat kajian. Selain itu, data source nya sudah tersedia maka kita tidak perlu melakukan wawancara ataupun survey lapangan, kita hanya perlu datang ke pusat kajian seperti, perpustakaan, instansi pemerintahan, perusahaan dan instansi lainnya. Apalagi saat ini semua sudah serba daring, kemungkinan besar kamu sudah bisa mengakses data tersebut pada situs resmi instansi-instansi tersebut dan biasanya tinggal mendownload file CSV saja.

Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data


2. Contoh Data Sekunder

Data sekunder memiliki peran sebagai data source pendukung, yang terdiri dari dua jenis. Yaitu sumber data sekunder pertama yang berasal dari data hasil analisis data kamu orang lain, contohnya berupa jurnal, buku, artikel ilmiah, dan laporan. Sedangkan sumber data sekunder yang kedua berasal dari data-data administratif di instansi-instansi pemerintahan atau kelembagaan contohnya adalah data yang berasal dari lembaga seperti sekolah, rumah sakit, perguruan tinggi, lembaga pemerintahan, BPS, laporan perusahaan, dan lain sebagainya. Data-data tersebut bisa bermacam-macam juga bentuknya bisa, audio, video, gambar, ataupun artikel. Atau biasanya untuk lembaga pemerintahan berupa arsip-arsip, dan catatan internal instansi.


3. Keunggulan dan Kelemahan Data Sekunder

Segala sesuatu pasti memiliki keunggulan dan kelemahan begitu pula dengan data sekunder. Oleh karena itu, akan sangat baik jika kamu mengetahui dan memahami apa keunggulan dan kelemahan dari data sekunder. Untuk itu, pada poin ketiga ini kami akan membahasnya. Keunggulan data sekunder adalah kemudahan dalam mengaksesnya, sumber data sekunder sangat mudah diakses apalagi saat ini sudah eranya internet, hanya tinggal mengklik data sudah bisa kamu akses. Yang kedua, hemat waktu dan biaya karena mayoritas sumber data sekunder benar-benar gratis untuk digunakan atau biayanya yang cukup rendah jika dibandingkan dengan sumber data primer.


Namun, disamping keunggulan-keunggulan yang dimiliki data sekunder terdapat kelemahannya juga antara lain, mungkin tidak relevan dengan kebutuhan analisis data kamu kamu saat ini karena data yang tersedia itu berdasarkan masa lalu, kemudian kamu juga tidak memiliki kendali atas kualitas data tersebut untuk itu kamu perlu melakukan evaluasi kembali data tersebut, selain itu juga data sekunder sering menimbulkan bias yang mungkin tidak mencakup kebutuhan analisis data kamu kamu saat ini. Oleh karena itu, data primer dan sekunder sebenarnya saling melengkapi dan sama-sama penting untuk proses analisis data kamu.

Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif

4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi.

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Rian Tineges

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!