DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 21 Jam : 28 Menit : 14 Detik

Apa itu Data Scientist Beserta Role nya di Perusahaan?

Belajar Data Science di Rumah 26-Januari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ceb3fbdc9609fd6435e15ae083f139d2_x_Thumbnail800.jpg

Apa itu data scientist dan mengapa baru sering diperbincangkan sekarang-sekarang ini ? Data scientist merupakan profesi multidisiplin yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis dan menafsirkan data dalam skala besar yang berfokus pada bidang teknologi informasi. Lalu alasan profesi ini baru diperbincangkan sekarang-sekarang ini adalah karena dulu tools nya belum cukup mendukung baik itu dari segi teknologi dan data, sementara untuk algoritma dan teorinya sudah ada sejak dulu. Internet sendiri mulai booming sejak tahun 2005 dimana pengguna internet di dunia mencapai 1 milyar, dan lima tahun kemudian data kian mengalami pembengkakan hingga mencapai 20 Exabyte per bulan. Bahkan sebuah studi mengatakan bahwa di tahun 2017 sebanyak 90% data di dunia dihasilkan hanya dalam kurun waktu 2 tahun terakhir. Oleh karena itu, berdasarkan teknologi, perkembangan data dan algoritma yang tadinya belum cukup mumpuni untuk melakukan data science, sekarang sudah sangat compatible. Sehingga memunculkan peluang baru untuk para pelaku bisnis dengan cara menggunakan 3 hal tadi untuk mendukung pengambilan keputusan yang baik. Hal ini membuat kebutuhan akan sumber daya manusia yang menguasai ketiga hal tersebut meningkat dan mereka itu merupakan seorang data scientist.


Untuk itu seorang data scientist harus memiliki pemahaman konsep dasar data mining, kemampuan bahasa pemrograman, pemahaman algoritma machine learning, teknik memvisualisasikan data yang efektif, dan yang terpenting adalah harus memiliki rasa keingintahuan yang tinggi dan pantang menyerah, karena seorang data scientist harus sering melakukan trial and error untuk menemukan algoritma yang paling optimal untuk setiap data yang sedang dianalisa. Artikel ini akan membahas 3 role data scientist di perusahaan, yuk kita pelajari bersama-sama.


1. Melakukan Analisis dan Riset Data Perusahaan

Role utama seorang data scientist adalah melakukan analisis data dengan menggali pola tersembunyi dibalik sekumpulan data agar menghasilkan sebuah insight yang dapat bermanfaat bagi kelangsungan bisnis suatu perusahaan. Dalam perusahaan  seorang data scientist akan melakukan riset terhadap permasalahan  yang dihadapi terlebih agar dapat memahami gambaran masalah bisnis yang sedang dihadapi. Setelah itu data scientist akan mulai proses analisa data dengan melakukan query data dengan SQL atau jika perusahaan skala besar menggunakan Hadoop dan Hive untuk mengambil data yang besar. Melakukan proses cleaning data agar terhindar dari missing value ataupun noisy. Kemudian melakukan visualisasi data dengan tools Tableau, PowerBi atau menggunakan package dan library yang tersedia di python dan R. Hal ini dilakukan untuk melihat summary data yang telah dianalisis.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Bertanggung Jawab atas Kualitas Data di Perusahaan

Role yang satu ini berkaitan erat dengan role sebelumnya yaitu analisis data. Tugas seorang data scientist adalah untuk memastikan data yang akan digunakan itu harus bersih dan terhindar dari missing value ataupun noisy yang dapat menimbulkan bias pada hasil analisis data yang akan dilakukan. Upaya data scientist dalam menjaga kualitas data adalah dengan melakukan data preparation yang mencakup proses cleaning, transform, selection, normalize data dan sebagainya disesuaikan dengan kondisi data itu sendiri. Jika kondisi data sudah baik maka ada beberapa step data preparation yang tidak diperlukan.


3 . Sebagai Pendukung Keputusan Bisnis

Goals dari seorang Data Scientist di perusahaan adalah untuk menghasilkan insight baru dan membaca pola-pola tersembunyi di balik data yang dimiliki suatu perusahaan terkait, yang mana hal ini akan digunakan sebagai alat pendukung keputusan di suatu perusahaan. Misalnya, berangkat dari bidang e-commerce peran Data Scientist untuk menggali data berdasarkan kebiasaan-kebiasaan konsumen ketika mereka melakukan pencarian produk, biasanya produk apa yang sering mereka cari. Dari pola-pola tersebut dapat dijadikan sebuah informasi yang dapat mendukung keputusan suatu perusahaan untuk memberikan rekomendasi produk seperti apa kepada konsumen tersebut.


Contoh lainnya, dari bidang travel. Informasi yang dihasilkan oleh Data Scientist dapat digunakan untuk mendukung keputusan suatu perusahaan dalam melakukan segmentasi konsumen, dimana konsumen akan dikategorikan menjadi kelompok-kelompok berbeda kemudian akan direkomendasikan layanan dengan harga berbeda-beda sesuai dengan kelompok-kelompok tersebut.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Yuk, Upgrade Skill Data Science Kamu Bersama DQLab Sekarang !!!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!



Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!