[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 14 Jam 55 Menit 56 Detik 

Apa Itu Data Scientist? Yuk, Kenali Lebih Dalam Profesi Terseksi Abad Ini!

Belajar Data Science di Rumah 13-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/daeb3515118cf7c458aab242cb7ecfa2_x_Thumbnail800.jpg

Data Scientist adalah profesi di bidang data yang bertanggung jawab mengolah data dengan metode ilmiah untuk memperoleh informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan. Pengolahan data yang dilakukan data scientist meliputi mengumpulkan data, memproses data, manipulasi data, hingga analisis data. Ilmu yang wajib dikuasai seorang data scientist yaitu matematika, statistik, komputer. Selain itu ilmu manajemen dan bisnis juga perlu dikuasai oleh seorang data scientist.  


Perkembangan teknologi yang semakin maju banyak memberikan dampak positif. Berbagai industri mulai memanfaatkan teknologi dalam mengembangkan bisnisnya. Kondisi kini disebut sebagai era revolusi industri 4.0. Perusahaan yang memanfaatkan teknologi dalam bisnisnya dapat selangkah lebih maju dari pesaingnya. Pelayanan yang diberikan juga lebih baik dan tentunya lebih responsif. Nah, kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai data scientist. Yuk, simak dibawah ini!


1. Mengapa Data Scientist Banyak Dicari?

Seperti yang sudah diketahui bahwa aktivitas kita hampir seluruhnya sudah memanfaatkan teknologi. Perusahaan-perusahaan menggunakan teknologi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi customer dan juga meningkatkan performa bisnisnya. Teknologi yang digunakan tentu terhubung dengan data yang akan terus bertumpuk setiap harinya. Perusahaan menyadari bahwa data dapat dimanfaatkan untuk memperoleh informasi yang berguna. Nah, untuk melakukan hal tersebut dibutuhkan praktisi data seperti data scientist. Data scientist bertanggung jawab dalam mengolah data yang meliputi mengumpulkan, memproses, memanipulasi, hingga melakukan visualisasi data untuk memperoleh informasi yang berguna. Informasi tersebut mempengaruhi proses pengambilan keputusan dalam meningkatkan performa bisnis di perusahaan. Data scientist menggunakan berbagai algoritma, metode, model, dan tools dalam proses pengolahan data. Karena keahlian dan peran data scientist yang sangat berpengaruh dalam bisnis, banyak perusahaan yang membuka lowongan untuk profesi data scientist sehingga tidak sulit untuk orang yang mendalami profesi ini untuk mendapatkan pekerjaan. 

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Kebutuhan Data Scientist Di Indonesia

Tingginya permintaan data scientist di Indonesia tak dapat dipungkiri. Melihat role data scientist yang penting dalam perusahaan, menjadikan profesi ini banyak diminati. Data scientist juga digadang menjadi profesi terseksi abad ini yang mana sangat menjanjikan bahkan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Namun kebutuhan data scientist di Indonesia belum tercukupi. Seorang data scientist dituntut untuk dapat berpikir kritis dan memiliki problem solving yang baik. Talent-talent data harus memiliki kemampuan tersebut agar menjadi data scientist yang ahli. Oleh karena itu data scientist masih menjadi profesi yang paling banyak dicari karena masih dibutuhkan di berbagai industri. Para calon talent data diharapkan dapat menjadi data scientist yang handal agar kebutuhan data scientist di Indonesia terpenuhi dan Indonesia semakin maju dalam teknologinya. 

3. Beralih Profesi Menjadi Data Scientist, Kenapa Tidak?

Menjadi seorang Data Scientist tidak harus mempunyai latar belakang IT. Siapapun bisa belajar untuk menjadi data scientist. Ilmu matematika dan statistik yang wajib dikuasai data scientist adalah ilmu umum yang dipelajari banyak orang. Begitu juga dengan ilmu komputer yaitu pemahaman dalam pemrograman atau coding wajib dikuasai. Coding bisa dipelajari oleh siapa saja dan dimana saja. Sudah banyak kursus online yang memberikan fasilitas belajar dengan kurikulum yang terstruktur sehingga memudahkan pemula dalam belajar. Dari proses belajar tersebut, mulailah membangun portofolio data yang menarik agar perusahaan tertarik dengan kemampuan kamu saat melamar posisi sebagai data scientist. 

Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar

4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Dita Kurniasari

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!