Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Apa Itu Data Scientist? Yuk, Kenalan Dengan Profesi Yang Menawarkan Gaji Tinggi!

Belajar Data Science di Rumah 16-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1a06d47460e5367e2796ce33df604513_x_Thumbnail800.png

Data Scientist adalah salah satu profesi yang paling dicari dan diminati saat ini. Era Big Data kini membutuhkan tenaga praktisi data yang handal agar dapat mengolah data dengan baik untuk mendapatkan insight yang berguna. Selain itu profesi data scientist juga menawarkan gaji yang tinggi. 


Profesi data scientist yang menawarkan peluang karir yang cukup menjanjikan ini menjadi salah satu alasan banyak orang mulai belajar data science dan mengenal profesi data scientist. Tidak hanya yang sudah berkecimpung di bidang IT, tetapi banyak juga di luar bidang IT yang mulai belajar dan membangun karir sebagai data scientist. Apa itu data scientist dan apa saja yang wajib diketahui jika ingin menjadi data scientist? Yuk simak pembahasannya bersama DQLab!


1. Role Data Scientist

Ada beberapa profesi di bidang data, salah satunya yang paling dicari adalah data scientist. Data Scientist bertugas mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data untuk mendapatkan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan sebuah perusahaan atau instansi. Misalnya untuk menentukan strategi bisnis kedepannya dengan melihat hasil penjualan, persebaran produk di cabang tertentu, dan sebagainya. Peran data scientist cukup krusial karena harus berhadapan dengan banyak data dan harus mampu mengolahnya dengan metode yang tepat. Jika tidak, maka ada kemungkinan hasil analisis yang disimpulkan menjadi tidak relevan. Tentunya ini akan merugikan bagi perusahaan. Sehingga perlu ketelitian dan pemahaman yang baik dalam profesi ini.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Skill Yang Wajib Dikuasai

Setiap profesi tentu ada skill yang wajib dikuasai. Untuk menjadi data scientist, skill yang wajib dikuasai yaitu matematika, statistik, dan pemrograman. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, data scientist bertugas mengolah data. Data yang diolah bisa berupa data numerik atau non numerik. Kemampuan matematika dan statistik diperlukan untuk mengolah data agar dapat dianalisis. Sedangkan kemampuan programming membantu pekerjaan tersebut lebih efisien dan akurat. Dalam perhitungan matematika atau statistik dalam mengolah data yang sangat banyak akan memakan waktu yang lama dan kadang terjadi kesalahan perhitungan. Maka dengan programming, akan sangat membantu komputasi lebih cepat dan minim kesalahan. 


3. Tips Memulai Karir Sebagai Data Scientist

Siapa saja bisa menjadi data scientist, baik yang sudah terjun di bidang IT maupun yang belum. Mulai belajar untuk menjadi data scientist kini tidaklah sulit. DQLab merupakan platform belajar online mengenai data science yang dapat menjadi jembatan bagi yang ingin menjadi data scientist. Dengan modul yang terstruktur dan fitur job connector, kamu bisa mulai membangun karir sebagai data scientist. Mulailah mengeksplorasi berbagai jenis data untuk diolah dengan macam-macam metode yang digunakan dalam data science. Buat analisis untuk data yang sudah diolah. Tuangkan hasil pekerjaan tersebut sebagai portofolio datamu. Portofolio data akan menarik recruiter dan bisa menjadi awal dalam membangun karir sebagai data scientist.

Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar

4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

    Penulis : Dita Kurniasari

    Editor : Annissawd


    Postingan Terkait

    Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!