FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 8 Jam 18 Menit 19 Detik 

Apa Itu Machine Learning Model?

Belajar Data Science di Rumah 22-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d5745598e8e4e98117fc8ad70da0ce60_x_Thumbnail800.jpeg

Machine Learning merupakan salah satu bukti dari perkembangan teknologi yang semakin maju. Perkembangan teknologi termasuk dengan adanya digitalisasi membuat kemudahan dalam berbagai aspek di kehidupan manusia. Banyak hal yang berubah pada aktivitas yang dilakukan oleh manusia baik dalam di segi primer maupun sekunder.


Machine Learning merupakan teknologi yang memungkinkan mesin untuk membuat keputusan secara otomatis dengan menggunakan cara berpikir manusia. Layaknya seperti manusia, mesin ini perlu melalui proses pembelajaran terlebih dahulu dengan menggunakan data-data yang sudah ada sebelumnya agar bisa menemukan pola yang tepat. Dengan mengikuti pola inilah kemudian mesin bisa membuat keputusan. Salah satu hal yang pasti akan ditemui dalam Machine Learning adalah Machine Learning model. Nah, dalam artikel ini kita akan banyak membahas hal-hal yang berkaitan dengan Machine Learning model. Yuk, simak pembahasannya!


1.Mengenal Machine Learning Model

Machine Learning

Machine Learning model adalah program yang dapat digunakan untuk menemukan pola yang sebelumnya tidak terlihat atau membuat keputusan dari kumpulan data. Contohnya bisa kita dalam Natural Language Processing (NLP), Machine Learning model dapat mengurai dan juga menangkap maksud di balik kalimat atau kombinasi kata yang sebelumnya tidak pernah terdengar dengan benar. 


Dalam pengenalan gambar, Machine Learning model dapat diajarkan untuk mengenali objek, misalkan seperti mobil atau anjing. Untuk dapat melakukan tugas seperti itu, kita harus membuat Machine Learning model 'dilatih' dengan kumpulan data yang besar melalui proses training. Selama proses training, algoritma pembelajaran mesin akan dioptimalkan untuk menemukan pola atau output lain tergantung dari tugasnya menggunakan dataset yang digunakan. Output dari proses ini sering berupa program komputer dengan aturan dan struktur data tertentu, atau yang biasa dikenal dengan Machine Learning model.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2.Mengenal Algoritma Machine Learning

Machine Learning

Banyak orang yang menganggap bahwa Machine Learning model dengan algoritma Machine Learning merupakan hal yang sama. Meskipun keduanya terus saling bersinggungan, namun ada perbedaan di antara kedua hal ini. Jika pada poin sebelumnya sudah mendapatkan gambaran mengenai Machine Learning model, maka di poin ini kita akan fokus di algoritma Machine Learning.


Algoritma Machine Learning merupakan metode matematika yang bisa digunakan untuk menemukan pola dalam sekumpulan data. Perhitungan yang digunakan dalam Algoritma Machine Learning sering diambil dari beberapa ilmu yang berhubungan dengan matematika seperti statistik, kalkulus, dan aljabar linier. Berikut ini adalah contoh algoritma Machine Learning yang populer digunakan, seperti Regresi Linier, Decision Tree, Random Forest, dan XGBoost.


3. Apa Itu Model Training dalam Machine Learning

Machine Learning

Dalam proses pembuatan Machine Learning model, tentu tidak akan lepas dari proses training. Training model dalam Machine Learning merupakan proses untuk menjalankan algoritma Machine Learning untuk mengolah dataset yang sudah dibagi menjadi data training dan mengoptimalkan algoritma untuk menemukan pola atau output tertentu. Fungsi yang dihasilkan dengan menggunakan aturan dan struktur data inilah yang kemudian disebut sebagai trained Machine Learning model (model Machine Learning yang sudah terlatih).


4.Perbedaan Machine Learning Model

Machine Learning

Dalam Machine Learning terdapat 3 kelompok algoritma yang bisa digunakan, yaitu Supervised Learning, Unsupervised Learning, dan Reinforcement Learning. Namun karena algoritma Reinforcement Learning melakukan proses training dan testing secara bersamaan, maka kali ini kita akan fokus untuk melihat perbedaan dari model dari algoritma Supervised Learning dan Unsupervised Learning.


Ada banyak sekali model Machine Learning hingga saat ini. Menariknya, hampir semuanya akan berdasarkan pada algoritma Machine Learning tertentu. Misalnya saja, algoritma klasifikasi dan regresi yang cukup populer ternyata merupakan bagian dari Supervised Learning, sementara algoritma clustering merupakan bagian dari algoritma Unsupervised Learning


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Pemanfaatan Machine Learning dalam kehidupan sehari-hari bukanlah hal yang bisa kita pungkiri. Adanya Machine Learning tidak hanya memberikan manfaat bagi para pemilik bisnis, namun juga bisa meringankan pekerjaan kita sebagai masyarakat biasa.


Agar tidak tertinggal dan bisa mengikuti perkembangan zaman, kita juga harus terus mengupgrade diri. Salah satunya adalah dengan mempelajari Machine Learning. Tenang, kamu tidak perlu pusing-pusing lagi mencari tempat belajar karena DQLab juga menyediakan modul yang membahas tentang Machine Learning, yaitu modul “Machine Learning with Python for Beginning”. 


Yuk, tunggu apa lagi? Sign up, dan belajar Machine Learning sekarang juga!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :