Raih Beasiswa & Jadi Data Analyst untuk Petinggi Perusahaan di Indonesia

Apa Itu Machine Learning Model?

Belajar Data Science di Rumah 10-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b7c58de42f8fe4e42186f6dab59b840b_x_Thumbnail800.jpeg

Salah satu teknologi AI yang sudah cukup terkenal yaitu Machine Learning semakin berkembang setiap harinya. Perkembangan ini ditandai dengan adanya digitalisasi yang membuat kemudahan dalam berbagai aspek di kehidupan kita. Banyak sekali hal yang cukup berubah pada aktivitas yang dilakukan oleh kita baik dalam hal primer maupun hal sekunder. 


Machine Learning ini adalah ilmu yang memungkinkan sebuah mesin untuk membuat sebuah keputusan secara otomatis dengan menggunakan cara berpikir layaknya manusia. Seperti manusia pada umumnya, mesin ini harus melalui proses belajar sebelumnya dengan menggunakan data-data yang sudah ada sebelumnya agar bisa menemukan pola yang tepat. Nah dengan cara mengikuti pola, mesin dapat membuat sebuah keputusan dengan sendirinya. Salah satu hal yang bisa kalian temui dalam machine learning ini adalah machine learning model. Dalam artikel yang kita bahas kali ini akan membahas hal-hal yang berkaitan dengan machine learning model, jadi tunggu apalagi yuk kita simak bersama!


1. Machine Learning Model

Machine Learning Model adalah program komputer yang biasa digunakan untuk mengenali pola dalam data ataupun membuat sebuah prediksi. Machine learning model ini dibuat dari algoritma machine learning, yang dilatih menggunakan data berlabel, tidak berlabel, maupun yang menggunakan data campuran. Algoritma machine learning juga memiliki beberapa perbedaan tergantung dari tujuannya seperti pada pemodelan klasifikasi atau prediksi, jadi seorang data scientist menggunakan algoritma yang berbeda-beda sebagai dasar untuk model-model yang berbeda juga. Pada saat data dimasukkan ke dalam algoritma tertentu, data tersebut akan dimodifikasi untuk mengelola tugas tertentu dengan lebih baik dan menjadi model machine learning. 


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Algoritma Machine Learning

Banyak orang menganggap bahwa machine learning model ini dengan algoritma machine learning adalah hal yang sama. Walaupun kedua hal tersebut terus saling bersinggungan, tetapi ada perbedaan diantara keduanya. Karena sebelumnya kita sudah membahas tentang machine learning model, nah sekarang kita akan fokus membahas apa sih algoritma machine learning.


Algoritma Machine Learning adalah metode matematika yang biasa digunakan dalam menemukan pola di dalam sekumpulan data. Nah perhitungan yang digunakan dalam algoritma ini sering diambil dari beberapa ilmu yang memiliki hubungan dengan matematika seperti halnya statistik, kalkulus, dan juga terdapat aljabar liniear.


3. Bagaimana Membuat Machine Learning Model

Machine learning dibuat berdasarkan algoritma dengan salah satu data berlabel, tidak berlabel, maupun menggunakan data campuran. Hasilnya akan terbuat tiga cara utama untuk melatih dan juga menghasilkan algoritma machine learning yaitu yang pertama ada supervised learning, jadi supervised learning ini adalah metode machine learning yang ditentukan berdasarkan penggunaan kumpulan data berlabel. Kedua ada Unsupervised learning, unsupervised learning adalah pembelajaran dengan menggunakan machine learning untuk menganalisis dan mengelompokkan kumpulan data yang tidak memiliki label. Ketiga ada reinforcement learning, model machine learning ini mirip dengan supervised learning, tapi algoritma di dalamnya tidak dilatih dengan menggunakan data sampel ataupun data training.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


4. Model Training dalam Machine Learning

Nah di dalam proses pembuatan machine learning model, pastinya diperlukan proses yang dinamai dengan proses training machine learning. Training model dalam machine learning ini adalah proses untuk menjalankan sebuah algoritma machine learning untuk dapat mengolah dataset di dalamnya yang sudah terbagi menjadi data training dan mengoptimalkan algoritma untuk menemukan pola maupun output tertentu. Fungsi ini akan menghasilkan sebuah aturan dan juga struktur data yang disebut dengan trained machine learning model.


Gimana sahabat DQ? Ngga perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang machine learning sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning” Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Machine Learning


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!



Berikan Penilaian Kamu

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :