PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 21 Jam 54 Menit 24 Detik 

Apa Itu SQL Server dan Serba Serbinya

Belajar Data Science di Rumah 12-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/24dd2d66deb48511c8da7808200ba908_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft SQL Server sebuah aplikasi desktop yang berbasis server yang memiliki sifat client atau server. Dalam didunia profesi khususnya dibidang Data Analyst, Data Scientist dan sebagainya SQL server dibutuhkan karena bisa menampilkan dan memanipulasi data dan juga komponen didalam server ini memiliki fungsi untuk menyimpan, mengamankan, dan juga bisa untuk memanggil database. 


Microsoft  SQL Server ini berjenis RDBMS (Relational Database Management System) yang cukup banyak penggunanya, kenapa demikian? yang pertama software ini sangatlah fleksibel jadi bisa digunakan oleh segala jenis perangkat laptop ataupun pc ke jaringan server cloud dan lainnya. 


Dalam  artikel ini, kita akan kupas tuntas apa-apa saja yang harus kita ketahui mengenai Microsoft SQL Server tentang dimulai dari sejarahnya Microsoft SQL Server, apa itu SQL Server sampai sampai banyak orang yang menggunakannya dan juga kelebihan dan kekurangannya apa saja. 



1. Sejarah Microsoft SQL Server

sql

Sejarah Microsoft SQl Server dimulai pada tahun 1988 yaitu pada saat Microsoft mengeluarkan versi pertamanya SQL Server ini. Pada tahun tersebut desainnya hanya untuk platform OS/2 yang didevelop bersama dengan Sybase sebagai partner kerja Microsoft untuk pembuatan SQL Server.


Mulai tahun 1990an, Microsoft pun membuat versi baru dari SQL Servenya tersebut untuk platform NT-nya. Pada tahun 1993, Windows NT 3.1 dan juga SQL Server 4.2 diluncurkan oleh Microsoft untuk NT-nya. 


Target dari Microsoft telah terpenuhi dalam hal mengkombinasikan performa dari database yang tinggi dengan kemudahan penggunaan dan administrasinya melalui SQL Server ini. Lambat laun Microsoft semakin sukses dalam memasarkan SQl Server dan menjadikannya sebagai database server yang sangat terkenal dan pada saat tahun 1994 akhirnya Microsoft dan juga Sybase mengakhiri kerjasamanya secara resmi.


Tahun 1995 Microsoft meluncurkan versi 6.0 dari SQL Server. Versi ini menjadi versi yang cukup penting dikarenakan sebagian besar database adalah hasil tulis ulang dan juga redesain dari core teghnology dari sebelumnya.


Versi 6.0 menawarkan beberapa peningkatan pada performanya, built-in replicationnya dan juga administrasinya yang sudah tersentralisasi pada versi terbaru ini. Microsoft akhirnya merilis versi teranyarnya lagi pada tahun 1996 dengan versi 6.5 yang memiliki isi kemampuan tambahan dan juga fitur-fitur terbarunya.


Setahun setelah munculnya versi 6.5 tahun 1997, Microsoft merilis SQL Server 6.5 Enterprise Edition. Ditahun berikutnya tepatnya pada tahun 1998 Microsoft meluncurkan SQL Server 7.0 dengan database engine-nya ditulis ulang dengan tujuan untuk lebih optimal dalam penggunaannya. 


Pada akhirnya ditahun 2000 Microsoft meluncurkan SQL Server teranyar dengan Versi SQL Server 2000 dengan berbasis pada framework yang sudah ada pada versi sebelumnya yaitu versi 7.0.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Pengetian SQL Server

SQL

Setelah dijelaskan tentang sejarah dari Microsoft SQL Server terbentuk dan akhirnya rilis dengan versi terbaru yang sampai saat ini masih dipakai, nah sekarang kita masuk kedalam pengertian SQL Server itu sendiri.


Diawal tadi kita sudah menjelaskan bahwa Microsoft SQl Server ini termasuk kedalam jenis RDBMS yaitu sebuah sistem manajemen basis data yang sudah dikembangkan selama ini oleh Microsoft. SQl Server ini merupakan sebuah aplikasi database server yang memiliki sifat client/server. 


Mengapa demikian? karena komponen client ini memiliki fungsi untuk memanipulasi data dan juga menampilkan data, sedangkan komponen dari server ini memiliki fungsi untuk menyimpan, mengamankan, dan juga untuk memanggil database yang akan kita panggil. Di SQL Server yang menjadi bahasa utamanya tentu saja adalah SQL yang berfungsi untuk mengoperasikan semua database.


3. Kelebihan SQL Server

SQL

Salah satu kelebihan SQL Server yang cukup mencolok adalah bisa digunakan pada OS Windows di segala versi baik versi lawas seperti Windows XP ataupun versi terbarunya yaitu Windows 11 yang saat ini sudah banyak digunakan. Kenapa bisa dipakai di berbagai versi? Karena SQl Server ini aplikasi yang dibuat dan dikembangkan oleh Microsoft itu sendiri jadi versi lawas dan versi terbarunya bisa diinstall atau bisa dipakai.


SQL Server ini mempermudah para penggunanya untuk pekerjaan mengolah database karena SQL Server ini didukung banyak sekali software database, jadi para pengguna tidak perlu pusing jika tidak kompatibel dengan Microsoft SQL. SQL Server karena pengguna bisa memilih software database yang ingin digunakan.


Microsoft SQL Server ini juga memiliki fitur recovery dan juga restore data. Jadi ketika database kita mengalami kerusakan, dengan fitur ini kita bisa merecovery dan juga merestore data dengan mudah menggunakan Microsoft SQL Server ini, yang pada akhirnya bisa membantu memecahkan sebuah permasalahan dari sebuah database yang hilang ataupun yang mengalami kerusakan.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Kekurangan SQL Server

sql

Setelah kita melihat beberapa kelebihannya sekarang kita akan melihat apa saja kekurangan dari SQL Server ini.


Software ini memilihi harga jual yang cukup tinggi dan cenderung mahal dengan produk software lainnya. Tapi hal ini diwajarkan, karena jika kita lihat SQL Server banyak sekali kemudahan dan kegunaannya dan juga salah satu software yang kompeten pada bidang DBMS.


Selanjutnya adalah SQL Server ini tidak bisa multi platform jadi hanya bisa digunakan pada sistem windows itu saja tidak bisa menggunakan sistem operasi Mac, Ubuntu ataupun Linux.


SQL Server ini tidak cocok untuk skala database besar, jika kalian ingin database dengan skala yang cukup besar disarankan untuk menggunakan Oracle, karena Oracle memiliki performa yang cukup bagus dalam menjalankan sistem database skala yang cukup besar.


Nikmati trilogi modul Fundamental SQL menarik  lainnya bersama DQLab. Tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa belajar ngoding meskipun belum familiar dengan bahasa pemrograman sekalipun.


Belajar SQL adalah langkah yang tepat untuk membangun pembiasaan kamu untuk ngoding dan semakin memperkaya skill data science kamu. Yuk, Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!


Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :