PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 12 Jam 11 Menit 42 Detik 

Apa Itu SQL Server? Yuk Kulik Kelebihan dan Kekurangannya

Belajar Data Science di Rumah 29-Mei-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e233982fbe90c6d95f357d0745add915_x_Thumbnail800.jpg

SQL (Structured Query Language) digunakan untuk berkomunikasi dengan database. SQL menjadi salah satu skill yang diperlukan oleh berbagai profesi di industri data seperti Data Analyst, Data Scientist, Database Administrator, Data Engineer dan sebagainya. Skill satu ini memiliki beragam fungsi yang bisa membantu pekerjaan praktisi data. Beberapa sistem manajemen basis data relasional umum yang menggunakan SQL adalah Oracle, Sybase, Microsoft SQL Server, Access, Ingres dan sebagainya.


Salah satunya adalah Microsoft SQL Server. Software jenis RDBMS (Relational Database Management System) ini cukup sering digunakan penggunanya, karena pemakaiannya yang fleksibel dapat digunakan dari jenis laptop manapun ke jaringan server cloud dan lain-lain. Perkembangannya pun cukup menjanjikan mulai dari versi SQL Server 1.0 yang pertama dirilis dan hingga saat ini.


Di artikel kali ini, kita akan membahas tentang SQL Server, dimana pada artikel ini akan mencoba menjelaskan dan menjabarkan secara ringkas apa itu SQL Server, membahas fungsi SQL Server serta seperti apa kelebihan dan kekurangan software milik perusahaan Microsoft ini.


1. Pengertian SQL Server

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Microsoft SQL Server adalah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) yang dikembangkan oleh Microsoft. Sebagai aplikasi database server, SQL Server merupakan produk perangkat lunak yang bersifat client/server. Alasannya karena memiliki komponen client yang berfungsi menampilkan dan memanipulasi data, serta komponen server yang berfungsi menyimpan, memanggil, dan mengamankan database.


SQL Server menggunakan SQL sebagai bahasa utama dalam mengoperasikan database. SQL Server juga memiliki banyak edisi yang bisa digunakan sesuai kebutuhan, diantaranya:

Edisi

Fungsi

Parallel Data Warehouse

Menggunakan metode Massively Parallel Processing (MPP) yang memungkinkan pengeksekusian query untuk dalam jumlah yang sangat banyak dengan cepat.

Enterprise

Digunakan dalam bisnis kritis kelas atas, skala besar, dan misi.

Business Intelligence

Serupa SQL Server Standard ditambah fitur Business Intelligence.

Standard

Sangat cocok untuk aplikasi tingkat menengah dan Data Mart. Termasuk untuk pelaporan dasar dan analitik.

Express

Digunakan untuk aplikasi skala kecil dan gratis untuk digunakan.

Compact

SQL server edisi gratis yang stand-alone, biasa digunakan untuk aplikasi mobile.

Developer

SQL server untuk para developer, memiliki semua fitur namun tidak bisa digunakan pada sebuah server production.

Web

Dirancang untuk opsi total biaya kepemilikan yang rendah untuk host Web.

Microsoft Azure SQL Database

Memungkinkan untuk mengambangkan sebuah database aplikasi berbasis cloud.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Fungsi SQL Server dalam Database Management System

SQL

Sebagai salah satu jenis server database, tentunya keberadaan Microsoft SQL Server ini memiliki fungsi yang vital dalam dunia management database. Sesuai dengan namanya software ini melakukan pengelolaan database dengan menggunakan query atau perintah SQL. Selain itu, SQL server juga digunakan sebagai alat built-in intelijen bisnis dan membantu dalam analisis dan pelaporan

Fungsi-fungsi ini juga sangat lekat dengan aktivitas dalam dunia pemrograman, oleh karenanya banyak developer atau programmer yang memakai Microsoft SQL Server. Meskipun tidak di semua bahasa pemrograman namun keberadaan Microsoft SQL Server juga sangat membantu dalam pengembangan program atau aplikasi yang menggunakan server database. Salah satu fitur lain yang dicari dari Microsoft SQL Server adalah kemampuannya dalam membuat mirroring dan clustering basis data.


3. Kelebihan dari SQL Server

SQL

SQL Server dapat digunakan pada OS Windows di segala versi mulai dari Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 hingga Windows versi terbaru. Hal ini wajib karena mengingat SQL Server merupakan aplikasi yang dikembangkan sendiri oleh Microsoft.

SQL Server juga mendukung banyak sekali software database, yang menjadi keuntungan bagi penggunanya dalam mempermudah pekerjaan mengolah database. Pengguna dapat menggunakan software database apapun yang ingin digunakan, tanpa perlu khawatir tidak akan kompatibel dengan Microsoft SQL Server.

Salah satu fitur SQL Server yang sering digunakan oleh penggunanya, yaitu dapat membantu melakukan pembuatan dari clustering data. Clustering data ini merupakan salah satu hal yang dapat membantu mempermudah pekerjaan dari management basis data atau database, sehingga data-data yang akan diolah menggunakan Microsoft SQL Server ini akan menjadi lebih mudah untuk diimplementasikan, karena dapat terbagi menjadi beberapa cluster.


4. Kekurangan dari SQL Server

SQL

Selain memiliki kelebihan, SQL Server ternyata juga memiliki beberapa kekurangan.

Harga jual software miliki Microsoft ini memang terbilang tinggi dan mahal dibandingkan dengan software lainnya. Namun hal ini cukup wajar, melihat SQL Server merupakan salah satu software yang kompeten di bidang DBMS.

Kekurangan lainnya dilihat dari penggunaannya yang hanya dapat bekerja pada sistem operasi Windows. Bagi kamu yang menggunakan sistem operasi Mac, Linux maupun Ubuntu, tidak bisa menggunakan SQL Server karena aplikasi ini belum mendukung multi OS.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Nah, kalian pasti sudah dapat memahami seberapa penting SQL dalam ilmu Data Science. Namun, apabila kalian ingin belajar menjadi suatu profesi data, kalian tidak hanya mempelajari SQL saja, masih banyak lagi materi seputar data yang perlu kalian kuasai. 


Kalian bisa mempelajari materi lengkapnya dengan sign up di DQLab.id, lalu kalian dapat langsung mengerjakan modul-modul SQL seperti "Fundamental SQL using SELECT Statement" untuk memahami bahasa SQL dan Sistem Database Relasional agar dapat mengolah data di Perusahaan Yang Sudah Menerapkan Sistem IT!


Tunggu apalagi? Ayo bergabung bersama DQLab dan dapatkan materi lengkap seputar Data Science!


Penulis: Salsabila MR

Editor:  Annisa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :