GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 12 Menit 44 Detik 

Apa Saja Dasar Ilmu Data Science?

Belajar Data Science di Rumah 28-Juni-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1a27c1b5ca271249e162b829ba2b5b88_x_Thumbnail800.jpg

Kecanggihan teknologi yang semakin dan terus berkembang saat ini membuat kita secara langsung maupun tidak langsung berkenalan dengan banyak hal baru. Kita mulai beradaptasi dengan teknologi, cara menggunakannya, output dari kecanggihan teknologi, dan lain-lain. Hal ini tidak hanya dirasakan dan berdampak bagi individu saja, akan tetapi juga berdampak pada perusahaan besar, salah satunya dalam bagian pengolahan data. Pengolahan data yang besar memerlukan ilmu data science, saat ini pun banyak orang yang mulai belajar data science otodidak. 


Data science merupakan ilmu yang khusus mempelajari tentang data terutama dalam skala besar atau yang biasa dikenal dengan big data. Hampir sebagian besar perusahaan membutuhkan orang yang menguasai data science. Orang yang menerapkan ilmu data science disebut data scientist. Secara umum data scientist bertugas mengolah data dalam jumlah besar menggunakan algoritma tertentu sehingga menghasilkan informasi dari data tersebut yang dapat menjadi insight bagi perusahaan untuk kemajuan perusahaan tersebut. Seorang data scientist pun tentunya harus memahami ilmu-ilmu dasar data science. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak artikel di bawah ini!


1. Konsep Matematika dan Statistika

Matematika merupakan ilmu yang mempelajari tentang bilangan dan operasi-operasi pada bilangan. Matematika memiliki cabang ilmu yang banyak, beberapa diantaranya adalah kalkulus, aljabar linear, geometri, statistik, dan masih banyak lainnya. Matematika dapat berkolaborasi dengan berbagai macam bidang ilmu seperti fisika, kimia, dan salah satunya adalah data science. Selain ilmu matematika, ilmu statistika juga berperan penting dalam dunia data. Kita dituntut paling tidak memahami ilmu statistik dasar terlebih dahulu, namun dalam penerapannya antara ilmu matematika dan statistika berjalan beriringan.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Pemrograman untuk Pengolahan Data

Ilmu dasar data science selanjutnya adalah mengenali dan memahami bahasa pemrograman terutama yang berkaitan dengan pengolahan data. Kemampuan pemrograman atau coding harus kita pahami setidaknya pada tingkat dasar. Proses programming ini akan digunakan untuk memberi instruksi atau perintah ke dalam perangkat komputer untuk menjalankan satu demi satu proses analisis sampai dengan proses visualisasi. Pada umumnya seorang data scientist pun tidak hanya memahami satu bahasa pemrograman saja, akan tetapi diiringi dengan bahasa pemrograman pendukung lainnya.


3. Machine Learning

Machine learning merupakan salah satu cabang teknologi dari Artificial Intelligence (AI) yang cukup menarik perhatian. Machine learning merupakan sebuah mesin pembelajar yang dapat mempelajari data dan melakukan tugas-tugas tertentu. Machine Learning memiliki tiga algoritma yaitu supervised learning, unsupervised learning dan deep learning. Algoritma machine learning ini nantinya akan kita gunakan untuk memudahkan proses pemecahan solusi bagi data yang akan kita analisis sesuai dengan tujuan pengolahan data tersebut. 


4. Pemahaman Bisnis dan Visualisasi Data 

Penggunaan data science di era transformasi digital kini dibutuhkan oleh pebisnis atau perusahaan tertentu. Oleh karena itu pemahaman bisnis menjadi salah satu ilmu dasar yang dibutuhkan dalam data science. Data science diterapkan dalam proses analisis data perusahaan. Dengan memiliki pemahaman bisnis terkait dengan baik, maka kita pun dapat mudah dalam mengimplementasikannya di proses analisis kita. Selain itu, kita juga perlu memahami ilmu visualisasi data yang nantinya akan kita gunakan setelah proses analisis data telah selesai sehingga penyampaian hasil analisis dapat mudah dipahami dan diterima oleh pihak terkait.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Yuk, Kita Mulai Rintis Karir Data Science dari Sekarang!

Profesi Data Scientist di era transformasi teknologi kini menjadi profesi yang populer. Siapa saja dan dari mana saja latar belakang pendidikannya dapat berkarir menjadi data scientist. Kita dapat memulai belajar otodidak atau melalui kursus data science baik online maupun offline. Oleh karena itu untuk mengetahui lebih lanjut terkait data scientist kita dapat mempelajarinya di DQLab lohh. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab.id/signup dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mengakses module gratis dari R, Python atau SQL!


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!