2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 12 Jam 51 Menit 6 Detik

Apa Saja Kegunaan Python dalam Transformasi Digital?

Belajar Data Science di Rumah 10-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-01-2024-05-11-093515_x_Thumbnail800.jpg

Bukan rahasia lagi jika Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling populer beberapa tahun terakhir. Syntax yang sederhana dan mudah dibaca, membuatnya cocok untuk berbagai kebutuhan. Terlebih di era digital seperti sekarang, banyak industri atau perusahaan yang ingin mengotomatisasi proses bisnis atau menganalisis data agar bisa menyusun strategi yang lebih efektif. Lalu, apa saja kegunaan Python di era digital? Simak pada pembahasan berikut!


1. Data Analyze

Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang populer dalam analisis data karena mudah dipelajari dan digunakan. Python menawarkan berbagai library yang kuat untuk analisis data, termasuk NumPy untuk komputasi numerik, Pandas untuk manipulasi data dan analisis, Matplotlib dan Seaborn untuk visualisasi data, serta Scikit-learn untuk pemrosesan data dan machine learning.


Selain itu, Python juga mendukung pemrograman berorientasi objek dan fungsional, sehingga kalian bisa membuat code yang rapi, mudah dimengerti, dan diperbaiki. Python juga terus berkembang sebagai salah satu bahasa utama dalam analisis data, sehingga kalian bisa mengeksplorasi, menganalisis, dan memahami pola-pola dalam kumpulan data yang besar dan kompleks.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


2. Web Development

Python berperan penting dalam pengembangan web melalui framework seperti Django dan Flask. Django menyediakan alat yang lengkap untuk membangun situs web dan aplikasi web yang scalable dan aman. Dengan dukungan untuk manajemen database, otentikasi pengguna, routing URL, dan templating HTML, Django membantu kalian supaya bisa mempercepat proses deployment dan mengurangi waktu untuk mengatasi masalah infrastruktur. Sementara Flask, yang lebih ringan dan fleksibel, menyediakan pendekatan yang lebih modular sehingga lebih cocok untuk membangun aplikasi web yang lebih sederhana.


Selain itu, Python juga digunakan dalam pengembangan web melalui kerangka kerja lainnya seperti Pyramid, web2py, dan Tornado, yang masing-masing menawarkan pendekatan dan fitur yang unik. Kemampuannya berintegrasi dengan teknologi lain, seperti database relasional dan non-relasional, serta layanan cloud, membuat Python menjadi pilihan yang populer untuk pengembangan aplikasi web.


3. Mobile Application Development

Python dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi mobile melalui kerangka kerja seperti Kivy, BeeWare, dan beberapa alat lainnya. Kivy, sebagai kerangka kerja open-source Python, membantu untuk membuat aplikasi mobile lintas platform dengan antarmuka pengguna yang responsif dan menarik. Dengan dukungan untuk input multi-touch, animasi, dan grafik 2D/3D, framework ini membantu membangun aplikasi mobile yang kaya fitur dengan cepat dan efisien.


Sedangkan BeeWare menyediakan tools yang membantu pengembangan aplikasi mobile menggunakan Python, seperti Toga untuk pembuatan antarmuka pengguna lintas platform, Batavia untuk mengeksekusi kode Python di browser web, dan Briefcase untuk mengemas aplikasi Python menjadi aplikasi native di berbagai platform mobile.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


4. IoT Technology

Python juga berperan untuk pengembangan Internet of Things (IoT) karena keandalannya, fleksibilitas, dan dukungan yang luas dari berbagai perangkat keras dan platform. Python membantu kalian dengan mudah menghubungkan perangkat fisik ke internet dan membuat aplikasi IoT yang kompleks. Melalui kerangka kerja seperti MicroPython dan CircuitPython, Python dapat dijalankan langsung pada mikrokontroler kecil yang digunakan dalam perangkat IoT, sehingga proses coding secara mudah dapat berinteraksi langsung dengan sensor, aktuator, dan perangkat lainnya.


Wah ternyata Python bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Untuk bisa mahir bahasa pemrograman satu ini, kalian harus mempersiapkan diri sedini mungkin. Harus belajar darimana? Pertanyaan tersebut bisa kalian temukan jawabannya di website DQLab.


Dengan modul pembelajaran yang lengkap, Live Code Editor sehingga tak perlu install aplikasi lagi, dan dilengkapi dengan beragam studi kasus, akan membuat Sahabat DQ jago melakukan coding di Python. Menariknya lagi, DQLab juga mengintegrasikan modulnya dengan fitur ChatGPT nih! Fungsinya untuk apa?

  • Membantumu mendapatkan penjelasan dari code yang sedang dipelajari.

  • Membantumu menemukan code yang salah atau tidak sesuai. 

  • Memberikan alternatif solusi dari problem/error yang kalian temukan.


Jadi, tunggu apalagi? Nikmati pengalaman belajar praktis dan menyenangkan di DQLab dengan Sign Up segera di sini atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login