Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Apa Saja Manfaat Mengikuti Pelatihan Data Science?

Belajar Data Science di Rumah 17-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5ae47d9dc8a831e796e5c6c7980c5d25_x_Thumbnail800.jpeg

Pada era transformasi digital kini banyak pekerjaan yang dahulu dirasa cukup langka kini mulai menampakkan diri. Beberapa diantaranya adalah pekerjaan di bagian teknologi seperti programmer, web designer, data engineer, data analyst, dan data scientist. Berbicara tentang data scientist, apakah kalian telah mengetahui apa itu data scientist? Mungkin beberapa dari kita ada yang baru mengenal istilah tersebut yaa, dikarenakan saat ini profesi tersebut memang sedang naik daun


Data scientist merupakan sebuah profesi yang bertugas menganalisis data sampai data tersebut dapat menghasilkan informasi. Profesi ini merupakan salah satu profesi yang banyak dibutuhkan dan banyak diincar pada masa kini. Banyak orang yang tertarik dengan profesi ini sehingga mereka mulai mencari pelatihan data science baik secara online maupun offline. Kira-kira apa saja ya manfaat mengikuti pelatihan data science?


1. Memiliki Komunitas Belajar


Ketika kita mengikuti suatu perkumpulan atau komunitas tentunya akan memiliki kumpulan teman baru yang sesuai pada saat itu juga bukan? Begitu pula dengan komunitas belajar. Belajar hal apapun itu secara langsung maupun tidak langsung akan membentuk suatu komunitas. Sebagai contohnya jika kita mengikuti pelatihan data science maka kita akan bertemu dengan teman-teman yang memiliki tujuan yang sama dengan kita. Kita bisa mengambil sisi positifnya dengan cara saling berbagi tips dan trik dalam belajar, bertanya jika ada kesulitan, dan masih banyak lainnya. Selain itu dengan adanya komunitas belajar berarti secara tidak langsung menambah jaringan pertemanan kita sehingga kita pun dapat saling berbagi informasi dalam urusan pekerjaan di kemudian hari.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Melatih Keterampilan


Manfaat selanjutnya dari mengikuti kursus data science adalah dapat melatih keterampilan kita. Mungkin pada awalnya kita hanya tahu sedikit bagaimana cara mengatasi suatu permasalahan dalam data. Setelah mengikuti pelatihan, kita mendapatkan ilmu baru yang dapat kita terapkan sehingga keterampilan kita semakin bertambah. Selain itu dengan mengikuti pelatihan pun kita didampingi oleh mentor sehingga jika ada kesulitan kita bisa bertanya kepada mentor yang lebih ahli dalam menangani permasalahan data.


3. Portofolio Data dan Sertifikat


Portofolio data merupakan salah satu bentuk hasil kerja kita atau pengalaman kita dalam mengerjakan suatu proyek. Dalam pelatihan data science biasanya kita diberi materi kemudian diberi latihan untuk menerapkan materi yang telah kita dapatkan. 

Ketika kita mengikuti pelatihan data science kita akan sering terlatih dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan data. Setelah kita menyelesaikan pelatihan, kita akan mendapatkan sertifikat sebagai tanda bukti pekerjaan maupun pelatihan kita. Kedua hal ini, yaitu portofolio data dan sertifikat merupakan dokumen pendukung ketika kita mencari kerja.


4. Program Job Connector


Manfaat lainnya dari mengikuti pelatihan data science adalah adanya program job connector. Saat ini sebagian besar lembaga pelatihan menyediakan program ini. Lembaga tersebut biasanya bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang mencari talenta muda dengan kualifikasi yang sesuai. Hal ini tentunya menjadi kesempatan besar bagi kita, semakin kita menekuni bidang tersebut maka semakin tinggi pula peluang kita untuk direkrut oleh perusahaan terkait.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Yuk, Kejar Impian Jadi Data Scientist!


Data scientist kini menjadi salah satu profesi yang paling menarik perhatian generasi milenial. Bagaimana? Kalian tertarik juga bukan? Yuk, bergabung bersama kami untuk memudahkan karir menjadi data scientist. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait data scientist kita dapat mempelajarinya di DQLab lohh. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab.id/signup dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mengakses module gratis dari R, Python atau SQL!


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!