Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Apa Saja Sih, Job Description Data Scientist?

Belajar Data Science di Rumah 15-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f1280f31b2324172da82638851c9bfdc_x_Thumbnail800.jpeg

Data scientist merupakan sebuah profesi yang bekerja di bidang data yang sekarang sedang diminati oleh kebanyakan orang. Data adalah sebuah komponen penting dari sebuah perusahaan untuk membuatnya semakin berkembang. Data perusahaan ini bisa digunakan untuk membuat strategi bisnis baru, meningkatkan penjualan produk perusahaan, menentukan promosi produk, dan lain-lain. Data yang biasa digunakan adalah data karyawan, data penjualan, data distribusi, dan data-data lain yang biasa digunakan oleh perusahaan. Data-data ini bisa dikumpulkan dari tim-tim terkait yang ada di dalam perusahaan.


Pengertiannya secara umum, data scientist ini adalah seseorang yang memiliki tugas untuk mengolah data yang ada di perusahaan yang bertujuan untuk mendapatkan sebuah informasi berupa insight yang berguna untuk kemajuan perusahaan. Maka dari itulah, diperlukan skill analisis yang cukup kuat, pemahaman akan data yang bagus, dan juga memiliki skill berkomunikasi antar team, karena untuk menjadi data scientist diperlukan kerjasama team yang cukup bagus. Kemampuan kemampuan ini dapat dimiliki dengan cara belajar sendiri atau otodidak ataupun dengan mengikuti kursus kursus khusus. Data scientist juga memiliki tugas-tugas yang cukup penting, nah apa saja tugas-tugas itu? mari kita simak pada artikel kita kali ini.


1. Melakukan Penelitian Data dan Juga Mengumpulkannya

Tugas yang pertama adalah melakukan penelitian tentang masalah apa yang sedang didapati oleh perusahaan. Ada beberapa kasus permasalahan yang harus diselesaikan oleh seorang data scientist, permasalahan ini adalah masalah baru yang tidak pernah ditemui sebelumnya. Ini adalah sebuah hal yang cukup wajar karena untuk mengembangkan sebuah inovasi baru, mereka harus melakukan menyelesaikan masalah terbaru.


Untuk membuat seorang data scientist bisa lebih memahami permasalahan yang ada, maka mereka harus melakukan sebuah penelitian terlebih dahulu. Setelah melakukan penelitian maka mereka dapat menyimpulkan bahwa data yang seperti apa yang dibutuhkan dan juga dapat memastikan apakah datanya valid atau tidak. Baru setelah selesai semua penelitiannya, langkah selanjutnya adalah melakukan pengumpulan data, baik dari sumber primer maupun sumber sekunder.


Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Melakukan Analisis Data

Tugas kedua adalah analisis data. Analisis data ini adalah salah satu tugas yang cukup jelas dilakukan oleh seorang data scientist. Bagi perusahaan yang skala menengah, data scientist memiliki peran untuk mengambilkan data yang berasal dari database menggunakan query SQL, membuat tabel pivot dengan menggunakan Microsoft Excel, melakukan visualisasi data dalam bentuk grafik dan juga menggunakan bantuan dari bahasa pemrograman dalam melakukan analisis data dengan menggunakan bahasa R ataupun MATLAB. 


Analisis data ini memiliki tujuan untuk melihat pola dan juga tren apa yang cocok dari sebuah data. Lalu dilakukanlah sebuah prediksi dari analisis tersebut dengan menggunakan algoritma yang cukup sesuai. Dari prediksi itulah nantinya data scientist harus mendapatkan penafsiran dengan membuat sebuah pemetaan, visualisasi dan juga prototype untuk mengetahui langkah apa saja yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan performa.


Data Scientist


3. Memiliki Tanggung Jawab Atas Kualitas Data

Tugas selanjutnya adalah memiliki tanggung jawab atas kualitas data dari perusahaan. Biasanya ketika suatu perusahaan memiliki trafik data yang tinggi baik dari data konsumen, penjualan, maupun statistik website pastinya memerlukan seseorang yang memiliki kemampuan untuk mempersiapkan infrastruktur data. 


Disinilah peran seorang data scientist dibutuhkan, karena mereka mampu untuk mempersiapkan segala infrastruktur data perusahaan dengan baik dan juga benar. Dalam hal ini juga banyak perusahaan yang akan mencari data scientist maupun data engineer untuk melakukan tugas ini. Infrastruktur yang diinginkan pastinya dengan struktur data yang baik, kemudahan akses dan juga kemudahan untuk melakukan analisis data. 


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Mengendalikan pengolahan data dan juga membuat rekomendasi

Seorang data scientist adalah seseorang yang berada dibalik kendali dari semua teknologi pengolahan data, Dengan luasnya tanggung jawab yang dimiliki oleh data scientist mulai dari analisis sampai dengan mendapatkan sebuah insight baru untuk mengembangkan sebuah bisnis yang dilakukan oleh perusahaan. Data scientist ini juga memiliki tugas untuk menganalisis berbagai macam data dengan berbagai macam jumlah datanya mulai dari big data sampai data yang terkecil yang terakumulasi di dalam perusahaan. 


Maka dari itulah, profesi data scientist memerlukan sebuah kemampuan analisis data seperti menggabungkan data yang berasal dari berbagai macam sumber dan juga memastikan konsistensi dataset, memilih algoritma yang cocok dan juga seorang data scientist harus memiliki keterampilan untuk mencari tahu akan informasi yang berguna untuk mengembahkan bisnis dai perusahaan.


Yuk, bulatkan tekad kamu mulai berkarir atau witch karir di bidang data analyst sekarang juga. Nggak usah overthinking karena tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu. Kamu bisa mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Modul Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Pilih menu Learn

  • Pilih menu Career Track

  • Lalu Pilih menu Data Analyst

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login