TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

1 Hari 16 Jam 58 Menit 12 Detik

Apa Saja Skill yang Perlu Dimiliki Data Engineer?

Belajar Data Science di Rumah 24-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8029b6b6acc5f5f7c9d41f602194cf7d_x_Thumbnail800.jpeg

Pada era revolusi industri kini semakin banyak perusahaan maupun start up yang semakin bersaing untuk kemajuan bisnis mereka. Dibalik semua itu terdapat berbagai profesi yang berperan penting, salah satunya adalah dalam bidang database. Database dapat dikatakan menjadi salah satu tiang perusahaan yang perlu ditindaklanjuti dengan baik. Salah satu profesi yang berkaitan dengan database perusahaan adalah data engineer. Untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik diperlukan macam-macam skill data engineer yang perlu diketahui.


Setiap profesi tentu saja memerlukan keahlian yang sesuai dengan tugas yang akan dilakukannya. Sebagai contoh seorang guru perlu menguasai materi yang akan disampaikan dan paham dengan benar tata cara mengajar yang baik. Begitu pula dengan data engineer, perlu memiliki keahlian yang menunjang kemudahan dalam menjalankan tugasnya. Pada artikel kali ini kita akan mengenali apa saja skill yang harus dimiliki oleh data engineer.


1. Bahasa Pemrograman Dasar

Bahasa pemrograman adalah skill yang tidak boleh terlewatkan bagi seorang praktisi data, terutama data engineer. Seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini keberadaan data sangatlah banyak dan sangat kecil kemungkinannya diproses dengan cara manual. Dikarenakan kurang bisa maksimal dengan cara manual, maka kita perlu memahami bahasa pemrograman untuk dapat mengelola data dengan lebih baik, lebih efektif dan akurat. Saat ini sudah banyak bahasa pemrograman yang dapat digunakan sesuai kebutuhan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Data Engineer


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Sistem Database

Database atau basis data merupakan kumpulan data yang disimpan secara elektronik. Database merupakan bagian penting dalam suatu perusahaan maupun organisasi. Data yang tersimpan dapat berupa angka, kata, gambar, video, file, dan jenis lainnya. Seorang data engineer perlu memahami dengan benar terkait sistem database yang bisa digunakan untuk menyimpan, mengatur, mengubah, database. Dengan memahami sistem database dengan baik maka tentunya akan memudahkan proses pengelolaan database. 

Data Engineer


3. Machine Learning

Machine learning atau mesin pembelajar merupakan salah satu cabang dari artificial intelligence. Machine learning ini cukup menarik perhatian. Kecanggihan algoritma machine learning pun sudah banyak kita rasakan hasilnya dalam kegiatan keseharian. Dalam proses pengolahan data juga menggunakan banyak algoritma machine learning yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu memahami machine learning juga termasuk ke dalam skill yang perlu dikuasai seorang data engineer. 


Data Engineer


4. Matematika dan Statistika

Matematika dan statistika adalah suatu bidang ilmu yang menjadi pondasi utama dalam bidang data. Walaupun secara kasat mata orang akan bingung dimanakah letak ilmu matematika ini digunakan, akan tetapi justru matematika dan statistika ini memiliki peran begitu penting. Seseorang yang menguasai matematika dan statistika akan memiliki kerangka berpikir yang lebih logis dan sistematis, sehingga lebih mudah dalam memecahkan masalah seperti menangani permasalahan dalam database dan lainnya.


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Seorang calon data engineer perlu mengetahui dan menguasai beberapa skill yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya. Nah, kamu bisa mengasah skill-skill tersebut salah satunya adalah dengan belajar di DQLab. DQLab menyediakan berbagai modul gratis untuk belajar dari dasar dengan bahasa yang mudah dipahami.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :