FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 18 Menit 57 Detik 

Apa Saja Soft Skill Wajib Data Scientist?

Belajar Data Science di Rumah 22-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/83cd79efc880db0cfa8edcea08107cd5_x_Thumbnail800.jpg

Semakin berkembangnya teknologi informasi, membuat profesi data scientist sangatlah berkembang secara cepat juga. Data scientist menjadi salah satu jalur karir yang menarik bagi segala kalangan mulai dari pemula atau beginner ataupun yang sudah profesional. 


Skill-skill untuk menjadi data scientist juga bisa dipelajari secara mandiri atau secara otodidak meskipun kamu tidak memiliki background STEM sekalipun. Jadi  untuk mempelajari data science itu bisa dimulai dari bantuan video tutorial ataupun mengikuti beberapa kursus yang mempelajari tentang data science baik secara gratis ataupun berbayar.


Untuk menjadi data scientist memerlukan 2 jenis skill, yaitu hard skill atau skill teknis dan juga skill non teknis atau soft skillnya. Untuk jenis hard skill atau skill teknis adalah skill yang menggunakan berbagai jenis tools data science yang akan digunakan dalam kegiatan sehari-hari, sedangkan soft skill atau skill non teknis biasanya memerlukan keterampilan dalam diri atau kepribadian. 


Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas apa-apa saja skill non teknis atau soft skill yang wajib dimiliki oleh seorang data scientist. Yuk kita simak artikel dibawah ini!


1. Berkomunikasi

data scientist

Soft skill atau skill non teknis yang pertama adalah berkomunikasi, hampir di semua bidang pekerjaan harus memiliki skill berkomunikasi tidak terkecuali seorang data scientist, karena softskill jenis ini sangatlah penting.


Ketika kita sebagai seorang data scientist yang membuat sebuah dashboard atau tampilan yang begitu hebat, bagus dan juga rumit, tetapi kita tidak memiliki skill komunikasi yang baik itu akan terhambat karena kita tidak bisa mengkomunikasikan nilai proyek kita kepada orang lain.


Menjadi seorang data scientist harus mampu menjelaskan hasil dari analisis data yang telah kita lakukan untuk meyakinkan perusahaan bahwa analisis data yang kita ambil tadi menjadi strategi bagus untuk mengembangkan perusahaan ataupun bisa menjadi keuntungan dari perusahaan itu sendiri maka dari itu skill ini sangatlah penting.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Kerjasama Team

data scientist

Skill yang kedua yang wajib dilakukan adalah teamwork atau kerjasama bersama team. Jika kita sudah mengimplementasikan skill yang pertama kita bisa meningkatkan efisiensi teamwork dan menjadikan kualitas kerja yang bagus juga. Karena untuk sebuah perusahaan data scientist tidak bisa bekerja sendiri dia harus memiliki kerjasama team yang solid yang bisa mencapai tujuan utama dari perusahaan.


Seorang data scientist juga tidak bisa bekerja sendirian dalam mengolah data ataupun menganalisis data. Biasanya mereka akan bekerjasama dengan Software Engineer, Manager, pemilik bisnis dan yang paling penting adalah bekerjasama dengan client atau pelanggan. Jadi menjadi seorang data scientist dituntut bisa bekerja dalam team agar bisa mencapai tujuan dari sebuah perusahaan.


3. Bisa berpikir kritis

data scientist

Seorang data scientist juga harus bisa berpikir secara kritis dan bisa mengambil sebuah keputusan yang tepat bagi perusahaan. Jadi mereka wajibkan untuk menganalisis sebuah masalah dengan objektif dan melihat permasalahan dari sudut pandang yang berbeda. Ketika data scientist menganalisis sebuah masalah secara objektif mereka harus bisa membuat sebuah keputusan dalam setiap tahapnya.


Pengambilan keputusan ini biasanya dalam bentuk pertanyaan seperti Data yang bisa digunakan apa saja? Ini salah satu contoh dari banyaknya pertanyaan untuk pengambilan sebuah keputusan karena tujuannya untuk mencapai hasil yang diinginkan. Pemikiran kritis juga akan membantu kalian dalam bekerja dalam team.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Memecahkan sebuah masalah

data scientist

Sebagai data scientist tidak bisa meninggalkan keterampilan dalam memecahkan sebuah masalah. Tugas seorang data scientist bisa dikatakan sebagai pekerjaan yang bisa memecahkan sebuah masalah. Bukan hanya menjadi pemecah masalah yang baik, seorang data scientist juga harus mengidentifikasi masalah dengan tepat agar bisa dipecahkan secara tepat juga.


Masalah yang biasa terjadi adalah permasalahan dalam bisnis itu sendiri. Jadi data scientist haruslah menemukan solusi dari sebuah masalah yang timbul dengan cara mengumpulkan semua data yang kemudian diolah dengan machine learning. Karena solusi ini sangatlah penting bagi sebuah bisnis perusahaan karena bisa menguntungkan perusahaan.


data scientist


Yuk, mulai belajar dan kuasai skill data scientist dari nol hingga advanced. Jangan khawatir jika kamu pemula yang tidak memiliki background STEM karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir.


Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :