DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 9 Jam 4 Menit 10 Detik 

Apa Saja Tugas dan Peran Data Scientist?

Belajar Data Science di Rumah 05-Juni-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1dac6ff418feceb0f1a27fea27ba9d03_x_Thumbnail800.jpeg

Halo teman-teman, pada era milenial sekarang ini kita sering mendengar istilah data scientist. Kira-kira apa itu data scientist ya? apakah sebuah pelajaran ataukah profesi? Jadi, data scientist merupakan suatu profesi yang secara umum bertugas untuk mengolah data baik data terstruktur maupun data tidak terstruktur. Umumnya data yang diolah berupa data kuantitatif dan volume data dapat dari yang kecil sampai dengan big data.


Data scientist menjadi salah satu profesi primadona di abad ini. Hal ini seiring dengan perkembangan teknologi yang mengakibatkan meningkatnya jumlah data dari setiap perusahaan sehingga memerlukan tenaga ahli yang dapat menganalisis data tersebut. menjadi seorang data scientist perlu memiliki beberapa keahlian dikarenakan tugas dan perannya yang penting. Kira-kira apa saja tugas dan peran data scientist? Yuk, simak artikel berikut ini.


1. Menganalisis Data

Seperti yang telah disebutkan dalam perkenalan sebelumnya, secara umum data scientist bertugas menganalisis data perusahaan. Mulai dari mengambil data dari database, membuat pivot tabel data, membersihkan dan menyiapkan data yang akan dianalisis, memilih algoritma machine learning lali melakukan proses analisis data menggunakan software tertentu sampai dengan mengambil kesimpulan serta memvisualisasikan hasil analisis.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Bertanggung Jawab Terhadap Kualitas Data 

Suatu perusahaan memiliki kumpulan data yang dan trafik data mulai dari data konsumen, penjualan, pembelian maupun statistik website. Hal-hal tersebut memerlukan seseorang yang ahli dalam bidangnya mulai dari infrastruktur data yang mana hal tersebut diharapkan dapat bertanggung jawab dengan kualitas data perusahaan tersebut. Oleh karena itu di sini diperlukan tugas dan peran data scientist yang dapat dibantu oleh data engineer.


3. Penelitian Data

Tugas dan peran penelitian data ini biasanya dilakukan oleh data scientist yang bergerak di perusahaan berupa jasa analisis data, seperti Google Analytics dan PIWIK. Dalam hal ini latar belakang pendidikan dan dasar-dasar dari analisis data sangat diperlukan seperti ilmu matematika, statistika, dan dasar ilmu lainnya yang dapat mempermudah proses penelitian data. Hasil penelitian tersebut pada akhirnya dapat digunakan sebagai metode penentuan keputusan konsumen.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!

Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!