[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 16 Jam 18 Menit 48 Detik 

Apa Saja Tutorial Python Dasar? Yuk Simak Versi DQLab

Belajar Data Science di Rumah 14-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6e93fc5649b291c4578355b4cd877091_x_Thumbnail800.png

Python saat ini menjadi salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan baik oleh para web developer, data scientist, programmer, dll. Bahasa pemrograman adalah instruksi yang berisi perintah untuk komputer yang terdiri dari berbagai baris kata  atau sintaks. Bahasa pemrograman merupakan salah satu keahlian yang harus dimiliki oleh para praktisi data. Hal ini dikarenakan dalam oengaplikasian atau penerapan algoritma machine learning harus menggunakan bahasa pemrograman. Terdapat banyak bahasa pemrograman yang bisa digunakan, salah satunya adalah Python. Untuk para pemula, alangkah baiknya mengetahui tutorial python dasar agar memudahkan penggunaan yang berkelanjutan. 


Python sendiri telah digunakan untuk membangun aplikasi, mengembangkat web, analisis data, dll. Bahkan, perusahaan besar seperti Google, Netflix, YouTube, Spotify pun juga menggunakan bahasa Python. Sebelum lebih jauh kesana sebaiknya kita mengenali tutorial dasar pada python. Dengan mengetahui tutorial dasar python kita akan lebih mudah mempelajarinya secara otodidak.


1. Kata Kunci Python

Kata kunci atau yang dikenal keyword merupakan kata-kata yang sudah ditetapkan oleh Python untuk mendefinisikan sintaks dan struktur bahasa Python. Beberapa kata kunci dalam Python antara lain True, False, None, and, as, assert, break, class, continue, def, del, elif, else, except, finally, for, from, global, if, import, in, is, lambda, nonlocal, not, or, pass, raise, return, try, while, with, yield. Semua kata kunci dalam Python menggunakan huruf kecil kecuali True, False, None yang diawali dengan huruf kapital. Namun perlu diketahui bahwa kata kunci dalam Python itu tidak dapat digunakan untuk nama variabel maupun nama pengenal lainnya.


Baca Juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


2. Percabangan dan Perulangan

Percabangan merupakan cara yang digunakan untuk mengambil keputusan berdasarkan kondisi tertentu yang outputnya berupa nilai Benar atau Salah. Jika suatu kejadian memenuhi kondisi yang ditentukan maka outputnya adalah Benar dan begitu pula sebaliknya, jika kejadian tidak memenuhi kondisi yang ditentukan maka outputnya adalah Salah. Pada Python terdapat tiga jenis percabangan yaitu if, if…..else, if…elif…else. Adapun perulangan atau biasa dikenal sebagai iterasi atau looping merupakan program yang dieksekusi dalam baris kode beberapa kali yang didalamnya juga memerlukan tes kondisi. Jika hasil kondisi Benar maka baris kode akan dieksekusi kembali, sedangkan jika hasil kondisi Salah maka keluar dari perulangan. Pada Python, perulangan dapat digunakan menggunakan ‘for’ atau ‘while’.


3. Variabel dan Tipe Data

Variabel merupakan lokasi di memori yang digunakan untuk menyimpan nilai. Variabel dapat diisi dengan data atau objek baik dalam bentuk bilangan bulat, pecahan, karakter, dll. Penggunaan variabel dalam Python pun sangat mudah, yaitu cukup menggunakan operator “=” untuk memberikan nilai ke variabel. Berbicara mengenai tipe data, data yang digunakan dalam Python memiliki tipe yang berbeda-beda sehingga operasi setiap tipe data pun berbeda-beda. Python memiliki enam tipe data yaitu bilangan, string, list, tuple, set dan dictionary.


4. Operator dan Modul

Operator merupakan simbol tertentu yang digunakan untuk melakukan operasi aritmatika maupun logika. Pada Python memiliki beberapa nilai operator yaitu operator aritmatika, perbandingan, penugasan, logika, bitwise, identitas dan keanggotaan. Adapun modul merupakan file yang berisi kode pemrograman Python. Nama modul disimpan dengan format belakang .py. Sebagai contoh kita telah menuliskan beberapa baris syntax dalam Python dan disimpan dengan nama modul Tugas1, sehingga modul yang tersimpan adalah Tugas1.py.


Baca Juga: Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya


5. Yuk, Mulai Belajar Python di DQLab

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh data scientist, data analyst dan data engineer. Untuk kalian yang sama sekali belum mengerti mengenai bahasa pemrograman Python, kalian bisa mulai belajar secara online di DQLab . DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code. Caranya cukup mudah loh,  yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab. Selain bahasa Python, terdapat bahasa pemrograman lainnya seperti R, Excel dan SQL.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!