DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 22 Jam : 26 Menit : 1 Detik

Apa Saja Ya Manfaat Integrasi Data dalam Big Data?

Belajar Data Science di Rumah 14-Februari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d1c54a62b2715f2343911bf0881b9582_x_Thumbnail800.png

Pada era teknologi industri 4.0 kini istilah big data tentunya sudah tidak asing lagi. Istilah big data ini semakin menjadi tren seiring dengan semakin canggihnya internet. Dengan internet, seseorang dapat dengan mudah mengakses apa saja yang diinginkan. Kemudahan mengakses informasi dengan waktu yang relatif cepat ini menjadi salah satu pion munculnya big data dikarenakan big data sendiri memiliki karakteristik volume, variety (variasi), velocity (kecepatan), varicity (kevalidan) yang mana 4V tersebut akan menghasilkan sebuah value (nilai).


Proses pengolahan big data ini membutuhkan beberapa tahapan, salah satu tahapannya adalah integrasi data. Pengertian singkat dari integrasi data adalah penggabungan data. Dalam suatu perusahaan tentunya memiliki sangat banyak data dengan format-format yang berbeda. Sehingga setelah data telah terintegrasi akan memudahkan pihak pelaku bisnis untuk menganalisis data tersebut dan menghasilkan keputusan yang tepat bagi perusahaan. Lalu apa saja ya manfaat integrasi data dalam big data?


1. Laporan Perusahaan Tersusun Rapi

Salah satu masalah yang sering muncul dalam perusahaan adalah begitu banyak data yang masuk, volume data yang semakin besar dan dilakukan langkah yang tidak tepat sehingga laporan menjadi bias dan tidak konsisten. Oleh karena itu dengan adanya teknologi integrasi data dapat menjadi salah satu solusi dari permasalahan itu. Dengan adanya pengintegrasian data maka data dapat dikumpulkan dan diolah secara terpusat dalam sebuah data warehouse sehingga pada akhirnya laporan menjadi tidak bias.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Mengurangi Peluang Hilangnya Kesempatan Bisnis

Dengan adanya integrasi data, data yang tersebar dalam perusahaan yang awalnya tidak tersusun dengan rapi dapat tersusun rapi dalam satu data warehouse. Penggabungan data tersebut sangat berperan penting dalam perusahaan. Mengapa begitu? Dengan data yang terintegrasi jika dilanjutkan dengan tahapan-tahapan analisis data lainnya akan menghasilkan hasil yang sesuai dan tidak berantakan.


3. Meminimalkan Risiko Data yang Tidak Akurat

Semua data yang terkumpul dalam perusahaan tentunya sangat penting dan bernilai tinggi. Proses integrasi data dapat menjaga tingginya nilai data tersebut. Dalam suatu bisnis data yang terintegrasi akan meminimalkan risiko data yang  tidak akurat sehingga dapat meningkatkan keefisienan suatu pekerjaan seperti dalam penilaian proses produksi, ulasan customer, pelayanan dan lain sebagainya.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


4. Yuk, TEMUKAN SUMBER DATA UNTUK BANGUN PORTFOLIO GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!


Gunakan Kode Voucher “DQTRIAL”, dan simak informasi dibawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher “DQTRIAL” dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annisa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!