Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Apa Saja yang Data Engineer Lakukan?

Belajar Data Science di Rumah 31-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/55569abcb73db35cdc734c65153fe5d8_x_Thumbnail800.jpeg

Data Engineer adalah salah satu posisi praktisi data yang memiliki peranan penting dalam pengolahan data. Data Engineer akan membantu menyiapkan data yang akan digunakan oleh praktisi data lainnya seperti Data Scientist dan Data Analyst. Data mentah yang baru didapatkan dari proses collection adalah data yang sangat kotor dan tidak bisa digunakan langsung begitu saja. Terlebih jika datanya berupa data yang tidak terstruktur, maka kita perlu melakukan penyamaan format terlebih dahulu.


Data Engineer merupakan salah satu pekerjaan yang sedang naik daun dengan pertumbuhan karir sebesar 33 persen dari tahun ke tahun menurut Linkedin's Emerging Jobs Report 2020. Banyak perusahaan yang telah melakukan digitalisasi yang membutuhkan seorang Data Engineer agar bisa memproses data dengan benar. Jika kamu adalah salah satu orang yang tertarik menjadi Data Engineer, hal yang harus kamu ketahui pertama kali adalah job description dari profesi ini. Kita akan membahas job description Data Engineer di artikel ini. Yuk, simak pembahasannya!


1. Keseharian Menjadi Data Engineer

Data Engineer

Pada dasarnya, tugas utama seorang Data Engineer adalah mengubah data mentah menjadi lebih siap digunakan untuk proses pengolahan data dan pengambilan keputusan bisnis. Data Engineer sama seperti praktisi data lainnya yang bisa masuk ke berbagai sektor, mulai dari kesehatan, perbankan, teknologi, telekomunikasi, dan masih banyak lagi. Hal ini karena semua sektor-sektor tersebut mulai mengalami digitalisasi yang identik dengan data yang berukuran besar dan berbagai jenisnya. Data Engineer akan membantu untuk mem-break-down data dengan volume besar tersebut dan menyamakan format untuk data yang tidak terstruktur.


Baca juga : Apa Saja Ya Job Description Data Engineer? 


2. Tanggung Jawab Data Engineer

Data Engineer

Tanggung jawab seorang Data Engineer bisa berbeda-beda tergantung perusahaan tempatnya bekerja. Namun secara umum, tugas dan tanggung jawab Data Engineer bisa dirangkum ke dalam beberapa poin, misalnya:

  • Menganalisa dan mengatur data mentah

  • Membangun sistem dan data pipeline

  • Mengevaluasi kebutuhan bisnis

  • Menyiapkan data untuk membuat model perspektif dan prediktif

  • Membangun algoritma dan prototype

  • Mengkombinasikan data mentah dari berbagai sumber untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan

  • Membangun analytical tools

  • Berkolaborasi dengan Data Scientist dan praktisi data lainnya di berbagai project 


3. Cara Menjadi Data Engineer yang Baik

Data Engineer

Perusahaan kerap kali akan memilih Data Engineer yang cocok untuk bekerja sesuai dengan culture di perusahaan tersebut. Namun kita bisa menyiapkan diri dengan menjadi Data Engineer yang baik, dimana kita perlu memilih skill untuk memecahkan masalah yang ada dengan menggunakan ilmu Data Science sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan. Selain itu, Data Engineer juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik karena suka atau tidak, mereka akan banyak berhubungan dengan para stakeholder di perusahaan tersebut. Hal lain yang harus ada di Data Engineer adalah setidaknya mereka memiliki basic dari pengetahuan teknis di bidang software engineering dan bahasa pemrograman.


4. Siapa Saja yang Akan Bekerja dengan Data Engineer?

Data Engineer

Data Engineer tidak akan bekerja sendiri, mereka kerap kali akan disandingkan dengan praktisi data lainnya seperti Data Scientist untuk saling berkolaborasi di berbagai project. Data Engineer dan Data Scientist akan bekerja sama untuk meningkatkan kualitas dan akurasi informasi, sehingga memungkinkan perusahaan untuk membuat keputusan bisnis yang lebih bertanggung jawab. Mereka juga akan bekerja dengan para leader yang ada di perusahaan untuk membantu pembuatan keputusan bisnis.


Baca juga : Day to Day Data Engineer di Tech Companies 


Data Engineer bisa kamu jadikan sebagai salah satu tujuan karir mu mengingat kebutuhan akan profesi ini disebutkan akan terus mengalami kenaikan. Adanya tools dan bahasa pemrograman tentu bertujuan untuk mempermudah pekerjaan Data Engineer, mengingat seorang Data Engineer akan akrab dengan data yang berukuran besar.


Kamu bisa memulai proses menjadi Data Engineer dengan belajar di DQLab. DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Engineer!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :