PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 25 Menit 16 Detik 

Apa Sajakah Algoritma Machine Learning Python?

Belajar Data Science di Rumah 29-Mei-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d7941b8a7f7ff71334cad00e4f2697e1_x_Thumbnail800.jpg

Artificial intelligence atau kecerdasan buatan saat ini sudah banyak kita terapkan dalam kebutuhan sehari-hari. AI merupakan sistem komputer yang dirancang agar dapat mengerjakan suatu pekerjaan tanpa memerlukan bantuan manusia. AI memiliki beberapa cabang, salah satunya adalah machine learning. Di antara berbagai machine learning, machine learning python merupakan salah satu yang populer di kalangan praktisi data.


Machine learning telah diketahui memiliki begitu banyak manfaat yang secara garis besar dapat membantu tugas atau pekerjaan yang sebelumnya dilakukan secara manual kini bisa dikerjakan secara otomatis. Dengan demikian, adanya keberadaan machine learning ini secara sadar maupun tidak sadar sangat membantu manusia melakukan pekerjaannya sehingga lebih mudah, cepat dan efisien. Nah, pada artikel kali ini khususnya kita akan mengenali beberapa hal terkait machine learning python.


1. Cara Kerja Machine Learning

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa machine learning merupakan mesin yang dirancang agar dapat belajar tanpa bantuan manusia. Namun masih banyak orang penasaran bagaimana sesungguhnya cara kerja machine learning. Sebenarnya, machine learning memiliki cara kerja yang berbeda-beda sesuai dengan teknik yang digunakan. Walau demikian, prinsip kerja machine learning tetaplah sama, yaitu mengumpulkan data, eksplorasi data, memilih teknik, memberi pelatihan pada model, serta mengevaluasi model.

Machine Learning


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Teknik Machine Learning

Penggunaan machine learning masing-masing memiliki cara kerja tersendiri yang berbeda-beda namun tetap berpedoman pada prinsip kerja yang sama. Secara garis besar, terdapat dua teknik machine learning yang dapat digunakan yaitu teknik supervised learning dan unsupervised learning. Teknik supervised learning ini diterapkan pada data yang sudah memiliki label tertentu, sebaliknya teknik unsupervised learning diterapkan pada data yang tidak memiliki label.

Machine Learning


3. Mengapa Machine Learning Python?


Machine learning pada dasarnya dapat diterapkan menggunakan banyak bahasa pemrograman atau software pendukung. Namun pada kali ini kita akan menyinggung mengenai machine learning python. Mengapa machine learning python saat ini menjadi primadona dalam dunia data? Kira-kira apakah alasannya? Berikut ini adalah beberapa alasan digunakannya machine learning python:

  • bahasa python mudah dipelajari

  • bersifat open source

  • memiliki komunitas yang besar

  • memiliki library yang beragam

Machine Learning


4. Algoritma Machine Learning Python

Algoritma merupakan kumpulan instruksi atau perintah yang diberikan kepada komputer untuk mengeksekusi perintah tersebut. Terdapat beberapa algoritma machine learning python yang dapat digunakan baik dari teknik supervised learning maupun unsupervised learning. Beberapa algoritma dari supervised learning antara lain Naive Bayes Classifier, Decision Tree, Support Vector Machine, Artificial Neural Network, dll. Adapun algoritma dari unsupervised learning adalah K-Means, DBSCAN, Fuzzy C-Means, Hierarchical Clustering, dll.

Machine Learning


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Bahasa python tidak hanya digunakan untuk menghitung operasi matematika saja, akan tetapi bisa pula digunakan untuk machine learning. Na, untuk memulai belajar machine learning, DQLab lah salah satu solusinya. 


Belajar machine learning python di DQLab kita akan mendapatkan materi serta praktek secara live code, sehingga memudahkan kalian yang ingin belajar tapi belum memiliki aplikasinya


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :