SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

1 Hari 8 Jam 41 Menit 8 Detik

Apakah Data Science Bisa Bantu Tingkatkan Bisnis?

Belajar Data Science di Rumah 16-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/863f0d6c-cd34-4069-b53a-7a3cddc0f339-2023-06-16-125814_x_Thumbnail800.jpeg

Data science ini sudah menjadi salah satu bentuk perkembangan teknologi saat ini. Data science juga memiliki peranan yang cukup penting di berbagai bidang seperti bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan juga bidang bisnis. Nah, salah satu bidang yang cukup memerlukan data science ini adalah bidang bisnis. Karena dalam dunia bisnis memiliki banyak sekali data seperti data penjualan, data produk, data pelanggan, dan data lainnya. Data ini diperoleh tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena data-data ini haruslah diolah dan juga dianalisis terlebih dahulu agar bisa menghasilkan sebuah informasi yang berguna.


Selain menghasilkan sebuah informasi yang berguna, data science ini memiliki banyak manfaat lainnya seperti berguna dalam mengambil sebuah keputusan bisnis. Salah satunya adalah membantu meningkatkan akurasi dan juga efisiensi. Hal ini tentu akan meminimalkan resiko terjadinya kesalahan dalam mengambil sebuah keputusan dan juga dapat membantu bisnis mengoptimalkan strategi bisnisnya. Nah, selain itu apa saja si peranan data science yang bisa membantu bisnis? Mari, simak pembahasannya di bawah ini!


1. Merancang Produk menjadi Lebih Baik

Salah satu peranan yang membantu bisnis kita adalah pelanggan atau customer, pengalaman dari pelanggan ini menjadi salah satu data yang cukup penting yang sangat berguna bagi perusahaan atau perancangan produk agar bisa meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan. Hal ini, juga bisa didapatkan melalui sebuah survei, feedback dari pelanggan, dan lain sebagainya. Perusahaan akan bisa mengadaptasikan komentar dan pengalaman yang dimiliki oleh pelanggan mereka terhadap produk atau layanan secara mendalam, dengan adanya data science perusahaan akan terbantu dalam merancang produk baru atau meningkatkan produk yang sudah ada sesuai dengan kebutuhan pelanggan secara tepat sasaran.

Data Science

Credit by KajianPustaka


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Meningkatkan Efektivitas Keputusan

Selanjutnya pemanfaatan data science dalam bisnis adalah bisa meningkatkan efektivitas pengambilan keputusan bisnis. Di era digital seperti inilah, data yang dihasilkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang bisnis menjadi semakin kompleks dan juga sulit untuk diolah dan dianalisis secara manual. Sehingga diperlukan solusi yang bisa bergerak secara otomatis agar mendapatkan hasil yang lebih akurat dan juga menghindari terjadinya human error yang masih sering terjadi ketika mengolah data secara manual. Maka dari itu, dengan menggunakan data science, perusahaan ini dapat mengambil sebuah keputusan dengan berdasarkan analisis data yang lebih akurat dan juga real-time.

Data Science

Credit by Samahita Wirotama


3. Meningkatkan Prediksi Dalam Bisnis

Salah satu kegiatan yang penting dalam bisnis adalah analitik prediktif, karena pada analisis data diperlukan algoritma machine learning untuk bisa memprediksi sebuah hasil data dengan menggunakan data historis dengan menggunakan tools analitik seperti SAS. Dengan bantuan praktisi data, akan mampu untuk membantu mengekstrak data tersebut menjadi sebuah informasi atau insight baru bagi bisnis. Informasi ini berguna untuk menganalisis dan juga memprediksi dalam skala luas dan mendapatkan strategi pengambilan keputusan yang diperlukan, apakah strategi tersebut sesuai dengan tujuan bisnis yang dijalankan atau tidak.

Data Science

Credit by Jurnal.id


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


4. Meningkatkan Kinerja Operasional

Pemanfaatan data science di dalam bisnis juga bisa membantu meningkatkan kinerja operasional. Data science ini bisa digunakan dalam berbagai macam aspek bisnis, seperti manajemen rantai pasok, manajemen inventaris, dan juga manajemen resiko. Dengan menganalisis data, kalian bisa mengoptimalkan proses operasional bisnis dan juga mengidentifikasikan area atau bagian yang memerlukan sebuah peningkatan. Implementasi machine learning juga bisa dipakai untuk memprediksi permintaan para pelanggan untuk mengatur persediaan yang tepat, sehingga bisa meningkatkan efisiensi operasional bisnis dan juga mengurangi biaya yang tidak diperlukan.

Data Science

Credit by Kredit Mudah Cair


Gimana sahabat DQ? Kamu bisa belajar lebih lanjut terkait data science dan rangkaian skillset untuk menjadi praktisi data. DQLab merupakan salah satu situs belajar online yang tepat kamu pilih terutama jika kamu adalah seorang pemula atau profesional yang ingin beralih profesi sebagai praktisi data. Karena pembelajaran DQLab berfokus dengan pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti python dan R.


Selain itu juga merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasikan fitur ChatGPT. DQLab juga menerapkan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome Based yang dirancang ramah untuk pemula. Sehingga membuat kamu terlatih berdasarkan trial and error. Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login