FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 32 Menit 45 Detik 

Aplikasi Concat SQL dalam Pengolahan Data Numerik

Belajar Data Science di Rumah 29-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2a41536a6b4ffd5eb10494703f930486_x_Thumbnail800.jpg

Concat SQL adalah salah satu fungsi yang dimiliki oleh software SQL dalam melakukan penggabungan suatu data. Fungsi Concat SQL adalah mengembalikan yang dihasilkan dari penggabungan dua atau lebih karakter string secara end to end.


Fungsi ini kurang lebih mirip dengan fungsi CONCATENATE yang dimiliki oleh Excel. Fungsinya juga sama yaitu melakukan penggabungan beberapa karakter dalam bentuk data string yang bisa membentuk sebuah kata atau kalimat. 


Ada beberapa catatan yang perlu sahabat DQ perhatikan jika kamu ingin menggunakan query CONCAT SQL ini. Misalnya dari karakter data yang dimiliki. Query CONCAT SQL punya ketentuan yaitu dapat menerima dua argumen berupa string value dengan tidak lebih dari 254 parameter argumen dari string value. Catatan ini juga kamu perlu ikuti ketika ingin menuliskan query CONCAT SQL pada database yang ingin kalian gabungkan. 


Concat SQL punya kedudukan yang sejenis dengan query JOIN SQL. Hanya saja, CONCAT SQL hanya berfokus pada data yang berbentuk string. Lalu, apakah memang tidak bisa dengan data numerik? Tentu bisa! Bagaimana ya aplikasi query Concat SQL dengan pengolahan data numerik? Selengkapnya kamu bisa cek langsung melalui artikel berikut ini!


1. Aturan Penulisan CONCAT SQL

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan variasi query CONCAT, ada baiknya kita kenalan dulu dengan bentuk persamaan dari CONCAT SQL itu sendiri. Buat kalian yang belum paham dan tahu apa itu CONCAT boleh disimak ya teman-teman

CONCAT ( string_value1, string_value2 [, string_valueN ] )

sql

Note:

string_value: query ini digunakan untuk nilai string yang digabungkan dengan nilai lainnya. Dalam fungsi CONCAT sendiri setidaknya membutuhkan dua argumen.


Namun dua argumen sendiri ada ketentuannya. Terdapat string_value dan satu argumen yang karakternya tidak lebih dari 254 parameter.  String_value = nilai string yang panjang dan tipenya bergantung pada input.


Fungsi CONCAT SQL ini tersedia dalam berbagai versi SQL. Mulai dari SQL Server yang didukung oleh berbagai versi, Azure SQL Database, Azure SQL Managed Instance, Azure Synapse Analytics, Analytics Platform System (PDW). 


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2.  Concat SQL dalam Bentuk Tabel

Dalam melakukan operasi menggunakan query CONCAT SQL, kali ini kita akan coba untuk menerapkan query ini untuk pengolahan data numerik. Operasi pertama yang kita ingin lakukan adalah CONCAT SQL untuk tabel data.


Kita gunakan argumen ini untuk melakukan akses terhadap tabel yang tersedia dengan mengikuti beberapa instruksi. Misalnya seperti halnya contoh potongan kode di bawah ini.

Create table stu_data_1(rno numeric(11), fname varchar(30), lname varchar(30))
insert into stu_data_1 values(11,'Anu','sharmaa')
insert into stu_data_1 values (13,'varc','arun')
select * from stu_data_1


Dari potongan sintaks diatas, kita mencoba untuk membuat tabel terlebih dahulu yang terdiri dari tiga kolom. Kolom pertama berisi nomor, kolom kedua berisi nama depan dan kolom ketiga berisi nama belakang. Kemudian dimasukkan satu persatu nama-namanya sesuai data yang diinput. 


Berikut adalah hasil output operasi CONCAT SQL dalam bentuk tabel:

sql

Untuk lebih jelasnya kamu bisa lihat secara keseluruhan melalui gambar di bawah 

sql

Dari sini, kita hanya ingin melakukan penggabungan antara kolom first name dengan kolom last name. Kamu bisa lihat paling bawah untuk hasil operasi CONCAT. Contoh simplenya begini. Apabila Anu adalah nama pertama dan Sharmaa adalah nama kedua maka ketika digabungkan menjadi Anusharmaa.


3.  Concat SQL dalam Pengolahan Data Numerik

Operasi selanjutnya adalah Concat SQL yang dilakukan dengan data numerik. Dalam SQL, kamu juga bisa menggabungkan angka-angka yang didalam tabel. Caranya juga kurang lebih sama dengan kita melakukan operasi CONCAT SQL tapi pada karakter string.


Jadi walaupun lebih condong ke string tapi operasi CONCAT SQL tidak selamanya demikian. Berikut adalah contoh operasi Concat SQL dengan pengolahan data numerik. Kita akan menuliskan kode berikut

SELECT CONCAT(11,12,13)


Pada kode diatas, kita menggunakan bantuan query CONCAT SQL dengan SELECT. Disini kita menggunakan tiga angka sebagai pembanding yaitu 11, 12, dan 13. Untuk mengeluarkan hasil dari penggabungan query CONCAT SQL dapat memakai “as Result” yang dituliskan oleh user. Berikut hasilnya:

sql


Sebelum kita masuk ke contoh selanjutnya, kita akan berikan sedikit informasi dulu. Pada kode yang sudah dituliskan diatas maka kita ingin menggabungkan tiga angka yaitu angka 11, 12, dan 13. angka tersebut disatukan menjadi sebuah gabungan angka dengan bantuan fungsi CONCAT SQL. Kemudian kita masuk ke contoh kedua yaitu fungsi CONCAT dalam bentuk penjumlahan.


Adapun contoh yang kita gunakan juga sama sahabat DQLab. Ada tiga angka yaitu 11, 12, 13. Namun perbedaannya hanya menggunakan tanda plus (+) sebagai CAST operator untuk melakukan konversi antara data numerik menjadi data berformat string menggunakan fungsi Concat SQL. Berikut adalah contoh penggunaannya:


Sebelumnya kita ketikkan sintaks berikut:

SELECT (11+12+13) as Result;

sql

Nb: sintaks ditulis dengan menggunakan tanda plus (+) sebaga pemisah diantara angka-angka tersebut. Kemudian diakhiri dengan as Result dan titik koma sebagai penanda.


Baca Juga: Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4.  Concat SQL dalam Null Value

Lanjut kita masuk ke operasi Concat SQL yaitu operasi NULL Value. Dalam SQL Server, Null adalah penunjuk khusus yang menentukan nilai yang tidak ditentukan atau tidak ada. Apabila user ingin meneruskan nilai NULL sebagai parameter ke fungsi CONCAT, nilai NULL dikonversi menjadi string kosong.


Pada kasus ini terdapat nilai NULL atau field tanpa nilai alias kosong. Nilai NULL memiliki perbedaan dengan nilai Nol. Jika nilai nol ini mereka masih mengandung nilai. Sedangkan nilai NULL adalah sebuah kolom yang dibiarkan kosong. Nilai NULL tetap bisa dilakukan pengujian dengan query CONCAT SQL. 


Berikut adalah contoh sintaksnya:

SELECT CONCAT(‘good’,NULL,’Day’) AS Result_out;


Pada contoh ini, kita ingin mencoba untuk menggunakan query Concat SQL dengan menggabungkan antara kata “Good” dan “Day” melalui operasi null value. Berikut adalah hasilnya:

sql

Kalau dilihat-lihat memang expression NULL melalui fungsi CONCAT tidak berpengaruh pada hasil fungsi dan berperilaku seolah-olah seperti string kosong. Selanjutnya, jika semua parameter adalah NULL maka output fungsi akan menjadi string kosong.


Berikut adalah sintaksnya:

SELECT CONCAT (NULL,NULL) AS Result_out;

sql

Akibatnya, kita dapat mengasumsikan bahwa nilai NULL tidak berpengaruh pada kinerja fungsi


Banyak hal yang bisa dikulik dari penggunaan query CONCAT SQL terutama dalam hal pengolahan data numerik. Kalau misalnya kamu penasaran ingin tahu lebih banyak seputar SQL.


Belajar SQL di DQLab memiliki beberapa keunggulan seperti dapat belajar secara live code, tersedia berbagai macam modul dengan beberapa bahasa pemrograman yang berbeda. 


Signup sekarang dengan isi form dibawah ini yaa!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :