FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 5 Menit 25 Detik 

Aplikasi Statistik yang Bersifat Open Source Alternatif Pengganti SPSS

Belajar Data Science di Rumah 26-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5ae7e2bf991808c5ada86cb49bb49663_x_Thumbnail800.png

Aplikasi statistik merupakan software atau tools yang memiliki kemampuan pengolahan data dengan menerapkan kerangka kerja statistik. Aplikasi statistik ada yang berbayar ada juga yang bersifat gratis. Umumnya aplikasi statistik bisa digunakan di berbagai sistem operasi seperti Windows, MacOS, dan Linux. Melihat perkembangan bisnis sekarang ini serta munculnya istilah big data, analisis statistik tidak mungkin dikerjakan secara manual. Hal ini karena big data merupakan data dengan volume yang sangat banyak dan bervariasi. Sehingga perlu aplikasi yang mampu membantu pengolahan big data dan meminimalisir kesalahan perhitungan statistik.


Tujuan dilakukannya analisis statistik adalah menemukan informasi yang berguna di balik data yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan kesimpulan. SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) adalah salah satu software yang sudah dikenal sangat baik dalam melakukan analisis statistik. Fungsi SPSS antara lain yaitu untuk transformasi data, menciptakan grafik beresolusi tinggi, melakukan lebih dari satu analisis dalam satu waktu, dan distribusi secara elektronik. Namun SPSS ini berbayar dan harganya cukup mahal. Lalu bagaimana pemula yang ingin belajar analisis statistik menggunakan aplikasi statistik? Tenang, aplikasi yang menunjang analisis statistik ada juga yang gratis, kok. Apa saja ya? Yuk, simak bersama di bawah ini!


1. SOFA

SOFA merupakan aplikasi statistik bersifat open source yang memiliki fitur analisis dan reporting yang user-friendly. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk menampilkan hasil analisis yang menarik dan siap dibagikan. Dengan SOFA kita dapat terhubung langsung ke database hanya dengan melakukan login. Kita juga dapat mengedit database dari SOFA atau menerapkan filter agar fokus pada subset yang kita inginkan saja. SOFA mendukung beberapa macam database yaitu MySQL, Microsoft Access, SQLite, PostgreSQL, Microsoft SQL Server, dan CUBRID. Chart yang bisa dibuat menggunakan SOFA yaitu antara lain bar chart, clustered bar chart, pie chart, area chart, dan scatterplot. Adapun teknik statistik yang dapat digunakan dengan SOFA yaitu antara lain mean, median, standard deviation, sum, min, max, one-way ANOVA, Mann Whitney U, dan Kruskal Wallis H.


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. SCI Labs

SCI Labs adalah software yang digunakan untuk analisis data bersifat open source dibawah lisensi GPL. SCI Labs memberikan komputasi berkualitas tinggi, statistik, dan pemodelan secara gratis. Biasanya software ini digunakan para ahli data untuk melakukan perhitungan statistik di industri. Interface dan fungsionalitas yang tinggi mampu melakukan analisis yang menggunakan big data. Beberapa fitur yang terdapat pada SCI Labs adalah descriptive statistics, standard deviation, variance analysis, data analysis dan modeling, regression test, SCI histplot, frequency distribution test, probability test, basic statistics function, dan linear and non linear modeling. 


3. MacAnova

MacAnova merupakan aplikasi statistik bersifat open source dan interaktif yang dikembangkan oleh Gary W. Oehlert dan Christopher Bingham yang berasal dari sekolah statistik Universitas Minnesota. Aplikasi ini dapat dipasang pada sistem operasi Windows, MacOS, dan Linux. Banyak kemampuan yang dimiliki MacAnova, namun yang paling powerful adalah untuk melakukan analisis varian dan model yang terkait, aljabar matriks, analisa time series, dan statistik eksplorasi multivariate. Fitur-fitur lainnya yang tersedia di MacAnova yaitu antara lain t-Test, ANOVA, K-Means cluster analysis, Hierarchical cluster analysis, discrimination and factor analysis, quartiles, skewness, logistic regression, linear modeling, mean, variance, dan median.


4. R dan R Studio

R adalah bahasa pemrograman turunan dari bahasa SS yang memiliki fungsi untuk komputasi statistik. Bahasa R banyak digunakan oleh para ahli statistik untuk mengembangkan software statistik dan analisis data. Dalam menggunakan bahasa R kita harus memiliki RStudio yaitu lingkungan pemgembangan yang terintegrasi dengan R. Ada banyak package dan library yang mendukung proses analisis hingga visualisasi data seperti package tidyverse dan library ggplot yang sering digunakan untuk memvisualisasikan data. R populer digunakan oleh data scientist dan memiliki komunitas yang luas. 


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Belajar Penggunaan Aplikasi Statistik, Pentingkah?

Dari yang sudah dibahas di poin-poin sebelumnya, mana yang menarik menurutmu? Masih banyak aplikasi statistik yang mampu melakukan analisis statistik dan bersifat gratis. Mana yang lebih baik? Kembali lagi tergantung kebutuhan penggunanya mana aplikasi yang mampu memudahkan pekerjaan pengolahan datanya. Belajar pengunaan aplikasi statistik ini penting jika kamu tertarik di bidang data. Selain menggunakan aplikasinya, kamu juga harus paham teknik analisis apa yang cocok dengan data yang kamu miliki. Kemampuan statistik umumnya menjadi syarat wajib untuk kandidat yang ingin bekerja di bidang data atau data science. Mulailah dengan membuat portofolio data yang menarik untuk menunjukkan kemampuanmu. Kamu bisa mendapatkan data di internet atau melakukan web scraping. Dengan mendaftar di DQLab.id kamu bisa mendapatkan modul gratis yang berisi materi mengenai penggunaan salah satu aplikasi yang sudah dibahas sebelumnya yaitu bahasa R. Selesaikan modulnya dan dapatkan sertifikat completion secara gratis. 


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :