TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 17 Jam 15 Menit 51 Detik 

Aplikasi Statistika: 4 Alasan Ms. Excel Layak Menjadi Salah Satunya

Belajar Data Science di Rumah 04-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/38e7ab0f0f5b8fa419bae6e5c1c8590b_x_Thumbnail800.jpg

Statistika adalah ilmu yang berhubungan dengan data. Setiap tahapan yang ada dalam proses analisis data bisa diselesaikan dengan statistika. Mulai dari proses merencanakan berapa jumlah data yang akan digunakan dalam penelitian, membersihkan data mentah hingga siap dianalisis, menentukan metode yang akan digunakan sesuai dengan data yang ada, memvisualisasikan data hingga menginterpretasi hasil analisisnya. Data sendiri merupakan segala sesuatu yang memuat informasi, bisa berbentuk angka, teks, audio, video, dll.


Beberapa waktu belakangan ini, data mulai populer dimanfaatkan di berbagai kalangan dan sektor industri. Pemanfaatan data ini dilakukan agar proses pembuatan keputusannya menjadi lebih objektif dan merepresentasikan keadaan yang sebenarnya. Jika jumlah data yang ada sangatlah banyak, tentu akan sulit jika data tersebut diolah secara manual tanpa menggunakan aplikasi. Salah satu aplikasi pengolahan statistika yang bisa digunakan mengolah data, khususnya data angka adalah Ms. Excel. Nah, kira-kira kenapa sih Ms. Excel ini bisa menjadi salah satu aplikasi pengolahan data? Yuk, simak alasannya!


1. Banyak Fungsi yang Mendukung

Dalam Ms. Excel, ada banyak sekali fungsi yang bisa dimanfaatkan agar proses pengolahan data dan perhitungan statistika menjadi lebih mudah. Dengan adanya fungsi, kita tidak perlu lagi menjabarkan rumusnya secara manual, meskipun kita tetap bisa melakukan hal tersebut. Fungsi Statistika yang paling sering digunakan adalah MAX, MIN, AVERAGE, MEDIAN, dll. Namun ternyata, selain fungsi yang sering digunakan, Ms. Excel juga telah menyediakan banyak sekali fungsi yang telah dikelompokkan berdasarkan bidangnya masing-masing. 


Untuk menemukan fungsi yang berhubungan dengan statistika, kamu bisa mendapatkannya di Menu Formulas, kemudian more Function, lalu pilih Statistical. Setelah itu akan keluar banyak sekali fungsi dengan berbagai kegunaan. Kamu bisa mengarahkan kursornya ke fungsi tertentu untuk mengetahui kegunaannya.


statistik


2. Bisa Membuat Summary Data

Salah satu kegunaan statistika adalah untuk mengetahui summary dari data. Jika data yang kamu miliki sangat banyak, tentu membuat summary secara manual akan sangat lama. Dengan menggunakan salah satu fitur yang ada di Ms. Excel kamu bisa melakukan proses summary dengan sangat mudah dan cepat. Salah satu fitur tersebut adalah Pivot Table. Summary yang dimaksud disini adalah lebih ke arah menunjukkan gambaran dari data, seperti mengetahui berapa jumlah data per kategori, data apa saja yang masuk ke kategori tertentu, dll. Untuk mengaksesnya, kamu bisa menemukannya di menu Insert, bagian Tables


statistik

3.Proses Cleaning Data yang Mudah

Data cleaning menjadi hal yang sangat dibutuhkan, terlebih jika data yang digunakan merupakan data mentah dan dikumpulkan oleh banyak orang. Tidak menutup kemungkinan format yang digunakan bisa berbeda, data yang tidak berbentuk kolom atau bahkan ada data yang duplikat. Data yang duplikat akan membuat hasil analisis menjadi tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Proses membersihkan data bisa dilakukan dengan memanfaatkan berbagai fitur yang disediakan di menu Data. Kamu bisa mengurutkan data, memilih data untuk keadaan tertentu dengan menggunakan fitur yang ada di bagian Sort & Filter. Kamu juga bisa mengubah data yang bentuk nya teks ke dalam kolom dengan menggunakan Text to Columns, serta menghilangkan data duplikat dengan fitur Remove Duplicate.


statistik


4. Mampu untuk Membuat Visualisasi Data

Selain mampu untuk melakukan data cleaning dan analisis data, Excel juga bisa digunakan untuk membuat berbagai bentuk visualisasi. Dalam pembuatan visualisasi, pemilihan chart akan sangat menentukan hasil interpretasi data. Misalnya jika data trend, maka ada baiknya menggunakan line chart, atau ketika kategori yang digunakan dalam data sudah lebih dari 5, maka sebaiknya tidak menggunakan pie chart, dll. Untuk mengakses fitur chart ini, kamu bisa masuk ke menu Insert lalu memilih chart sesuai dengan datamu di bagian Charts.

statistik


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Tertarik Belajar Excel? Di DQLab Aja, Yuk!

Selain belajar bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh praktisi data seperti R, Python, dan SQL, kamu juga bisa belajar Excel di DQLab loh. Caranya gampang banget, kamu cukup membeli modul Platinum Excel yang telah disediakan. Bedanya dengan modul premium yang harus terus berlangganan, modul platinum cukup dibeli satu kali saja dan kamu akan bisa mengaksesnya secara terus menerus tanpa waktu yang terbatas. Modul ini juga cocok untuk kamu yang masih pemula hingga kamu yang ada di level medium. Tunggu apalagi? Buruan sign up dan nikmati modulnya!


Penulisnya: Gifa Delyani Nursyafitri


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!