DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 21 Jam : 11 Menit : 6 Detik

Array Pada Python, Kenali 3 Metode untuk Menghapus Array

Belajar Data Science di Rumah 30-November-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d1ef131e35d655f5ddae9eaf35010114_x_Thumbnail800.jpg

Array pada Python merupakan hal yang terbilang cukup krusia dan fundamentall dalam  pemrograman. Hal ini karena array memungkinkan untuk menyimpan maupun referensi objek dalam jumlah yang banyak. Hampir semua bahasa pemrograman menggunakan array sehingga array menjadi sesuatu yang sangat penting untuk dipelajari. Untuk membuat array terbilang cukup mudah, hanya dengan menuliskan angka atau teks yang dipisahkan dengan tanda koma. Namun yang perlu diingat, data tersebut harus berada dalam tanda kurung siku ( [ ] ), ya.


Di dalam array pada Python sendiri, pada dasarnya terdapat berbagai metode yang digunakan untuk memodifikasi array yang telah dibuat. Dengan adanya metode - metode ini, maka kita tidak perlu lagi membuat array baru jika harus menghapus, mengganti, dan menambahkan data baru. Metode - metode yang disediakan oleh Python tentunya sangat membantu sehingga pekerjaan yang dilakukan akan menjadi lebih efektif dan juga efisien.

Nah, untuk metode menghapus array saja ternyata tidak hanya terdiri dari satu metode, loh. Berbeda jenis penghapusan yang akan dilakukan, berbeda pula metode yang dipilih. Misalkan kita hanya ingin menghapus satu data dengan nama tertentu, atau kita ingin menghapus data dengan index tertentu, atau bahkan kita ingin menghapus semua data. Penasaran kana pa saja metode yang dapat digunakan untuk menghapus array?

Berikut ini akan dibahas apa tentang metode-metode penghapusan pada array Python. Simak terus ya ulasan berikut ini!

1. Metode Penghapusan dengan Remove()

Metode penghapusan array pada Python pertama yang akan dibahas adalah remove(). Metode remove() ini digunakan untuk menghapus nilai pertama dengan value yang spesifik. Misalkan kita memiliki lima data, data pertama dan juga data kelima berisi nilai yang sama sedangkan yang lainnya berbeda, nah ketika menggunakan metode remove(), nilai pada data pertama akan dihapus. Metode ini akan sangat bagus digunakan jika ada duplikasi data yang jumlahnya tidak lebih dari dua.

Dari pada bingung, berikut ini contohnya:

job = ["Data Scientist", "Data Analyst", "Data Engineer", "Data Scientist",

"Business Intelligence"]

job.remove("Data Analyst")

print(job)

Outputnya akan menjadi,

["Data Scientist", "Data Analyst", "Data Engineer", "Data Scientist"]

Meskipun Data Scientist juga memiliki dua nilai yang sama, yaitu data di index [0] dan index [4], namun karena nilai yang didefinisikan untuk dihapus adalah Data Analyst, maka outputnya tetap menghasilkan Data Scientist sebanyak 2 nilai.

Baca juga : Python Array : Memahami Kegunaan Array Dalam Python

2. Metode Penghapusan Array dengan Pop()

Metode selanjutnya yang akan dibahas adalah metode penghapusan dengan pop(). Apa bedanya pop() dengan remove()? Pada dasarnya, remove() dan pop() hanya digunakan untuk menghapus satu nilai saja, namun jika tadi sebelumnya kita telah menghapus data dengan mendefinisikan nilainya, maka pada metode pop() kita hanya perlu menuliskan index nya. Pada dasarnya metode ini akan sangat berguna ketika kita ingin menghapus nilai yang spesifik, misalnya di index ke- [0], [1], dan lain sebagainya. Yuk, kita mulai simulasikan gimana sih contoh penggunaan metode pop() ini?

job = ["Data Scientist", "Data Analyst", "Data Engineer", "Data Scientist",

"Business Intelligence"]

job.pop(3)

print(job)

Outputnya akan menjadi,

["Data Scientist", "Data Analyst", "Data Engineer", "Business Intelligence"]

Berdasarkan data di atas, Data Scientist terdiri dari dua nilai yang sama. Nah ketika kita mencoba menggunakan metode pop() untuk menghilangkan nilai duplikasinya, maka kita harus mendefinisikan secara manual index mana yang akan dihilangkan. Berdasarkan dari outputnya sendiri kita dapat melihat bahwa data pada index [3] yaitu Data Scientist telah berhasil dihapus karena pada outputnya, Data Scientist hanya terdapat di index[0].

3. Metode Penghapusan Array dengan Clear()

Metode penghapusan array pada Python yang selanjutnya adalah metode clear(). Apa sih bedanya metode ini dengan dua metode sebelumnya yang telah kita bahas? Nah, jika pada metode remove() dan metode pop(), kita dapat menghapus hanya satu data, sedangkan pada metode clear() kita dapat menghapus semua data yang ada.

Hal ini akan sangat berguna ketika data yang ada pada array tertentu salah atau sudah tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, sementara nama array nya telah banyak digunakan di koding-koding selanjutnya. Daripada kita harus mengubah koding di bawahnya yang lebih banyak, lebik baik kita menghapus semua element yang ada di array tersebut.

job = ["Data Scientist", "Data Analyst", "Data Engineer", "Data Scientist",

"Business Intelligence"]

job.clear()

print(job)

Outputnya akan menjadi,

[]

Nah, output yang dihasilkan dari array tersebut telah kosong, artinya kita telah berhasil menghapus semua data yang ada.

Baca juga : Yuk, Mulai Belajar Data Science dengan Bahasa Pemrograman Python

4. Mulai Terapkan Ilmunya dengan Belajar Data Science bersama DQLab!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industi masa kini! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2. Akses module Introduction to Data Science

3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri 

Editor : Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!