DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 22 Jam : 38 Menit : 21 Detik

Array Python Adalah Fundamental yang Harus Dikuasai oleh Pemula

Belajar Data Science di Rumah 02-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f0b682fa8aec632b611c9ad0cb03cd6d_x_Thumbnail800.jpg

Array Python adalah tipe data yang sangat dasar dalam Python. Setiap orang yang baru mulai mempelajari Python, harus mengenal dan memahami array terlebih dahulu. Pada dasarnya, setiap hal rumit pasti tersusun dari berbagai hal-hal sederhana dan fundamental. Itulah mengapa dalam setiap proses pembelajaran pasti akan terbagi menjadi beberapa tingkatan. Tingkatan atas tidak akan dapat dipahami jika tingkatan bawah atau basic nya belum dikuasai. Nah, array dan tipe data lainnya termasuk ke bagian hal dasar yang harus dipelajari sangat awal.

Secara umum, Array merupakan struktur data yang dapat menampung lebih dari satu nilai dalam satu waktu yang bersamaan. Pengertian array sendiri adalah kumpulan dari beberapa element secara berurutan dan memiliki jenis yang sama. Misalkan nilai pertama nya berupa angka, maka semua nilai selanjutnya juga harus berupa angka. Array juga bersifat mutable atau dapat diubah sehingga ini akan sangat berguna ketika kita ingin melakukan manipulasi sesuai dengan keadaan terbaru.

Untuk melakukan berbagai manipulasi tentunya dibutuhkan berbagai metode. Misalnya saja dalam proses penambahan element. Siapa sangka dalam proses penambahan element di array terdapat lebih dari satu metode. Penasaran apa saja metode nya? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Penambahan dengan Apend()

Proses penambahan element array Python yang pertama adalah dengan menggunakan append(). Dengan menggunakan append(), element array yang baru ditambahkan akan secara otomatis terletak di akhir bagian dari array. Metode append() ini cukup bagus digunakan jika kita ingin menambahkan satu element array tapi tanpa memperhatikan urutan penempatan. Contoh penggunaan metode ini adalah:

modul = ["SQL", "R", "Python","Excel"]

modul.append("Tableau")

print(modul)

Outputnya akan menjadi,

["SQL", "R", "Python","Excel", "Tableau"]

Tableau sebagai element yang terakhir ditambahkan akan secara otomatis berada di urutan terakhir.

Baca juga : Python Array : Memahami Kegunaan Array Dalam Python

2. Penambahan dengan Extend()

Proses penambahan yang selanjutnya adalah dengan menggunakan extend(). Pada dasarnya penambahan dengan extend() di Python juga menyebabkan data yang ditambahkan berada di posisi terakhir, namun datanya merupakan data list. Fungsi extend() ini akan sangat berguna jika kita ingin menambahkan data lebih dari satu data baru. Contoh penggunaannya adalah:

modul = ["SQL", "R", "Python"]

modul.extend(["Tableau", "Excel"])

print(modul)

Outputnya akan menjadi,

["SQL", "R", "Python", "Tableau", "Excel"]

Array pada awalnya hanya berisi SQL, R, dan Python. Kemudian ditambahkan dengan data dalam bentuk list. Secara otomatis, data dari list tersebut akan berada di setelah data terakhir dari data array.

3. Penambahan dengan Insert()

Metode penambahan selanjutnya adalah dengan menggunakan insert(). Perbedaannya dengan yang sebelumnya adalah kita dapat menentukan data baru yang ditambahkan akan diletakkan di urutan ke berapa. Metode ini akan sangat bagus digunakan jika kita ingin menambahkan data baru namun harus memperhatikan urutannya. Misalkan kita ingin menambahkan data Tableau setelah Python, berarti di index [3], maka:

modul = ["SQL", "R", "Python", "Excel"]

modul.insert(3,"Tableau")

print(modul)

Outputnya akan menjadi,

["SQL", "R", "Python", "Tableau", "Excel"]

Sayangnya, pada metode ini sama seperti metode append(), kita hanya diperbolehkan untuk menambah satu data saja dalam sekali penambahan.

Baca juga : Yuk, Mulai Belajar Data Science dengan Bahasa Pemrograman Python

4. Mulai Terapkan Ilmunya dengan Belajar Data Science bersama DQLab!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industi masa kini! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2. Akses module Introduction to Data Science

3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri 

Editor : Annissa Widya

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!