DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 20 Jam : 53 Menit : 19 Detik

Array Python: Pahami Fungsi Yang Umum Digunakan Pada Array

Belajar Data Science di Rumah 21-Januari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c363724061f06cc0172e13fd27b90610_x_Thumbnail800.jpg

Array adalah kumpulan variabel yang memiliki tipe data sama yang berarti pada suatu array hanya bisa berisi satu tipe data saja misalnya numerik atau karakter. Array pada bahasa pemrograman Python bisa diproses dengan salah satu library Python yaitu Numpy. Numpy menyimpan data dalam bentuk array. Array pada Python memiliki beberapa format seperti list, tuple, dan set. Sedangkan untuk tipe datanya, array dapat berisi tipe data integer, boolean, word, char, string, dan lainnya. 


Urutan pada array disebut index dan selalu dimulai dari 0. Maka ketika kita akan mengakses nilai pertama pada array, cukup dengan memanggil indexnya saja yaitu 0 dan index selanjutnya. Terdapat beberapa fungsi yang umum digunakan ketika memproses array. Apa saja ya? Yuk simak dibawah ini.


1. Menampilkan Seluruh Isi Array Dengan for in loop

Array dapat diakses dengan memanggil indexnya. Namun jika isi array sangat banyak, tentunya tidak efisien dengan memanggil indexnya karena baris code bisa jadi sangat panjang. Maka kita bisa menggunakan fungsi for in loop. Format penulisannya yaitu for [variabel] in [nama array] seperti berikut:



Dari contoh bisa dilihat dengan menggunakan fungsi tersebut kita bisa mengakses seluruh isi array dengan lebih cepat.

Baca juga : Python Array : Memahami Kegunaan Array Dalam Python


2. Memperbarui Array

Ketika membuat array atau memproses array, seringkali ada data yang perlu dihapus atau ditambah sesuai kondisi. Dalam hal ini, Python memberikan beberapa fungsi yang bisa digunakan yaitu append, remove, pop, dan insert. Append dan insert pada dasarnya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menambahkan nilai pada array, perbedaannya hanya pada kondisi penggunaannya. Fungsi append menambahkan nilai array pada urutan akhir. Sedangkan dengan fungsi insert kita bisa menambahkan nilai array pada posisi tertentu. Remove dan pop juga memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menghapus nilai array. Perbedaannya remove akan menghapus nilai pertama dalam daftar, sedangkan dengan pop kita bisa menghapus item pada posisi tertentu.


3. Mengurutkan Nilai Array

Dalam bahasa pemrograman Python juga tersedia fungsi yang dapat dipakai untuk mengurutkan nilai array. Ada fungsi sort yang digunakan untuk mengurutkan nilai array, fungsi reverse yang digunakan untuk mengembalikan urutan nilai array. Dalam array list, fungsi yang digunakan untuk mengurutkan nilai array adalah sorted. Jika penggunaan fungsi sort harus diikuti dengan variabelnya, maka pada fungsi sorted kita cukup memanggilnya dan menuliskan variabel pada parameternya.

Baca juga : 3 Metode Numpy Array Python Sebagai Dasar Proses Manipulasi Data


4. Yuk Mulai Belajar Data Science Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!



Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!