DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 21 Jam : 42 Menit : 45 Detik

Belajar Bahasa Pemrograman: Simak Aturan Dasar Belajar Coding pada Python

Belajar Data Science di Rumah 22-September-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7e5a64c74fa25593b96faa1a1be7f404_x_Thumbnail800.jpg

Setelah mengenal apa itu bahasa pemrograman Python, kamu tentu perlu mempersiapkan beberapa hal untuk menerapkannya dalam proses pengolahan data. Sebelum belajar bagaimana cara penerapan bahasa pemrograman Python, kamu perlu melakukan instalasi Python untuk keperluan belajarmu. Tenang, dengan bergabung bersama DQLab kamu bisa mengakses Ebook “Tutorial Instalasi Python” secara gratis.

Dengan menginstal Python, kamu bisa mulai bagaimana cara mengoperasikan bahasa pemrograman ini. Sebelum mulai menerapkan bahasa pemrograman ini, ada beberapa aturan belajar coding pada Python yang perlu kamu perhatikan. Yuk, kita simak bersama sahabat data!

    1. Perhatikan Penulisan Statement dan String pada Python

    Dengan pemahaman dasar terkait penerapan coding pada Python, kamu bisa dengan mudah mengatasi beberapa resiko apabila terjadi error. Aturan pertama yang perlu kamu perhatikan ialah penulisan statement pada Python. Statement sendiri merupakan sebuah kalimat perintah atau instruksi yang akan dieksekusi oleh komputer. Contoh penggunaannya adalah, ketika kamu ingin menulis satu statement jangan mengakhirinya dengan tanda titik koma (;). Berbeda halnya dengan penulisan lebih dari satu statement dalam satu baris, kamu perlu memisahkannya dengan tanda titik koma (;). 

    Sedangkan, string pada Python merupakan sekumpulan karakter atau teks. Biasanya, penulisan string dalam pemrograman biasanya ditulis dengan menggunakan tanda petik tunggal (‘) atau ganda (“). Selain itu, kamu juga bisa menulisnya dengan menggunakan tiga atau triple tanda petik (“””DQLab”””). 

    Baca juga: Belajar Data Science: Kenali Dasar Bahasa Pemrograman Python yang Cocok bagi Pemula

    2. Penulisan Case dan Blok pada Bahasa Pemrograman Python

    Adapun aturan pada penulisan case dan blok pada Python. Sintaks bahasa pemrograman Python bersifat case sensitive yang artinya variabel judul dengan judul itu dibedakan. Selain penulisan case, kamu juga perlu memperhatikan penulisan blok pada Python. Blok program sendiri merupakan kumpulan dari beberapa statement yang digabungkan ke dalam satu blok. Selain itu, penulisan blok program pada Python harus ditambahkan indentasi (tab / spasi 2 kali atau 4 kali). Ada beberapa macam blok program pada Python, diantaranya blok percabangan, perulangan, fungsi, class, exception, dan with. 

      3. Aturan Penulisan Komentar di Python

      Pada penerapan Python, kamu perlu memahami penulisan komentar ketika belajar coding bahasa pemrograman ini. Komentar sendiri merupakan baris kode yang tidak akan dieksekusi. Penggunaannya bertujuan untuk memberikan informasi tambahan dan menonaktifkan kode. Ketika menulis komentar pada Python, ada beberapa cara yang perlu kamu perhatikan.

      Penulisan komentar pertama ialah dengan menggunakan tanda pagar (#), dimana hal ini merupakan cara yang paling sering digunakan. Contoh penggunaannya seperti # belajar Python bersama DQLab. Adapun cara lain yang bisa kamu terapkan adalah dengan menggunakan tanda petik tunggal (‘) atau ganda (“). Selain digunakan untuk mengapit teks atau string, tanda petik juga bisa kamu gunakan ketika ingin membuat komentar.

      Baca juga: Keuntungan Belajar Python Secara Komprehensif bersama DQLab untuk Awali Karirmu sebagai Praktisi Data


      4. Yuk, Bergabung bersama DQLab Sekarang untuk Belajar Lebih Dalam terkait Python dan Data Science!

      Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

      Sign up sekarang di DQLab.id dan nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” untuk menikmati pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

      Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

      • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

      • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

      • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

      • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

      Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

      1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

      2. Akses module Introduction to Data Science

      3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

      Penulis : Frindy Johana

      Editor : Annissa Widya Davita


      Share

      Postingan Terkait

      Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!