SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data 6 Bulan Hanya Rp. 99K
1 Hari 16 Jam 15 Menit 42 Detik

Ayo Jadi Jagoan Data Bareng Bootcamp Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 27-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9d04b5a0617c37c55b9fa132af72b979_x_Thumbnail800.jpeg

Belakangan ini, bootcamp Data Analyst mulai bertebaran dimana-mana. Hal ini dikarenakan posisi Data Analyst merupakan posisi yang banyak dibutuhkan di dunia kerja. Secara definisi, bootcamp Data Analyst merupakan program pelatihan yang fokusnya belajar seputar skill Data Analyst dengan materi yang telah disusun sesuai dengan kebutuhan industri.


Pada umumnya, bootcamp tidak membutuhkan waktu yang lama seperti sekolah formal dimana durasi pelatihan yang diselenggarakan hanya dalam waktu 3-6 bulan. Tujuan diselenggarakan bootcamp yaitu mempersiapkan lulusannya untuk menjadi seorang Data Analyst handal.


Kabar baiknya, sekarang posisi Data Analyst kini tidak harus terpatok pada gelar pendidikan yang disandang oleh kandidat. Baik lulusan dari NON-IT maupun dari jurusan IT semua punya kesempatan yang sama untuk menjadi seorang Data Analyst


Dengan mengikuti bootcamp maka peserta akan dibekali banyak muatan materi seputar skill Data Analyst, materi-materi basic seputar bahasa pemrograman Python, SQL maupun penguasaan materi Excel. Tidak lupa mereka juga akan diberikan suatu studi kasus yang harus dipecahkan dengan menggunakan tools tertentu.


Bagaimana dengan seorang experienced yang kini ingin banting setir untuk bekerja di bidang data? Jawabannya bisa loh temen-temen. Fakta menunjukkan bahwa pekerjaan di industri data masuk ke dalam pekerjaan yang high-salary.


Tidak heran apabila mereka yang sudah bekerja tentunya berpaling untuk mendapatkan posisi baru alias karir yang gemilang hanya dengan mengikuti bootcamp Data Analyst. Kali ini, kita akan bongkar lebih lanjut soal manfaat mengikuti Bootcamp Data Analyst. So, pantengin terus ya sahabat DQLab!


1. Mencari Info Tentang Program Bootcamp

Seperti yang sudah kalian ketahui bahwa, sudah banyak sekali macam-macam program bootcamp yang ada di luar sana. Maka kalian diharuskan untuk mengumpulkan berbagai macam informasi yang kalian butuhkan sebelum kalian mengikuti sebuah bootcamp. Kalian perlu memperhatikan durasi dari program bootcamp itu, normalnya bootcamp akan memakan waktu sekitar 3 sampai 6 bulan. Jadi pastikan program bootcamp yang kalian ambil sudah sesuai dengan komitmen waktu kalian sebelum memilih bootcamp.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Karakteristik Bootcamp

Bootcamp memiliki beberapa karakteristik khusus yang membedakan dengan pelatihan-pelatihan lainnya:

  • Memiliki waktu yang relatif lebih singkat. Ini supaya perusahaan bisa segera merekrut para peserta yang sekarang sudah memiliki skill sesuai kebutuhan industrinya.

  • Mengajarkan materi yang sedang trending. Alasannya untuk memperbesar peluang para peserta dalam dunia kerja. Jika peserta berhasil meniti karier dari pelatihan tersebut, hal ini juga akan berdampak positif pada perusahaan penyedia program, misalnya mendapat rating yang baik.

  • Intensif dibandingkan pelatihan lainnya. Kurikulum pada pelatihan ini sudah disusun sedemikian rupa sehingga padat dan efisien waktu. Dalam 1 hari saja, kemungkinan besar peserta sudah bisa menguasai beberapa sub materi.

  • Berfokus pada skill yang dibutuhkan industri. Karena tujuan bootcamp adalah sebagai link–and–match antara calon pekerja dengan dunia industri, sub materi pun hanya terbatas pada yang memiliki nilai praktikal tinggi di dunia kerja.


3. Keuntungan Bootcamp 

  • Mengikuti bootcamp tentu memberikan beberapa manfaat yang bisa membantu proses belajar kita terhadap bidang tertentu. Beberapa manfaat tersebut adalah:

  • Bersifat privat dan eksklusif karena peserta yang bisa mengikuti bootcamp terbatas. Sehingga proses pembelajaran bisa fokus tanpa harus membagi perhatian mentor pada lebih banyak orang yang menyebabkan suasana menjadi tidak kondusif.

  • Kurikulum disusun secara terstruktur dan berurutan sesuai dengan tingkatan ilmu

  • Project yang ada di bootcamp akan membuat kita mengasah skill praktikal agar siap terjun langsung ke dunia kerja.

  • Bisa diikuti tanpa batas usia, sehingga siapapun bisa tetap mempelajari tentang ilmu bidang tersebut.


4. Bootcamp di DQLab

Bagi kalian yang pemula tak perlu bingung mencari bootcamp yang cocok karena DQLab adalah salah satu platform belajar yang tepat. DQLab memiliki fasilitas Live Class Bootcamp Data Analyst untuk kalian yang ingin belajar secara intensif bersama praktisi handal di bidangnya. 


Program ini memberikan beragam manfaat seperti bonus kelas persiapan untuk mengetahui pemahaman awal peserta, bimbingan belajar dan konsultasi intensif, materi dan video yang dapat dipelajari selamanya, dan komunitas yang suportif. Menariknya, bootcamp ini terdiri dari dua jenis yaitu:

  • Bootcamp Data Analyst with Python & SQL

  • Bootcamp Data Analyst with Excel


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Mengikuti bootcamp Data Analyst bisa menjadi jalan pintas untuk menguasai ilmu data meskipun Sahabat DQ tidak memiliki background pendidikan yang berhubungan dengan data. Tidak bisa dipungkiri, saat ini siapapun dan apapun background nya bisa menjadi Data Analyst asalkan bisa menguasai skill yang dibutuhkan.


DQLab kerap kali memberikan promo meskipun harga yang ditawarkan untuk bootcamp nya jauh lebih murah. Mengingat kuota yang ditawarkan sangat terbatas, jadi jangan sampai kamu kehilangan kesempatan yang menarik ini ya!


Caranya gampang banget, kamu bisa kunjungi menu Live Class di website DQLab untuk mendaftar ke bootcamp yang kamu inginkan. Sekarang giliranmu untuk menjemput impian menjadi Data Analyst, yuk tunggu apa lagi?

Berikan Penilaian Kamu

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :