[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 16 Jam 0 Menit 36 Detik 

Azure Machine Learning Aplikasi Milik Microsoft yang User Friendly

Belajar Data Science di Rumah 13-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4a8a7d4f1138e95c446ac0965a0e6f50_x_Thumbnail800.jpg

Machine Learning merupakan salah satu bentuk Artificial Intelligence (AI) yang membuat sistem dapat belajar dari sebuah data. Microsoft Azure juga mempunyai layanan Machine Learning yang disebut dengan Azure Machine Learning. Azure Machine Learning merupakan environment yang dapat kita gunakan untuk mengembangkan aplikasi Machine Learning. Kita bisa bereksperimen dengan banyak data dan memilih spek komputasi untuk membangun model Machine Learning

Microsoft meluncurkan Azure Machine Learning pada bulan Juni 2014 lalu, dan secara umum tersedia pada bulan Desember 2018. Secara spesifik, Azure Machine Learning telah didukung untuk kerangka AI seperti Facebook PyTorch, Google TensorFlow, dan scikit-learn. Interface ini dirancang untuk menjadi kreasi model yang lebih sederhana, dan berbekal fitur dashboard Machine Learning dengan visual bermetode drag and drop. Layanan seperti ini cocok digunakan bagi siapa saja yang bergelut di bidang Data Science namun tidak memiliki komputer dengan kinerja yang mendukung. Lalu seperti apakah platform ini berfungsi? Yuk kita simak pembahasan berikut!


1. Azure Machine Learning


Microsoft Azure Machine Learning merupakan salah satu platform yang ditawarkan oleh perusahaan Microsoft di dalam Microsoft Azure CloudComputing yang berguna dalam mengolah dan menganalisis data dalam kuantitas yang besar melalui jaringan global. Selain itu, layanan ini juga dapat memberikan kesimpulan dengan menggunakan berbagai algoritma untuk memprediksi hasil dari sekumpulan data yang ada atau meng cluster data yang ada dan menganalisis keseluruhan datanya untuk diberikan kesimpulan menggunakan beragam algoritma. Azure Machine Learning berfungsi untuk membantu mengolah data dengan berbagai transformasi data dan berbagai fungsi statistik yang terdapat dalam algoritma Machine Learning.


Baca juga : 3 Jenis Algoritma Machine Learning yang Dapat Digunakan di Dunia Perbankan


2. Tahapan Machine Learning

Secara umum ada beberapa tahapan dalam menerapkan Machine Learning, yaitu:

  • Persiapan dataset.

  • Melakukan Preprocessing data.

  • Melakukan Training data.

  • Mengevaluasi model Training.

Proses Machine Learning dimulai dengan persiapan dataset dengan melakukan observasi data, seperti melakukan pengamatan secara langsung atau mencari pola data dan membuat keputusan yang lebih baik di masa depan berdasarkan data yang didapatkan. Algoritma Machine Learning membutuhkan data sebagai bahan belajar (Training) sebelum menghasilkan output. Cara belajar algoritma ini mengikuti cara belajar manusia, yaitu belajar berdasarkan contoh yang ada, kemudian Machine Learning akan menganalisa pola dari contoh tersebut untuk menentukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikutnya.


3. Komponen dan Tools Azure Machine Learning

Microsoft Azure memiliki tiga komponen penting dalam membangun cloud storage. Komponen pertama yaitu Compute, komponen ini memiliki fungsi untuk mengatur seluruh proses komputasi seperti foreground ataupun background. Komponen kedua adalah Storage, komponen ini berfungsi untuk menyimpan seluruh data yang ada dengan dua jenis storage yaitu, Azure storage dan SQL Azure. Komponen yang terakhir adalah Fabric, komponen ini berfungsi sebagai pengatur sistem penyimpanan pada Azure. Proses yang diatur didalamnya meliputi penjadwalan, alokasi resource, maupun manajemen.

Selain itu, terdapat sejumlah tools yang tersedia di Azure Machine Learning yang bisa digunakan oleh para Developer dan Data Scientist, yaitu Azure Machine Learning Designer, Many Models Solution Accelerator, Machine Learning CLI, Visual Studio Code, dan lain sebagainya.


4. Penerapan Azure Machine Learning

Hampir semua bidang dapat diselesaikan dengan menerapkan algoritma Machine Learning. Ketika kegiatan menyangkut proses otomasi dengan memanfaatkan kecerdasan buatan, maka Machine Learning dapat diaplikasikan. Contoh penerapan dari Microsoft Azure ini dapat dilihat pada sebuah supermarket yang memiliki beberapa cabang di beberapa kota dan negara dan menyimpan data konsumen yang sangat banyak. Transaksi meliputi pembelian barang dan jumlah barang serta total harga tersimpan dalam data mereka. Data ini akan berguna setelah dilakukan analisa untuk keperluan tertentu, misalnya melakukan prediksi.


Baca juga :Yuk Ketahui 3 Jenis Algoritma Artificial Intelligence di Dunia Industri


5. Tingkatkan Kemampuanmu dengan Belajar Machine Learning Bersama DQLab 

Dari penjelasan di atas, kita dapat memahami bahwa Machine Learning akan terus belajar selama ia digunakan. Memiliki banyak data membuat perusahaan hanya perlu mengelola arsip informasi. Di sinilah Machine Learning digunakan untuk menganalisis. Bahkan, Machine Learning juga bisa digunakan untuk mempelajari kesalahan prediksi pada masa lalu sekaligus hasil prediksinya. Hal ini akan memberikan peluang bagi perusahaan untuk lebih berkembang pada masa depan. Jadi, menggunakan Azure Machine Learning bagi perusahaan merupakan langkah yang penting, khususnya dalam penerapan Machine Learning. Berbagai tools yang tersedia dapat digunakan untuk mengembangkan perusahaan dengan pesat.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai Machine Learning serta bagaimana membuat suatu model Machine Learning? Kunjungi langsung situs DQLab dan buat Akun Gratis sekarang juga untuk menikmati pengalaman belajar bersama DQLab dengan mengakses module gratis "Introduction to Data Science". Kamu bisa mulai memperdalam ilmu kamu mengenai algoritma Machine Learning dan membangun portofolio datamu dengan belajar bersama DQLab!



Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!