DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 2 Days 17 Jam : 46 Menit : 59 Detik

Background Fisika Tak Halangi Restu untuk Upskill Kompetensi di Bidang Data Science

Belajar Data Science di Rumah 15-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/37a5213e9a02d7fddeda3028d0fb60a3_x_Thumbnail800.jpg

Restu Wijayanto, seorang yang berprofesi di Divisi Perencanaan Pemasaran pada lembaga milik BUMN Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) ini, awalnya berkeinginan menjadi Data Analyst karena data dianggap punya peran penting dalam strategi bisnis. “Awal mula saya bercita-cita menjadi Data Analyst, karena saya sadar memiliki pemahaman data itu penting karena itu awal kita membuat suatu keputusan dan rencana strategi.” Ujar Restu.


Meski memiliki latar belakang pendidikan fisika, tak mematahkan semangat Restu untuk mengejar mimpinya bergelut di industri data. Ia terus berlatih dan mempelajari banyak hal tentang dunia data science. Kali ini, DQLab akan membongkar alasannya untuk berkarir di dunia data. Ikutin terus ya!

1. Kenapa Divisi Perencanaan & Pemasaran Harus Melek Data?

Restu mengungkapkan data memiliki peran penting dalam pekerjaannya. Dengan mengenal dan memahami data, ia bisa dengan mudah untuk membuat target pemasaran. Selain memudahkan target pemasaran, suatu performa penjualan juga bisa dilihat melalui data-data yang diperoleh. “Jika data yang diperoleh positif, maka dapat diimplementasikan ke planning kedepannya.” Kata Restu.


Baca juga : Kenali Data Science Melalui Penerapannya di Dunia Pemasaran

2. Bagaimana Peran Divisi Perencanaan & Pemasaran dalam BPPT

Dalam praktiknya, BPPT merupakan instansi penyaluran teknologi kepada pemerintahan maupun ke sejumlah instansi pendidikan. Ada pun Divisi Perencanaan & Pemasaran mempunyai peran dalam pembuatan aplikasi, yang mengharuskan mereka memahami tentang data. “Karena di BPPT akan lebih banyak marketing ke arah digital untuk membuat aplikasi, tim pemasaran pun turut andil untuk membuat aplikasi BPPT dengan instansi lain.”

3. Intip Tips Berkarir di Era Pandemi Versi Restu

Ada beberapa tips yang dibagikan oleh Restu tentang bagaimana caranya untuk tetap bisa berkarir di era pandemi saat ini. Kunci utamanya terletak pada kesabaran dan jangan mudah menyerah. Bagaimana pun, selalu upayakan untuk mengirimkan CV ke sejumlah perusahaan. Semakin sering kita mengirimkan, maka semakin besar pula kemungkinan untuk mendapatkan panggilan dari pihak perusahaan.


Kemudian, upskill dan fokus belajar. Kedua hal ini nantinya akan berjalan beriringan. Jika kita fokus dalam mempelajari suatu hal, besar kemungkinan kita akan terus berupaya meningkatkan kompetensi yang kita miliki. Selain itu, penting halnya untuk memiliki time management yang baik. Hal ini berguna agar semua pekerjaan terselesaikan sesuai dengan target. Yang terakhir, jangan picky. “Jangan pilah-pilih, coba semua opportunity yang ada.” Tambahnya.


Baca juga : Intip 3 Tips Jitu Membuat Curriculum Vitae yang Akan Dilirik Perusahaan!


4. Ayo Ikuti Jejak Restu dengan Belajar Data Science bersama DQLab!

Tidak memiliki background pendidikan yang sesuai? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industi data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis : Sandi Sabar Rahman

Editor : Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!