PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 1 Jam 59 Menit 1 Detik

Bagaimana Cara Mulai Belajar Data Science Secara Otodidak?

Belajar Data Science di Rumah 16-Mei-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8177014586bc4af9b563c417356df44b_x_Thumbnail800.jpg

Data science merupakan bidang ilmu interdisiplin yang menggunakan proses metode ilmiah, algoritma dan sistem untuk mengekstraksi pengetahuan dan wawasan dari data yang terstruktur dan tidak terstruktur serta menerapkan pengetahuan dan insight tersebut agar dapat ditindaklanjuti dari data di berbagai domain aplikasi. Data science juga berkaitan erat dengan proses penambangan data, machine learning dan big data. Era revolusi industri 4.0 membuat ketersediaan data dan teknologi melimpah sehingga peran dari data science mulai dibutuhkan di berbagai sektor industri. Tak heran jika kini banyak orang yang berlomba-lomba untuk menguasai skill yang harus dimiliki seorang data science. Lantas, bagaimana cara mulai belajar data science secara otodidak untuk pemula maupun profesional yang ingin beralih profesi ? Sudah coba untuk belajar secara otodidak tapi overdosis informasi ? belajar tidak terstruktur dan malah pusing sendiri ? 


Jangan khawatir, jika kebetulan kamu mengalami hal tersebut karena kamu datang ke situs yang tepat. Sebab pada kesempatan kali ini DQLab akan membahas mengenai bagaimana cara mulai belajar data science secara otodidak melalui sumber-sumber yang jelas sehingga tetap bisa belajar secara efektif dan terstruktur. Yuk, simak penjelasannya dibawah ini ya !


1. Manfaatkan YouTube dengan Maksimal dan Bijak

Internet merupakan sumber ilmu dan informasi paling murah dan tanpa batas yang tersedia bagi siapa saja. Kemudahan dalam pengaksesannya membuat internet menjadi pilihan yang efisien bagi orang-orang yang ingin mencari berita atau informasi sekaligus berkomunikasi. Berbagai informasi dan fitur dapat diakses dengan bermodalkan internet salah satunya youtube. Dengan memanfaatkan youtube dengan maksimal dan bijak kita dapat menemukan segala informasi lengkap dengan tutorial dan langkah-langkah mengenai suatu topik pembelajaran tertentu termasuk konten mengenai data science secara gratis. 


Beberapa rekomendasi channel youtube yang wajib kamu akses jika ingin belajar mengenai data science antara lain Joma Tech yaitu seorang Data Scientist dan Product Management Silicon Valley yang menyajikan konten seputar tech industri salah satunya data science dengan bumbu-bumbu lelucon yang menarik sehingga membuat belajar kita serius tapi tetap menyenangkan, selanjutnya ada Tina Huang seorang data scientist di FAANG company yang juga menyajikan tips-tips untuk mempelajari skillset seorang data scientist dengan sederhana dan mudah dipahami dan jika kamu ingin belajar tentang bagaimana cara mendevelop sebuah aplikasi berbasiskan machine learning dan dashboard ada channel youtube dari J-CharisTech and J-Secur1ty  yang menyediakan tutorialnya.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Membaca Buku dan Jurnal

Lagi-lagi keunggulan dari internet yang bisa membantu upgrade skill kita untuk mulai berkarir sebagai seorang data scientist jalur otodidak adalah kita dapat mengakses free e-book dan juga jurnal baik nasional ataupun internasional. Dengan membaca buku dan jurnal-jurnal terkait data science kita akan mendapatkan informasi terupdate seputar data science. Adapun rekomendasi buku yang bisa kita jadikan sumber belajar antara lain Big Data: Principles and Best Practices of Scalable Realtime Data Systems buku ini membahas tentang bagaimana cara membangun sistem terukur yang berhubungan dengan sistem big data seperti Hadoop dan masih banyak lagi. Selain itu, data science juga akan erat hubungannya dengan ilmu data mining. Oleh karena itu, ada judul buku yang bisa kamu jadikan sumber belajar yaitu Mining of Massive Dataset yang bisa kamu download secara cuma-cuma di situs www.mmds.id


3. Mengikuti Komunitas atau Official Account Data Science

Lengkapi pengalaman belajar data science jalur otodidak kita dengan bergabung pada komunitas atau official account seputar data science. Bergabung dengan komunitas membuat kita menambah relasi yang memiliki ketertarikan yang sama dengan kita dan itu baik untuk meningkatkan kualitas diri kita. Komunitas juga dapat memperkaya cara pandang kita dari anggota lain sehingga kemungkinan kita menemukan ide-ide yang segar terbuka lebar. Selain itu, kita juga dapat berkesempatan menemukan mentor yang dapat membantu mengasah skill kita, dengan mengikuti komunitas secara langsung atau tidak langsung kita jadi bertambah semangat untuk terus belajar karena kita tidak sendirian melainkan kita memiliki teman-teman satu komunitas yang memiliki visi dan misi yang sama dengan kita.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Rian Tineges

    Editor : Annissa Widya Davita


      Mulai Karier
      sebagai Praktisi
      Data Bersama
      DQLab

      Daftar sekarang dan ambil langkah
      pertamamu untuk mengenal
      Data Science.

      Buat Akun


      Atau

      Sudah punya akun? Login