Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Bagaimana Cara Mulai Belajar Data Science yang Efektif?

Belajar Data Science di Rumah 15-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/71a3f1a7606fb6d1896d40e2793e35d9_x_Thumbnail800.png

Ketika kamu ingin memulai untuk mempelajari Data Science selalu saja ada bahan diskusi dalam komunitas Data Science tentang tempat terbaik untuk mempelajarinya. Tapi, ada sedikit pembahasan yang sebenarnya tak kalah berharga dan bisa dibilang penting untuk dijadikan topik pembahasan yaitu bagaimana cara mulai belajar Data Science yang efektif. Hal tersebut sangat penting khususnya bagi pemula yang ingin berkarir di bidang Data Science, yang sedang tersesat di dalam lautan informasi dan bingung harus mulai belajar dari mana. Untuk itu, penting mencari dan menerapkan metode pembelajaran belajar Data Science yang paling efektif. Data Science merupakan perpaduan antara beberapa bidang keilmuan yang memiliki tujuan untuk menemukan pola tersembunyi dari suatu data mentah. Jadi, jika kamu ingin berkarir sebagai seorang data scientist, Data Science inilah bidang ilmu yang harus kamu kuasai.


Karena Data Science merupakan perpaduan antara beberapa bidang keilmuan maka, kamu tidak harus memiliki latar belakang pendidikan di bidang STEM (Science, Technology, Engineering, Math). Selama kamu memiliki skill yang sesuai dengan requirement yang diperlukan untuk menjadi seorang praktisi data, kesempatan kamu terbuka lebar untuk berkarir di bidang Data Science. 


Tentunya untuk mendapatkan skill-skill tersebut kamu harus melalui proses belajar yang tidak singkat dan tidak mudah. Jadi, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara mulai belajar Data Science yang Efektif. Selamat membaca !


1. Belajar dari Proyek Pribadi mu

Mempelajari semua keterampilan teknis Data Science adalah proses yang panjang dan proses ini tidak mungkin instan kecuali kamu telah menemukan cara yang efektif untuk membuat diri kamu tetap termotivasi dan mengintegrasikan minat kamu ke dalam pembelajaran mu. Salah satu cara efektif adalah dengan mengerjakan proyek data pribadi mu atau portfolio sembari belajar teori-teori atau materi yang diperlukan selama masa belajar kamu. Karena bidang Data Science dan profesi yang terkait dengan bidang data seperti Data Scientist sedang naik daun, tentunya orang-orang berbondong-bondong untuk bisa mendapatkan opportunity tersebut. 


Jika sudah begitu maka, kamu harus memiliki keunikan dan berbeda dari orang lain yang perlu kamu tonjolkan pada proyek pribadimu. Misal, jika kamu menyukai tentang perubahan iklim, kamu bisa membuat analisis dari sudut pandang unik untuk mengolah data iklim. Atau jika kamu menyukai tanaman, kamu bisa membuat sistem prediksi penyakit tanaman dengan algoritma yang belum pernah diaplikasikan dan membandingkan antar algoritma tersebut. Kuncinya adalah dengan memilih topik yang benar-benar menarik bagi kamu sebagai proyek pribadimu. Temukan pertanyaan terkait minat kamu yang membuat penasaran, lalu gunakan data untuk menjawabnya. Dengan begitu, kamu akan merasa termotivasi untuk terus belajar.


Baca juga : Awali Kursus Data Science Gratis Di Era Pandemi Bersama DQLab


2. Terapkan Apa yang Sering Kamu Pelajari

Percayalah bahwa skill itu harus dipraktekkan bukan hanya dipahami, dengan melakukan learning by doing tingkat kegagalan atas apa yang kamu pelajari itu jauh lebih rendah daripada orang yang tidak menerapkannya. Jika kamu tidak menerapkan konsep dengan cepat setelah mempelajarinya, kamu mungkin akan mendapati ketika masuk ke bagian yang relevan dari proyek pribadi kamu, kamu bisa melupakan apa yang telah kamu pelajari selama ini. Semisal, kamu telah menyelesaikan salah satu materi tentang Machine Learning with Python kamu perlu mempraktekkannya dengan membuka Jupyter Notebook, mengimport dataset, dan melakukan code hingga melalui proses trial and error untuk mengetahui tingkat akurasi beberapa algoritma untuk suatu dataset yang kamu miliki. 


3. Cari Mentor atau Bergabung dengan Komunitas

Komunikasi dan saling berinteraksi merupakan salah satu softskill yang dimiliki oleh seorang Data Scientist. Membuat proyek pribadi yang unik dan menerapkan sistem learning by doing memang efektif tapi itu hanya setengah dari pertempuran. Hasil pemodelan kamu yang akurat akan berguna jika kamu bisa mengkomunikasikannya pada orang lain. Untuk itu, bergabung dengan komunitas dan mencari mentor akan sangat membantu kamu dalam mempelajari cara mempresentasikan proyek pribadi kamu secara efektif dan juga membimbing kamu tentang materi yang mungkin belum pernah kamu pelajari sebelumnya. Selain itu, dengan bergabung dengan komunitas dan memiliki mentor sama saja memperluas relasi kamu yang dapat membantu kamu untuk pencarian kerja.


Baca juga : Kursus Data Science Jakarta: Tips Cermat Belajar Data Science bersama DQLab!


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Rian Tineges

    Editor : Annissa Widya Davita



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!