FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 31 Menit 20 Detik 

Bagaimana Data Science Bisa Membantu Bisnis?

Belajar Data Science di Rumah 12-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/504754638020c32254ab7fc2b8e9cd06_x_Thumbnail800.jpeg

Pada era industri 4.0 ini mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan data science. Data science ini adalah suatu ilmu yang membentuk analisis yang dapat memberikan wawasan dan nilai bisnis yang lebih optimal dan juga akurat pastinya. Data science juga mampu memberikan informasi yang sangat berharga bagi sebuah perusahaan karena jumlah data yang dikumpulkan sangatlah besar. 


Dengan semakin berkembangnya data setiap hari, dengan jumlah data yang bisa dikatakan jumlah kenaikannya cukup besar membuat para perusahaan membutuhkan seorang praktisi data untuk mengelola semua data besar tersebut. Terlebih lagi pada sektor bisnis, yang kini sudah menggunakan data untuk pengembangan serta membuat keputusan dari perusahaan dengan berdasarkan data yang telah dikumpulkan oleh perusahaan tersebut.


Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana sih data science itu bisa membantu dan bermanfaat bagi sebuah bisnis yang dijalankan oleh sebuah perusahan baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar. Jadi simak terus ya artikel dibawah ini:


1. Hasil dari Analisis Data Lebih Akurat

Data Science


Manfaat yang pertama yang bisa dirasakan di sektor bisnis adalah hasil dari analisis datanya yang lebih akurat. Dengan pengolahan data yang baik pastinya akan menghasilkan analisis yang lebih akurat dan berguna bagi perusahaan. Jadi apabila memanfaatkan hasil analisis data ini dengan benar dalam prosesnya, maka perusahaan akan dengan mudah menciptakan produk maupun sebuah layanan yang bisa disesuaikan dengan market orientation.


Tetapi, ketika kita mengolah data dengan jumlah yang cukup besar pastinya bukanlah urusan yang mudah untuk diselesaikan. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan seorang yang memiliki kemampuan komputasi dan juga analisis untuk bisa mengatasinya. Untuk itu data science sangat berperan penting disini, karena akan mempermudah proses pengolahan data dan juga bagaimana menentukan tingkat keakuratan dari hasil analisis sebelumnya, karena itu dibutuhkan untuk membantu dalam pengambilan keputusan.


Baca juga : Linear Regression Algoritma Data Science Terpopuler


2. Menghemat Waktu

Data Science


Selain dapat hasil analisis yang akurat selanjutnya manfaat data science bagi bisnis adalah dapat menghemat waktu. Jadi untuk perusahaan-perusahaan yang cukup besar adanya data science ini membuat mereka menjadi lebih menghemat waktu dibandingkan sebelumnya. Dengan adanya hal tersebut efisiensi dari proses manajemen bisnisnya pun juga mudah akan dicapai oleh perusahaan.


Tidak hanya dalam masalah waktu yang cepat. Perusahaan dapat menghasilkan tingkat efisiensi lebih tinggi dalam sistem dan juga proses produksinya, dalam segi kinerja karyawannya, sampai bisa meminimalisir total biaya produksi perusahaan dan juga sampai bisa menghemat sumber daya yang ada di perusahaan. Hal ini yang membuat data science berguna dalam bisnis karena bisa meningkatkan penjualan dan juga keuntungan bagi perusahaan.


3. Memahami Pelanggan dengan Baik

Data Science


Selain dua hal yang sudah dijelaskan sebelumnya, data science juga bisa membantu memahami minat pasar dan juga pelanggan dengan baik. Karena perusahaan pastinya sudah mengumpulkan cukup informasi yang berhubungan dengan target pasar mereka dengan data yang perusahaan sudah miliki. Dengan mengumpulkan informasi-informasi terkait pelanggan, perusahaan bisa mendapatkan pengetahuan akan kebutuhan yang dibutuhkan oleh pasar dan juga pelanggan, dan tentunya berbagai macam hal yang berguna untuk bisa menentukan target di pasar. 


Informasi juga bisa menjadi sebuah modal yang cukup penting bagi perusahaan dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih efektif lagi. Sederhananya, dengan menggunakan data science dalam proses bisnis yang kita jalani maka perusahaan bisa melakukan analisis pasar yang lebih akurat untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi.


4. Meminimalisir Risiko dalam Bisnis

Data Science


Pastinya disetiap perusahaan ada yang namanya untung dan rugi, tidak mungkin ada perusahaan yang untung setiap harinya maupun yang rugi setiap harinya. Oleh karena itu, kalian dapat memanfaatkan adanya data science ini untuk bisa meminimalisir kerugian dalam hal bisnis di dalam sebuah perusahaan. 


Karena data science dapat mengidentifikasikan sebuah data, lalu diolah, dan selanjutnya dianalisis dengan pola-pola tertentu. Jika data yang sudah dikumpulkan tidak sesuai, maka data scientist dapat melakukan hal yang dinamakan mengeliminasi atau bisa disebut dengan mengevaluasinya. Salah satu contoh yang sering ditemukan adalah di dalam sektor keuangan dari sebuah perusahaan, yang dimana sering ditemukan adanya suatu kecurangan atau manipulasi data yang bisa saja mengakibatkan perusahaan menjadi rugi.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Sahabat DQ ingin berkarir di bidang data science tapi, tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu? Sudah mencoba belajar otodidak tapi malahan overdosis materi? Mengingat skill data science terbilang cukup banyak yang wajib dikuasai salah satunya adalah memahami algoritma data science nya hingga tahap penerapannya pada dataset. 


Yuk, coba free module Introduction to Data Science with R dan python dari DQLab sekarang 

Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago algoritma data science bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :